Pengertian Musik – Fungsi, Jenis dan Unsur-Unsur Dalam Musik Paling Lengkap

Posted on

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Unsur-Unsur Musik – Musik adalah seni yang hampir semua orang sukai. Musik memiliki instrumen dan irama yang indah sehingga menyenangkan untuk didengar. Pembaca pasti telah banyak mendengarkan banyak musik seperti musik dengan genre pop, dangdut, rock, jazz dan genre lainnya. Dalam seni, musik memiliki arti, jenis, fungsi dan unsur-unsur didalamnya yang membuat musik menyadi enak untuk didengarkan.

Pengertian Musik

Musik berasal dari bahasa Yunani “Mousikos” yang dilambangkan sebagai dewa keindahan dan menguasai bidang seni dan keilmuan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik dapat diarikan sebagai ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang memiliki kesatuan dan kesinambungan.

Sedangkan secara umum, musik adalah salah satu ilmu atau bidang seni yang berupa suara/ bunyi/ nada yang terkombinasi dalam urutan yang mempunyai kesatuan irama, melodi, harmoni yang dapat menggambarkan perasaan penciptanya terutama dalam aspek emosional.

Fungsi Musik

Musik menjadi elemen penting dalam kehidupan manusia, musik memiliki peran dalam beberapa fungsinya tersendiri. Berikut ini beberapa fungsi musik yang dikelompokkan dalam beberapa bagian, antara lain:

  • Musik berfungsi sebagai sarana ekpresi diri
  • Musik sebagai alat menghibur diri
  • Musik sebagai sarana terapi psikologis yang menenangkan
  • Musik sebagai sarana untuk mengiringi tarian
  • Musik sebagai sarana pendidikan
  • Musik sebagai sarana komunikasi
  • Musik sebagai sarana kreativitas
  • Musik Sebagai Sarana Komersial, seperti para musisi yang menjual hasil karya musik melalui CD, Media Sosial, Dan lainnya.
  • Musik Sebagai Sarana Upacara, seperti pada pesta, kematian, kegiatan keagamaan dll.

Jenis Jenis Musik

  1. Musik Pop (Populer)
    Musik pop adalah bentuk musik modern dari rock and roll. Musik pop terbentuk dari tahun 1950, yang hingga saat ini menjadi salah satu jenis genre paling populer.
  2. Musik RnB
    RnB (rhythm & blues) adalah genre musik yang berasal dari musik Afrika-Amerika pada tahun 1940-an. Dalam satu band Rnb, biasanya terdiri dari pianis, satu atau dua gitaris, vokalis, bass, drum dan saxophone.
  3. Musik Rock
    Musik rock yang berasal dari musik rock anda roll di AS tahun 1950-an. Musik rock mendapatkan pengaruh dari blues, jazz, klasik dll. Biasanya musik rock lebih berfokus pada gitar listrik dan didominasi oleh laki-laki.
  4. Musik Klasik
    Musik yang berakar dari tradisi musik barat dan telah ada sejak abad ke-11. Tokoh musik klasik yang terkenal seperti Beethoven dan Johann Sebastian Bach.
  5. Musik Jazz
    Musik yang berasal dari Afrika-Amerika di akhir abad ke-19. Jazz memiliki musik beralunan merdu.
  6. Musik Blues
    Ciri khas dari musik blues yaitu lirik awalnya terdiri dari 1 baris yang diulang 4 kali. Musik ini berasal dari Afrika-Amerika yang muncul pada abad ke 19.
  7. Musik Dangdut
    Dangdut adalah genre musik asli dari Indonesia yang bentuk musiknya berpusat dari musik Melayu. Musik dangdut muncul pada tahun 1940-an.
  8. Musik Country
    Musik country identik dengan koboi dengan ciri khas musik menggunakan instrumen string.
  9. Musik Electrik
    Musik elektrik sepenuhnya menggunakan teknologi elektrik, seperti gitar listri, telharmonium, dan organ hammond.
  10. Musik Hip Hop
    Jenis musik dengan irama dan gaya yang biasanya terdapat rap dan vokal ritmis. Biasanya, vokalis membaca lirik lagu seperti membaca namun dengan ritme tertentu.
  11. Musik Reggae
    Musik reggae berasal dari jamaika diakhir tahun 1960-an, yang terpengaruh oleh musik Jazz Amerika dan Rnb. Elemen yang paling mudah dikenali dari musik reggae adalah ritme offbeat yang berasal dari gitar dan piano.

Unsur-Unsur Musik

  1. Melodi
    Melodi adalah suatu kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur. Daya tarik suatu musik berasal dari melodi.
  2. Irama
    Irama adalah pergantian panjang, pendek, tinggi rendah dan keras lembut suatu nada atau bunyi dalam suatu rangkaian musik. Irama menjadi penentu dalam ketukan dalam musik.
  3. Birama
    Birama menjadi unsur seni berupa ketukan atau ayunan berulang-ulang yang hadir secara teratur di waktu bersamaan. Birama yang penyebutnya genap disebut birama bainar, sedangan yang ganjil disebut birama tenair.
  4. Harmoni
    Harmoni adalah sekelompok nada yang jika dimainkan bersama-sama akan menghadirkan sebuah bunyi yang enak didengar.
  5. Tangga Nada
    Tangga nada adalah deret nada yang disusun bertingkat. Ada 2 jenis tangga nada yaitu nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis tersusun dari 7 buah nada dengan 2 jarak (1/2 dan 1), sedangkan pentatonis tersusun dari 5 buah nada dengan jarak tertentu.
  6. Tempo
    Tempo adalah ukuran kecepatan birama lagu, semakin cepat sebuah lagu yang dimainkan maka semakin besar nilai tempo dari lagu tersebut. Ada 8 kategori tempo, antara lain:

    • Largo (Lambat Sekali)
    • Lento (Lebih Lambat)
    • Adagio (Lambat)
    • Andante (Sedang)
    • Moderato (Sedang Agak Cepat)
    • Allegro (Cepat)
    • Vivace (Lebih Cepat)
    • Presto (Cepat Sekali)
  7. Dinamika
    Dinamika adalah tanda yang digunakan untuk memainkan nada dengan volume lembut atau keras. Dinamika penting untuk menunjukkan nuansa dari lagu seperti rasa sedih, senang, riang, agresif, datar, dll.
  8. Timbre
    Timbre adalah kualitas atau warna bunyi yang dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetar. Timbre yang dikeluarkan pada alat musik tiup dan alat musik petik berbeda meskipun dimainkan dengan nada yang sama.
  9. Ekspresi
    Ekspresi adalah ungkapan perasaan dari hati yang ditunjukkan melalui ekspresi, seperti gembira, sedih, romantis dan lainnya.

Itulah penjelasan tentang  Pengertian, Fungsi, Jenis dan Unsur-Unsur Musik   yang bisa dijadikan sebagai sumber literatur untuk anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia pendidikan, khususnya Bahasa Indonesia.

Content Protection by DMCA.com