Diafragma : Pengertian, Letak, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja Diafragma Lengkap

Posted on
Diafragma : Pengertian, Letak, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja Diafragma Lengkap
5 (100%) 1 vote

Diafragma – Diafragma (thoracic diaphragm) adalah otot yang berada pada bagian dasar internal skeletal antara rongga dada dengan rongga perut yang berperan dalam proses pernafasan. Ketika diafragma berkontraksi volume rongga dada membesar dan udara masuk ke paru-paru. Sedangkan, ketika diafragma berelaksasi, volume paru-paru mengecil dan menghembuskan udara.

Diafragma merupakan organ yang terletak diantara rongga dada dan rongga perut yang berfungsi sebagai organ pembantu dalam sistem pernapasan manusia. Diafragma merupakan otot penting yang memisahkan rongga dada (berisi organ-organ penting) dengan rongga perut. Jika berbicara tentang diafragma, maka akan langsung terfikir diafragma diafragma thoraks (diafragma dada) namun sebenarnya ada beberapa diafragma lain dalam tubuh seperti diafragma urogenital, diafragma panggul dan diafragma mata.

Fungsi Diafragma

Fungsi utama diafragma yaitu sebagai bagian dalam proses pernapasan, diafragma mengatur masuk dan keluarnya udara dari dalam dan keluar tubuh melalui kontraksi dan relaksasinya. Selain itu, fungsi diafragma diantaranya yaitu:

  • Fungsi non-pernapasan, diantaranya untuk membantu mengeluarkan muntah, feses, urin serta kegiatan lain yang membutuhkan peningkatan tekanan bagian rongga perut.
  • Diafragma bisa mencegah mengalirnya cairan asam dari lambung ke esofagus dan kerongkongan.
  • Kontraksi diafragma secara tiba-tiba dapat menyebabkan fenomena yang disebut cegukan. Cegukan merupakan hasil dari pita suara semakin menutup karena banyaknya udara yang masuk ke paru. Cegukan tidak berbahaya bagi tubuh dan hanya bersifat sementara.

Struktur Diafragma

Diafragma merupakan sekat otot berserat yang memiliki bentuk seperti kubah. Permukaan atas diafragma berbentuk cembung pada rongga dada dan berbentuk cekung pada permukaan bawah rongga perut. Karena terdiri dari jaringan otot maka diafragma dapat melakukan kontraksi dan relaksasi. Diafragma tersusun atas otot lurik atau otot rangka sehingga pergerakannya bisa disadari (volunter). Saraf yang mengatur pergerakan diafragma adalah saraf frenikus.

BACA JUGA :  Usus Dua Belas Jari (Duodenum) : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi dan Bagian-Bagian Usus Dua Belas Jari (Duodenum)

Diafragma memiliki beberapa lubang yang berfungsi sebagai tempat lewatnya organ penting dari bagian dada ke bagian perut. Berikiga lubang utama yang ada pada diafragma, diantaranya yaitu:

  • Lubang Aortic, yakni lubang diafragma yang dilewati oleh Aorta.
  • Lubang Esophageal, yakni lubang diafragma yang dilewati oleh esofagus.
  • Lubang Caval, yakni lubang diafragma yang dilewati oleh vena kava inferior.

Cara Kerja Diafragma

Pada saat proses inspirasi atau saat menarik nafas, maka diafragma akan berkontraksi dan bergerak ke bawah. Selanjutnya paru-paru akan mengembang sesuai dengan volume udara yang masuk. Kontraksi diafragma membuat rongga dada menjadi lebih luas sehingga proses inhalasi bisa berjalan lancar. Perluasan rongga dada menciptakan tekanan negatif yang akan memperkuat kekuatan hisapan udara ke dalam paru-paru.

Setelah proses pertukaran oksigen dengan karbondioksida (CO2) oleh sistem sirkulasi tubuh selesai, maka diafragma akan berelaksasi sehingga rongga dada semakin sempit, dengan kemampuan elastisnya, paru-paru akan mengempis dan udara akan dikeluarkan dari tubuh. Pengeluaran udara tersebut juga dibantu oleh otot-otot sekitaran rongga dada.

Demikian artikel tentang “Diafragma : Pengertian, Letak, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja Diafragma Lengkap“, semoga bermanfaat.

Content Protection by DMCA.com