Identitas Nasional : Pengertian, Karakteristik, Unsur, Fungsi, Faktor dan Contoh Identitas Nasional Indonesia

Posted on

Pengertian Identitas Nasional – Apa yang dimaksud dengan identitas nasional? Agar lebih memahaminya, kita akan membahas tentang pengertian identitas nasional menurut para ahli, karakteristik, unsur, fungsi, faktor pembentuk, ciri negara yang memiliki identitas nasional dan contoh identitas nasional Indonesia secara lengkap.

Pengertian Identitas Nasional

Pengertian identitas nasional adalah jati diri yang khas dimiliki oleh suatu bangsa dan tidak dimiliki oleh bangsa yang lain. Identitas sendiri di ambil kata Identitu yang berarti tanda, ciri, atau jati diri yang melekat pada seseorang atau sesuatu yang membedakannya dengan yang lain.

Baca Juga : Pengertian Nasionalisme

Definisi identitas nasional adalah kumpulan nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan. Dari ratusan suku yang dihimpun dalam satu kesatuan Indonesia menjadi kebudayaan nasional dengan acuan pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar dan arah pengembangannya.

Identitas nasional merupakan suatu jati diri yang tidak hanya mengacu pada individu tertentu, tapi juga berlaku untuk suatu kelompok/organisasi/negara. Secara umum, pengertian identitas nasional sebagai jati diri, ciri, sifat khas yang tumbuh dan berkembang di suatu negara dan bangsa sehingga menjadi pembeda dengan negara bangsa lainnya.

Identitas nasional dapat diartikan sebagai suatu jati diri yang tidak hanya mengacu pada individu tertentu, tapi juga berlaku untuk suatu kelompok/organisasi/negara.

Pengertian Identitas Nasional Menurut Para Ahli

Menurut Koenta Wibisono (2005)

Pengertian Identitas Nasional menurut Koenta Wibisono adalah manifestasi nilai budaya yang tumbuh dan berkembang pada aspek kehidupan sebuah bangsa (nation) dengan ciri khasnya, yang membuat berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya.

Menurut Dean A Mix dan Sandra M Hawley

Pengertian Identitas Nasional Menurut Dean A Mix dan Sandra M Hawley adalah suatu bangsa yang memiliki bangunan politik seperti ketentuan-ketentuan perbatasan teritorial pemerintah yang sah, pengakuan bangsa lain, dan sebagainya.

Menurut Koerniatmante Soepraptowiro

Secara hukum peraturan tentang kewarganegaraan merupakan suatu konsekuensi lnagsung dari perkembangan nasionalisme.

Menurut Berger

Dalam bukunya yang berjudul “The Capitalis Revolution” ideologi kapitalislah yang akan menguasai dunia serta mengubah masyarakat satu persatu menjadi sistem internasional yang menentukan nasib bangsa-bangsa dibidang sosial, politik, dan kebudayaan.

Menurut Toyanbee

Ciri khas suatu bangsa yang adalah lokal genius dalam menghadapi tantangan dan respon. Bila tantangan besar sementara respon kecil maka bangsa tersebut akan punah. Tetapi apabila tantangan kecil sementara respon besar maka bangsa tersebut akan berkembang menjadi bangsa yang kreatif.

Karakteristik Identitas Nasional

Berikut beberapa karakteristik atau ciri identitas nasional, diantaranya yaitu:

Baca Juga : Pengertian Patriotisme

Kesatuan Indonesia

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan terluas di dunia. Oleh sebab itu, setiap pulau di Indonesia memiliki adat istiadat, bahasa dan kebudayaan yang berbeda dari Sabang sampai Merauke. Kesatuan Indonesia merupakan karakteristik identitas nasional Indonesia yang sangat berharga dan unik sehingga menjadi suatu ciri khas tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Persamaan Nasib

Semua hal ini di buktikan dengan sejarah yang menegaskan bahwa Indonesia di jajah oleh bangsa asing dalam waktu yang cukup lama. Pada saat itu. kondisi ini di rasakan hampir seluruh rakyat Indonesia dan tercermin dalam identitas nasional yang ada pada pembukaan UUD 1945.

Keinginan Untuk Merdeka

Seluruh penduduk Indonesia memiliki keinginan untuk sama-sama terbebas dari belenggu penjajahan, baik penjajahan fisik maupun mental. Sehingga hal ini sudah tercantum di UUD 1945 yang berbunyi “segala bentuk penjajahan di muka bumi ini harus dihapuskan”.

Unsur Identitas Nasional

Berikut unsur unsur identitas nasional diantaranya yaitu:

Suku Bangsa

Suku bangsa adalah golongan sosial yang khusus dan bersifat askriptif, artinya individu memilikinya sejak lahir dan bukan kuasanya untuk memilih. Misalnya, kamu sebagai orang Sunda, saya orang Jawa. Jawa dan Sunda tersebut merupakan identitas masing-masing dari kita. Lebih dari 300 identitas suku bangsa yang tersebar di seluruh nusantara.

Agama

Agama adalah golongan sosial yang klasifikasinya berdasarkan agama atau aliran kepercayaan. Biasanya, individu sejak lahir sudah berafiliasi ke salah satu agama. Pertama atas arahan orang tua yang punya “hak prerogatif” menentukan apa agama anaknya. Seiring kedewasaan dan kematangan intelektual, individu mencari sendiri, menemukan atau memantapkan kembali agama yang diimaninya.

Bahasa

Bahasa adalah golongan sosial yang didasarkan pada aspek simbolik yang secara arbiter dibentuk sebagai sarana interaksi. Individu mempelajari simbol-simbol yang membentuk bahasa sejak lahir. Kemajemukan bahasa sangat berhubungan dengan kemajemukan budaya karena bahasa merupakan bagian dari budaya.

Budaya

Budaya adalah golongan sosial yang didasarkan pada pengetahuan manusia yang secara kolektif digunakan untuk menafsir lingkungannya sehingga menjadi pedoman untuk bertindak dan menghasilkan karya. Ruang lingkup budaya sangat luas, kita bisa memahami sistem pengetahuan yang berada dalam pikiran manusia sebagai budaya dan teknologi yang dihasilkannya juga sebagai budaya.

Baca Juga : Pengertian Primordialisme

Fungsi Identitas Nasional

Tujuan dan fungsi identitas nasional diantaranya yaitu:

Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Tujuan utama identitas nasional adalah sebagai alat untuk mempersatukan bangsa. Seperti diketahui bahwa Indonesia memiliki beragam suku, agama dan kebudayaan. Suatu identitas nasional digunakan sebagai merek untuk mempersatukan keberagaman Indonesia tersebut. Selain itu, ini juga digunakan untuk memperkenalkan Indonesia kepada bangsa lainnya.

Sebagai Identitas Negara

Identitas nasional adalah identitas atau jati diri suatu negara. Dimana dengan adanya identitas nasional akan membuat suatu negara lebih menonjol di bandingkan dengan negara lainnya. Tentunya semua hal ini menjadi suatu ciri khas tertentu akan sebuah negara dengan adanya identitas nasional tersebut.

Sebagai Landasan Negara

Identitas nasional merupakan suatu landasan negara. Hal ini berarti identitas nasional digunakan sebagai panduan, pemersatu dan merupakan pegangan agar bisa mewujudkan cita-cita dan tujuan negara tersebut. Selain itu, identitas nasional digunakan sebagai gambaran akan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh negara tersebut. Hal tersebut disebabkan karena setiap negara berbeda satu sama lainnya.

Sebagai Pembeda Dengan Bangsa Lainnya

Identitas nasional merupakan ciri, tanda dan ciri khas akan suatu negara. Dengan hal ini maka akan membuat suatu negara berbeda dengan negara lainnya. Selain itu, tentunya dengan adanya identitas nasional akan menjadi pembeda suatu bangsa lebih khusus dan spesifik.

Faktor Pembentuk Identitas Nasional

Faktor-faktor yang membentuk identitas nasional sebuah negara, diantaranya yaitu:

Sejarah Bangsa

Sejarah bangsa adalah narasi masa lalu suatu bangsa yang membentuk memori kolektif masyarakat yang hidup di zaman sekarang. Kesamaan asal-usul atau nenek moyang juga bagian dari sejarah yang dapat membentuk solidaritas dan identitas kolektif.

Pemimpin Bangsa

Pemimpin bangsa adalah figur atau tokoh kharismatik yang menjadi kebanggaan rakyatnya. Seorang pemimpin bangsa pada prinsipnya adalah pelayan masyarakatnya. Rakyat merasa diayomi dan bangga pada pemimpinnya yang dianggap bagian dari dirinya.

Baca Juga : Pengertian Pembangunan Nasional

Primordialisme

Primordialisme adalah sikap kecintaan pada identitas berdasarkan golongan, kesamaan etnis atau suku. Biasanya didasarkan pula oleh sistem kekerabatan dan kekeluargaan yang identik dengan adanya hubungan darah antar anggotanya.

Praktik Keagamaan

Praktik keagamaan adalah ritual yang didasarkan pada keyakinan individu dan dipraktikkan secara kolektif. Unsur keimanan berkontribusi penting pada motivasi untuk berpartisipasi pada ritual yang dijalani secara kolektif berdasar sistem keyakinan yang sama.

Solidaritas Organik

Solidaritas organik adakah integrasi sosial yang terbentuk atas kondisi saling ketergantungan akibat pembagian kerja. Solidaritas organik muncul seiring munculnya spesialisasi yang merupakan produk industrialisasi. Identitas yang dibentuk oleh solidaritas organik adalah identitas modern, profesional dan urban.

Ciri Negara Yang Memiliki Identitas Nasional

Ciri atau karakteristik negara dengan identitas nasional, diantaranya yaitu:

  • Adanya pola perilaku masyarakat menyangkut adat istiadat yang dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Adanya lambang yang secara simbolik mendeskripsikan visi, tujuan dan fungsi didirikannya negara.
  • Adanya alat kelengkapan yang dimiliki negara untuk melayani kebutuhan masyarakatnya, seperti tempat ibadah, infrastruktur, teknologi komunikasi, dan sebagainya.
  • Adanya tujuan bersama yang ingin dicapai suatu bangsa yang tercermin dalam dasar negara dan konstitusinya.

Contoh Identitas Nasional Indonesia

Berikut ini beberapa contoh identitas nasional Indonesia:

  • Bung Karno, beliau merupakan tokoh, figur, sang proklamator, tokoh sentral berdirinya negara Indonesia.
  • Pancasila, merupakan ideologi resmi negara yang terdiri dari lima sila: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Demokrasi, Keadilan.
  • Batik, merupakan produk budaya berupa corak lilin pada sehelai kain yang mengandung filosofi, bernilai seni dan ekonomi.
  • Borobudur, merupakan salah satu tempat ibadah umat Buddha, candi Buddha terbesar di dunia.
  • Rendang, merupakan salah satu makanan khas Minang yang telah mendunia.
  • Bahasa Indonesia, merupakan bahasa nasional Indonesia walaupun banyak daerah yang ada di Indonesia.
  • Bendera Merah Putih, merupakan bendera yang melambangkan bangsa Indonesia.
  • Indonesia Raya, merupakan lagu kebangsaan dari negara Indonesia.
  • Bhinneka Tunggal Ika, merupakan semboyan bangsa Indonesia.
  • Keadulatan rakyat, merupakan bentuk mutlak dari RI.

Baca Juga : Pengertian Kedaulatan

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian identitas nasional menurut para ahli, karakteristik, unsur, fungsi, faktor pembentuk, ciri dan contoh identitas nasional Indonesia secara lengkap.

Content Protection by DMCA.com