Pengertian Sholat Sunnah dan Macam-Macam Sholat Sunnah Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Sholat Sunnah  – Selain dengan sholat fardhu, terdapat sholat sunnah yang termasuk amalan yang harus dijaga dan rutin dilakukan. Salah satu keutamaan sholat sunnah adalah untuk menutupi kekurangan pada sholat fardhu. Hal ini berdasarkan hadist shahih Ibnu Majah berikut ini.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمُ الصَّلاَةُ قَالَ يَقُولُ رَبُّنَا جَلَّ وَعَزَّ لِمَلاَئِكَتِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ انْظُرُوا فِى صَلاَةِ عَبْدِى أَتَمَّهَا أَمْ نَقَصَهَا فَإِنْ كَانَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ كَانَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا قَالَ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّعٍ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ قَالَ أَتِمُّوا لِعَبْدِى فَرِيضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ عَلَى ذَاكُمْ ».

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab pada manusia di hari kiamat nanti adalah sholat. Allah ‘azza wa jalla berkata kepada malaikat-Nya dan Dia-lah yang lebih tahu, “Lihatlah pada sholat hamba-Ku. Apakah sholatnya sempurna ataukah tidak? Jika sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun jika dalam sholatnya ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman: Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah. Jika hamba-Ku memiliki amalan sunnah, Allah berfirman: sempurnakanlah kekurangan yang ada pada amalan wajib dengan amalan sunnahnya.” Kemudian amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini.” (HR. Abu Daud no. 864, Ibnu Majah no. 1426 dan Ahmad 2: 425. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Seperti yang kita tahu dan kita alami, tidak ada yang yakin kita melakukan sholat lima waktu secara sempurna tanpa kesalahan, kadang saat sedang sholat kita merasa tidak konsentrasi, tidak khusyu’, kadang tidak tenang saat sholat. Maka dari itu, kita perlu melakukan sholat sunnah untuk menyempurnakan sholat fardhu yang kita laksanakan.

Pengertian Sholat Sunnah

Sholat sunnah adalah semua jenis sholat yang dikerjakan diluar sholat fardhu (Isya, Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib). Sholat sunnah disebut dengan sholat nawaafli atau sholat naafilah.

Sholat sunnah menjadi pelengkap dari sholat fardhu, yang artinya pahala sholat sunnah dihitung sebagai pelengkapsholat fardhu. Jika dicontohkan dalam sebuah bangunan, sholat fardhu diibaratkan sebagai rumahnya, sedangkan sholat sunnah sebagai pelengkap rumah seperti meja, kursi, kasur, dan sebagainya. Dengan begitu sholat sunnah baik dan penting dikerjakan oleh semua umat Islam.

Rasulullah saw. selalu mengerjakan sholat sunnah baik siang atau malam hari, yang dikerjakan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mengharapkan pahala yang lebih banyak serta untuk meningkatkan ketaqwaan diri kepada Allah swt.

Macam Macam Sholat Sunnah Dan Penjelasan

Terdapat macam-macam sholat sunnah yang dapat dilaksanakan, namun pada dasarnya macam sholat sunnah dapat ditinjau dari dua segi, yaitu berdasarkan pelaksanaanya dan berdasarkan waktunya.

Berdasarkan Pelaksanaannya

Berdasarkan Pelaksanaannya, sholat sunnah dibagi menjadi dua yaitu:

Sholat sunnah yang dilakukan secara berjamaah, meliputi:

  • Sholat sunnah tarawih : adalah sholat sunnah sesudah sholat Isya’pada bulan Ramadhan.
  • Sholat sunnah witir : sholat sunnat mu’akad (dianjurkan) yang biasanya dirangkaikan dengan sholat tarawih, Bilangan sholat witir 1, 3, 5, 7 sampai 11 rakaat.
  • Sholat dua hari raya : sholat Idul Fitri pada 1 Syawal dan Idul Adha pada 10 Dzulhijah. Hukumnya sunat Mu’akad (dianjurkan).’
  • Sholat gerhana : sholat sunat sewaktu terjadi gerhana bulan atau matahari. Minimal dua rakaat.
  • Sholat istisqa : sholat sunat yang dikerjakan untuk memohon hujan kepada Allah SWT.

 

Sholat sunnah yang bisa dilakukan tidak berjamaah, meliputi:

  • Sholat rawatib : sholat sunnah yang dikerjakan mengiringi sholat fardhu, Qaliyah dan bakdiyah.
  • Sholat wudlu : sholat sunnah dua rakaat yang bisa dikerjakan setiap selesai wudhu.
  • Sholat dhuha : sholat sunnah yang dikerjakan ketika matahari baru naik. Jumlah rakaatnya minimal 2 maksimal 12.
  • Sholat tahiyyatul masjid : sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan ketika memasuki masjid, sebelum duduk untuk menghormati masjid.
  • Sholat tahajjud: sholat sunnah pada waktu malam. Sebaiknya lewat tengah malam. Dan setelah tidur. Minimal 2 rakaat maksimal sebatas kemampuan kita.
  • Sholat hajat: sholat sunnah dua rakaat untuk memohon agar hajat kita dikabulkan atau diperkenankan oleh Allah SWT. Minimal 2 rakaat maksimal 12 rakaat dengan salam setiap 2 rakaat.
  • Sholat istikharah: sholat sunnah dua rakaat untuk meminta petunjuk yang baik, apabila kita menghadapi dua pilihan, atau ragu dalam mengambil keputusan. Sebaiknya dikerjakan pada 2/3 malam terakhir.
  • Sholat tasbih : sholat sunnah yang dianjurkan dikerjakan setiap malam, jika tidak bisa seminggu sekali, atau paling tidak seumur hidup sekali. Sholat ini sebanyak empat rakaat, dengan ketentuan jika dikerjakan pada siang hari cukup dengan satu salam, Jika dikerjakan pada malam hari dengan dua salam.
  • Sholat taubat: sholat sunnah yang dilakukan setelah merasa berbuat dosa kepada Allah SWT, agar mendapat ampunan-Nya.

Berdasarkan Waktunya

Berdasarkan pelaksanaan waktunya, sholat sunnah dibagi menjadi dua bagian yaitu:

Sholat Sunnah Rawatib
Sholat sunnah rawatib adalah semua sholat yang dikerjakan sebelum dan sesudah sholat fardhu. Sholat sunnah yang dikerjakan sebelum melakukan sholat fardhu disebut dengan sholat qabliyah, sedangkan yang dikerjakan sesudah sholat fardhu disebut dengan sholat bakdiyah.

Sholat Sunnah Ghairu Rawatib
Sholat sunnah ghoiru rawatib adalah sholat sunnah selain sholat sunnah rawatib yang tidak begitu dianjurkan. Beberpa jenis sholat sunnah ghoiru rawatib meliputi:

  • Sholat tahiyyatul masjid
  • Sholat dhuha
  • Sholat tahajjud
  • Sholat istikharah
  • Sholat hajat
  • Sholat tawaf
  • Sholat idul fitri dan adha
  • Sholat tarawih dan witir
  • Sholat safat dan sebagainya.

Itulah penjelasan tentang  Pengertian Sholat Sunnah dan Macam-Macam Sholat Sunnah   yang bisa dijadikan sebagai sumber literatur untuk anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia pendidikan, khususnya Pendidikan Agama.

Content Protection by DMCA.com