Prosa : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Prosa

Posted on

Pengertian Prosa – Apa yang dimaksud dengan prosa? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian prosa menurut para ahli, jenis, dan contoh prosa secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Hikayat

Pengertian Prosa Secara Umum

Secara etimologis, kata prosa berasal dari bahasa Latin “prosa” yang berarti “terus terang”. Pengertian prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya.

Definisi prosa adalah karya sastra yang berbentuk karangan bebas. Prosa bersifat bebas berarti prosa tidak terikat dengan aturan-aturan tulisan seperti diksi, rima, irama ataupun yang lainnya.

Prosa memiliki makna kata denotative atau memiliki makna yang sebenarnya. Meskipun ada kata kiasan, hal ini hanya sebagai oranamen untuk memperindah atau menekan tulisan dalam prosa. Ada 4 jenis prosa yaitu prosa naratif, prosa deskriptif, prosa eksposisi dan prosa argumentasi. Akan tetapi, berdasarkan jamannya prosa dibedakan menjadi 2 yaitu prosa lama dan prosa baru. Bentuk prosa lama diantaranya hikayat, sejarah, kisah, dongeng dan cerita berangkai. Sedangkan bentuk prosa baru diantaranya roman, novel, cerpen, riwayat, kritik, resensi dan esai.

Pengertian Prosa Menurut Para Ahli

Teeuw (1984)

Pengertian prosa menurut Teeuw adalah suatu bentuk kisah fiksi yang mencoba membeberkan suatu kenyataan.

H.B. Jassin (dalam Suroto, 1989)

Pengertian prosa menurut H.B. Jassin adalah pengucapan seorang penyair dengan pikiran yang berbeda dengan puisi yang merupakan pengucapan penyair dengan perasaan.

Zainuddin (1991)

Pengertian prosa menurut Zainuddin adalah pengungkapan peristiwa secar jelas dengan penguraikan seluruh pikiran dan juga seluruh perasaan serta tidak terikat syarat-syarat tertentu dalam sebuah karya sastra.

Baca Juga : Pengertian Cerpen

Henry Guntur Taringan (1993)

Pengertian prosa menurut Henry Guntur Taringan adalah karya sastra fiksi dalam bahasa Indonesia secara singkat dari buah hasil imajinasikan.

Henry Guntur Taringan (1993)

Pengertian prosa menurut Henry Guntur Taringan adalah karya sastra fiksi yang bersifat relitas, bukan bersifat aktualitas.

M.Saleh Saad Dan Anton M. Muliono (dalam Tjahyono, 1998)

Pengertian prosa menurut M.Saleh Saad Dan Anton M. Muliono, adalah suatu bentuk narasi berplot yang dihasilkan oleh daya imajinasi.

Aminuddin (2002)

Pengertian prosa fiksi menurut Aminuddin adalah kisahan atau ceritera yang diemban oleh pemeran tertentu dengan memperhatikan, latar, tahapan dan rangkaian.

Herman J. Waluyo (2006)

Pengertian prosa fiksi menurut Herman J. Waluyo adalah karya sastra dibagi menjadi tiga yaitu roman, novel dan cerita pendek atau cerpen.KBBI

Pengertian prosa menurut KBBI adalah karangan bebas (tidak terikat oleh kaidah yang terdapat dalam puisi)

Herman J. Waluyo

Menurut Herman J. Waluyo, Karya prosa fiksi dibagi menjadi tiga ayitu roman, novel dan cerita pendek atau cerpen.

Ciri Ciri Prosa

Ciri-ciri atau karakteristik prosa diantaranya yaitu:

  • Bentuknya Bebas. Bentuk prosa tidak terikat oleh baris, bait, suku kata, dan irama. Umumnya bentuk prosa adalah sebuah rangkaian kalimat yang membentuk suatu paragraf juga bisa disajikan dalam bentuk tulisan maupun secara lisan.
  • Memiliki Tema. Setiap prosa memiliki tema yang menjadi dasar dalam cerita dan merupakan pokok pembahasan di dalamnya.
  • Mengalami Perkembangan. Prosa bisa mengalami suatu perkembangan karena dipengaruhi oleh perubahan yang ada di masyarakat.
  • Terdapat Urutan Peristiwa. Biasanya dalam prosa terdapat alur sebuah cerita yang menjelaskan urutan peristiwa.
  • Terdapat Tokoh di Dalamnya. Seperti layaknya karya sastra lain, di dalam prosa tersebut juga terdapat tokoh, baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan.

Baca Juga : Pengertian Novel

  • Memiliki Latar. Dalam prosa terdapat latar pada setiap kejadian, baik itu latar tempat, waktu, maupun suasana.
  • Terdapat Amanat. Dalam prosa banyak terkandung amanat dan pesan yang ingin disampaikan ke pembaca atau pendengarnya sehingga bisa mempengaruhi mereka.
  • Pengaruh Bahasa Asing. Prosa dapat dipengaruhi oleh bahasa asing, misalnya bahasa Jepang atau bisa juga tidak terpengaruh.
  • Nama Pengarang. Setiap prosa ada yang mengarangnya. Namun, nama pengarangnya juga ada tidak selalu dipublikasikan.

Jenis Prosa dan Contohnya

Berdasarkan jamannya, prosa dibedaka menjad prosa lama dan prosa baru.

Prosa Lama

Pengertian prosa lama adalah bentuk karya sastra yang belum dipengaruhi oleh kebudayaan barat. Prosa lama ini mulanya disampaikan secara lisan karena saat itu belum mengenal tulisan. Setelah agama dan kebudayaan islam masuk ke Indonesia, masyarakat mulai mengenal tulisan. Berikut bentuk-bentuk prosa lama, diantaranya:

Hikayat

Pengertian hikayat adalah karya fiktif ayang tidak masuk akal yang menceritakan tentang kehidupan para peri, pangeran, putri kerajaan, dewiserta raja-raja yang memiliki kekuatan gaib yang luar biasa. Contoh hikayat diantaranya Hikayat Hang Jebat, Hikayat Raja Bijak dan lain sebagainya.

Sejarah

Pengertian sejarah (Tambo) adalah bentuk prosa lama yang berisi tentang cerita yang diambil dari peristiwa sejarah. Cerita dalam sejarah dapat dibuktikan dengan fakta. Selain berisikan peristiwa sejarah, sejarah juga berisi tentang silsilah raja. Contoh sejarah diantaranya Sejarah Melayu karya datuk Bendahara Paduka Raja alias Tun Sri Lanang yang ditulis tahun 1612.

Baca Juga : Pengertian Mitos

Kisah

Pengertian kisah adalah cerita tentang perrjalan atau pelayaran seseorang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Contoh kisah diantaranya Kisah Perjalanan Abdullah ke Negeri Kelantan dan Kisah Abdullah ke Jedah.

Dongeng

Pengertian dongeng adalah suatu cerita yang bersifat khayalan. Ada beragam jenis dongeng, diantaranya:

  • Fabel adalah cerita lama yang menokohkan binatang sebagai lambang pengajaran moral (biasa pula disebut sebagai cerita binatang). Contoh: Kancil dengan Buaya dan lain sebagainya.
  • Mitos adalah cerita-cerita yang berhubungan dengan kepercayaan terhadap sesuatu benda atau hal yang dipercayai mempunyai kekuatan gaib. Contoh: Nyai Roro Kidul dan lain sebagainya.
  • Legenda adalah cerita lama yang mengisahkan tentang riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah. Contoh: Tangkuban Perahu,dan lain sebagainya.
  • Sage adalah cerita lama yang berhubungan dengan sejarah yang menceritakan tentang keberanian, kepahlawanan, kesaktian dan keajaiban seseorang. Contoh: Calon Arang dan lain sebagainya.
  • Parabel adalah cerita rekaan yang menggambarkan sikap moral atau keagamaan dengan menggunakan ibarat atau perbandingan. Contoh: Kisah Para Nabi dan lain sebagainya.
  • Dongeng jenaka adalah cerita tentang tingkah laku orang bodoh, malas atau cerdik dan masing-masing dilukiskan secara humor. Contoh: Lebai Malang, Pak Belalang, dan lain sebagainya.

Cerita Berbingkai

Pengertian cerita berbingkai adalah cerita yang didalamnya terdapatr cerita lagi yang dibicarakan oleh tokoh-tokohnya. Contoh cerita berbingkai diantaranya seribu satu malam.

Prosa Baru

Pengertian prosa baru adalah karangan prosa yang muncul setelah mendapat pengaruh dari sastra atau budaya barat. Berikut bentuk-bentuk prosa baru, diantaranya yaitu:

Roman

Pengertian roman adalah bentuk prosa baru yang menceritakan kehidupan pelaku utama dalam suka dukanya. Roman ini menceritakan tentang kehidupan pemeran utamanya dari anak-anak hingga dewasa atau bahkan sampai meninggal dunia. Berdasarkan kandungan isinya, roman dibagi menjadi beberapa macam yaitu roman trasendensi, sosial, sejarah, psikologis, dan detektif. Berikut beberapa contoh roman diantaranya Layar Terkembang oleh Sutan Takdir Alisyahbana, Neraka Dunia oleh Adinegoro, Surapati oleh Abdul Muis, Belenggu oleh Armijn Pane, Kasih Tak Terlerai oleh Suman HS dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Cerita Fiksi

Novel

Pengertian novel adalah bentuk prosa baru yang melukiskan sebagian kehidupan pelaku utamanya yang terpenting, paling menarik, dan yang mengandung konflik. Contoh novel diantaranya Ave Maria oleh Idrus, Perburuan oleh Pramoedya Ananta Toer, Ziarah oleh Iwan Simatupang, Surabaya oleh Idrus dan masih banyak yang lainnya.

Cerpen

Pengertian cerpen adalah bentuk prosa baru yang menceritakan sebagian kecil kehidupa tokohnya yang terpentingt dan paling menarik. Contoh cerpen diantaranya Radio Masyarakat oleh Rosihan Anwar, Bola Lampu oleh Asrul Sani, dan lain sebagainya.

Riwayat

Pengertian riwayat atau biografi adalah bentuk prosa yang berisikan pengalaman hidup pengarang sendiri (autobiografi) atau pengalaman hidup orang lain dari kecil hingga dewasa bahkan sampai meninggal dunia. Contoh riwayat diantaranya Ki Hajar Dewantara, Soeharto Anak Desa dan masih banyak yang lainnya.

Kritik

Pengertian kritik adalah karya yang menguraikan pertimbangan baik-buruk suatu hasil karya dengan memberikan alasan tentang isi dan bentuk dengan kriteria yang bersifat objektif dan menghakimi.

Resensi

Pengertian resensi adalah pembicaraan, pertimbangan atau ulasan suatu karya sastra.

Esai

Pengertian esai adalah ulasan atau kupasan suatu masalah secara sepintas berdasarkan pandangan pribadi penulis.

Baca Juga : Pengertian Dongeng

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian prosa menurut para ahli, jenis, dan contoh prosa secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.

Content Protection by DMCA.com