Pengertian Seni Musik Menurut Ahli, Unsur, Fungsi dan Jenis Seni Musik Paling Lengkap

Posted on

Pengertian Seni Musik  – Musik adalah hasil karya seni yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari beragam media seperti suara manusia dan alat musik. Tidak hanya sebagai media untuk mengeluarkan ekspresi, musik juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi bahka sebagai profesi.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang seni musik, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap tentang pengertian seni musik, unsur, fungsi dan macam-macam seni musik dibawah ini.

Pengertian Seni Musik

Seni musik berasal dari dua gabungan kata yaitu seni dan musik. Seni berarti sebuah ciptaan atau sebuah rasa yang dituangkan dalam sebuah sarana atau media, sedangkan musik berasal dari bahasa Yunani ‘mousikos’ yang berarti melambangkan dewa keindahan yang memiliki kekuasaan dalam bidang seni dan keilmuan.

Dari gabungan dua kata diatas dapat diartikan bahwa seni musik adalah cabang seni yang berfokus pada melodi, irama, tempo, harmoni dan vocal yang berperan sebagai sarana untuk menuangkan perasaan penciptanya.

Pengertian Seni Musik Menurut Ahli

Seni Musik Menurut Aristoteles
Menurut Aristoteles, seni musik adalah sebuah tuangan kemampuan serta tenaga penggambaran yang berawal dari sebuah gerakan rasa yang dalam satu deretan melodi (nada) yang memiliki irama.

Seni Musik Menurut Adjie Poetra
Menurut Adjie Poetra, seni musik adalah sebuah bunyi teratur yang bukan hanya bersifat moral normatif, namun juga diakui selaras oleh para pakar ahli fisika.

Seni Musik Menurut KBBI
Menurut KBBI, seni Musik adalah ilmu atau seni yang menyusun sebuah nada maupun suara ke dalam sebuah urutan, kombinasi, dan juga hubungan temporal untuk menghasilkan sebuah komposisi atau susunan yang mempunyai kesatuan dan sebuah kesinambungan.

Seni Musik Menurut Jamalus
Menurut Jamalus, seni musik adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.

Seni Musik Menurut Sunarto
Menurut Sunarto, seni musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang indah.

Seni Musik Menurut Reed dan Sidnell
Menurut Reed dan Sidnell, seni musik adalah cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur melodi, ritme, harmoni, serta timbre.

Seni Musik Menurut David Ewen
Menurut David Ewen, seni musik adalah Ilmu pengetahuan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi harmoni dan melodi sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional.

Unsur Seni Musik

Karya seni musik bisa dikatakan indah jika mengandung beberapa unsur. Berikut penjelasan masing-masing unsur musik:

  • MELODI, diartikan sebagai tinggi dan rendah serta panjang pendeknya nada di dalam musik.
  • IRAMA atau ritme, diartikan sebagai pergantian panjang dan pendek juga tinggi dan rendah serta nyaring dan lembutnya nada atau pun bunyi dalam musik.
  • BIRAMA, diartikan sebagai ayunan atau ketukan secara berulang yang teratur dama waktu yang sama.
  • HARMONI, diartikan sebagai keselarasan paduan bunyi yang dimainkan dalam suatu musik.
  • TANGGA NADA, diartikan sebagai urutan nada yang tersusun secara berjenjang dan membentuk semacam tangga yang dimainkan dalam musik.
  • TEMPO, diartikan sebagai cepat atau pun lambatnya suatu musik dimainkan.
  • DINAMIK, diartikan sebagai tingkat keras atau lembutnya suatu nada yang dimainkan agar supaya musik tidak monoton atau datar.
  • TIMBRE, diartikan sebagai kualitas atau pun warna bunyi yang ada di dalam musik.
  • EKSPRESI, diartikan sebagai ungkapan perasaan hati yang dituangkan pada saat memainkan musik.

Fungsi Seni Musik

Fungsi seni musi dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Seni musik sebagai sarana ekspresi diri
  • Seni musik sebagai sarana hiburan
  • Seni musik sebagai sarana terapi
  • Seni musik sebegai sarana upacara
  • Seni musik sebagai sarana komersial
  • Seni musik sebagai sarana pendidikan
  • Seni musik sebagai sarana komunikasi
  • Seni musik sebagai sarana kreativitas
  • Seni musik sebagai sarana untuk mengiringi tari-tarian

Jenis Seni Musik

Seni musik memiliki banyak jenis dan variasi atau sering disebut juga dengan genre. Berikut ini adalah jenis seni musik berdasarkan klasifikasinya.

Seni Musik Klasik

Musik klasik adalah jenis musik yang berasal dari masa sekitar akhir abad ke-18 yang berasal dari kebudayaan Eropa sekitar tahun 1750-1825. Musik klasik memiliki ciri, menggunakan instrumen musik yang tidak kompleks atau sederhana, terdapat 3 nada yang dibunyikan secara bersamaan (homofik), adanya peralihan tempo accelerandi serta ritardandi, serta adanya peralihat dinamik decrescendo dan crescendo. Notasi dalam musik klasik berbeda-beda dan dapat dibagi menjadi dua yaitu musik klasik populer dan musik klasik non Eropa. Susunan musik klasik juga lebih kompleks dibandingkan dengan jenis seni musik lainnya.

Musik klasik memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan IQ, relaksasi, mengatasi insomnia, meningkatkan daya ingatan, dan lainnya.

Contoh musik klasik seperti:

  1. Beethoven – Fur Elise
  2. Beethoven Pathetique Sonata
  3. Beethoven Symphony 5
  4. Beethoven Symphony 9
  5. Rachmaninov Rhapsody on the Theme of Paganini
  6. Mozart Rondo Alla Turca
  7. Mozart Marriage of Figaro
  8. Mozart Eine Kleine Nachtmusik
  9. Mozart Piano Sonata 8 dan 10
  10. Schumann Happy Peasant

Seni Musik Modern

Musik modern adalah jenis musik yang memperoleh sentuhan instrumen dan teknologi masa kini. Jenis musik modern lebih banyak disukai dan lebih mudah diterima oleh banyak kalangan karena jenis musik ini memiliki karakter yang lebih fleksibel sehingga mudah dipadu-padankan dan mudah mengikuti zaman.

Musik modern memiliki banyak jenis di antaranya:

  • Musik Jazz
  • Musik Blues
  • Musik R&B
  • Musik Rock
  • Musik POP
  • Musik Reggae

Seni Musik Tradisional

Jenis musik yang berasal dari alat musik tradisional. Musik tradisional adalah musik yang berakar pada tradisi masyarakat tertentu, maka keberlangsungannya dalam konteks saat ini yaitu upaya pewarisan secara turun temurun masyarakat sebelumnya untuk masyarakat selanjutnya.

Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis musik tradisional nusantara, seperti musik keroncong, musik gambang kromo, musik dangdut, musik Tabuh Salimpat dsb.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Seni Musik Menurut Ahli, Unsur, Fungsi dan Jenis Seni Musik yang bisa dijadikan sebagai sumber literatur untuk anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia pendidikan, khususnya Bahasa Indonesia.

Content Protection by DMCA.com