Pengertian Seni Rupa, Unsur, Fungsi dan Macam-Macam Seni Rupa Paling Lengkap

Posted on

Pengertian Seni Rupa – Seni rupa adalah salah satu bentuk cabang seni dengan media yang ditangkap oleh mata dan dapat dirasakan oleh indera manusia. Selain itu, seni rupa juga diartikan sebagai cabang kesenian yang menghasilkan suatu karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara umum karena dapat memiliki bentuk dan wujud serta dapat dilihat.

Dengan demikian, kita disimpulkan seni rupa adalah suatu karya seni yang berfokus pada keindahan visual dan sentuhan.

Bagi penikmat seni, dengan melihat atau menyentuh sebuah karya seni dapat menjadi suatu hiburan tersendiri. Selain itu, melalui seni rupa seseorang dapat menunjukkan ekspresi dalam dirinya kepada oranglain. Untuk mengetahui lebih jauh tentang seni rupa, simak penjelasan dibawah.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Untuk membentuk seni rupa dibutuhkan unsur-unsur seni didalamnya, berikut ini adalah unsur-unsur pada seni rupa, antara lain:

Unsur Titik
Unsur titik adalah unsur terkecil yang menjadi dasar dari semua ide seni yang dibuat oleh seniman.

Unsur Garis
Unsur garis adalah unsur yang menggabungkan titik-titik menjadi bentuk tertentu. Unsur garis akan membentuk ciri khas dan watak dari seni yang dibuat, contohnya kaku, lentur, keras dsb.

Unsur Bidang
Unsur bidang adalah sebuah hasil pengembangan serta penggabungan dari banyak garis sehingga menghasilkan beberapa sisi dalam suatu karya seni.

Unsur Bentuk
Adanya unsur bentuk membuat karya seni menjadi lebih bermakna dan hidup, karena unsur ini berisi detail dan sentuhan yang membuat seni menjadi lebih indah.

Unsur Ruang
Unsur ruang memiliki sifat nyata dan semu tergantung pada dimensinya, dimensi 2D atau dimensi 3D.

Unsur Warna
Warna menjadi unsur yang sangat penting dalam suatu seni, paduan warna dapat membuat sebuah karya seni menjadi lebih indah.

Unsur Tekstur
Unsur tekstur menggambarkan sifat atau keadaan pada karya seni tersebut. Tekstur seni ada 2 macam yaitu tekstur semu dan tekstur nyata.

Unsur Terang Gelap
Unsur terang gelap akan membuat karya seni terlihat lebih nyata karena berhubungan dengan detail suatu objek dalam seni rupa.

Fungsi Seni Rupa

Secara umum, seni rupa dibagi menjadi 2 fungsi, yaitu fungsi individu dan fungsi sosial.

Fungsi Individu
Fungsi seni rupa individu bersifat untuk memuaskan diri sendiri. Yang artinya seseorang menciptakan sebuah karya seni yang hanya untuk mengekpresikan dirinya untuk memuaskan batin, sehingga karya seni yang dihasilkan akan memancarkan aura yang sangat mendalam karena merupakan hasil dari ekpresi diri sendiri.

Fungsi Sosial
Fungsi seni rupa sosial yaitu hasil seni yang memberikan kepuasan batin bagi banyak orang.

Selain itu, beberapa fungsi seni rupa lainnya seperti:

  • Seni rupa sebagai sarana peribadatan atau media untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta.
  • Seni rupa sebagai sarana komunikasi dalam suatu kelompok masyarakat tertentu.
  • Seni rupa sebagai sarana edukasi kepada masyarakat.
  • Seni rupa sebagai media untuk mengenang atau melestarikan budaya bangsa.

Macam-Macam Seni Rupa

Macam-macam seni rupa terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu berdasarkan wujud, massa dan fungsinya.

Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, fungsi seni rupa dibagi menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

  • Seni Rupa Murni : adalah hasil karya seni yang dibuat dengan tujuan menuangkan ide dan imajinasi dari seorang yang menciptakan.
  • Seni Rupa Terapan : adalah karya seni yang memiliki tujuan praktis yang bisa digunakan untuk membantu segala aktifitas menjadi lebih cepat dan mudah.

Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

Berdasarkan wujudnya, fungsi seni rupa dibagi menjado 2 yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

  • Seni Rupa Dua Dimensi : adalah seni rupa dengan dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Seni rupa dua dimensi hanya dapat dilihat dari depan, contohnya seni lukis, seni batik, sketsa, dan seni ilustrasi.
  • Seni Rupa Tiga Dimensi : adalah seni rupa yang memiliki tiga ukuran panjang, lebar dan tinggi serta memiliki volume. Karya seni rupa tiga dimensi dapat dinikmati dari segala arah. Contohnya, seni kriya, seni taman, seni bangunan, dekorasi dan lain-lain.

Seni Rupa Berdasarkan Masssanya

Berdasarkan massanya, fungsi seni rupa dibagi menjadi 3, yaitu seni rupa tradisional, modern, dan kontemporer.

  • Seni Rupa Tradisional : adalah seni yang dibuat dengan pola, aturan, atau pakem tertentu sebagai pedoman dalam berkarya seni dan dibuat berulang-ulang tanpa merubah bentuk aslinya.
  • Seni Rupa Modern : adalah seni yang ditandai dengan sentuhan berbagai aktivitas yang bersifat lebih individualis.
  • Seni Rupa Kontemporer : adalah seni yang tercipta diwaktu tertentu sehingga seni yang dihasilkan bersifat kekinian atau masa kini.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Seni Rupa, Unsur, Fungsi dan Macam-Macam Seni Rupa  yang bisa dijadikan sebagai sumber literatur untuk anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia pendidikan, khususnya Bahasa Indonesia.

Content Protection by DMCA.com