Debit dan Kredit : Pengertian, Manfaat, Contoh serta Perbedaan Debit dan Kredit Dalam Ilmu Akuntansi

Posted on

Pengertian Debit dan Kredit – Dalam ilmu akuntansi terdapat istilah debit dan kredit. Apa yang dimaksud dengan debit dan kredit? Apa itu debit? Apa itu kredit? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian debit dan kredit, contoh, manfaat serta perbedaan debit dan kredit secara lengkap.

Baca Juga : Leverage

Pengertian Debit dan Kredit Secara Umum

Pengertian kredit secara umum adalah kemampuan untuk melakukan pembelian atau pinjaman dengan adanya perjanjian untuk melakukan pembayaran dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan pengertian debit secara umum adalah pengurangan deposito di dalam rekening bank atau catatan pos pembukuan yang menambah nilai aktiva atau mengurangi besaran kewajiban.

Definisi debit adalah pertambahan uang dalam tabungan atau rekening, selain itu debit juga bisa diartikan sebagai pertambahan transaksi. Sedangkan kredit diartikan sebagai pengeluaran uang saat bertransaksi, istilah kredit lebih dikenal sebagai penyediaan uang atas kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan nasabahnya dan diharuskan melunasi pada jangka waktu tertentu.

Pengertian Kredit

Kredit berasal dari bahasa Latin, yaitu Credere yang berarti kepercayaan. Kredit adalah seseorang untuk membeli atau melakukan pinjaman dengan melakukan perjanjian dalam pembayaran sesuai dengan jangka waktu tertentu. Salah satu contoh kredit adalah penggunaan kartu kredit pada umumnya. Berikut beberapa pengertian kredit menurut para ahli.

Thomas Suyatno

Pengertian kredit menurut Thomas Suyatno adalah penyediaan uang yang biasa disamakan dengan tagihan-tagihannya sesuai dengan persetujuan antara pinjaman dan yang meminjamkan.

Henry Dunning

Pengertian kredit menurut Henry Dunning adalah saat dimana seseorang memberikan sebuah jasa atas perjanjian untuk melakukan pembayarannya.

Baca Juga : Pengertian Reksadana

Mecleod Rivai dan Veithzal

Pengertian kredit menurut Mecleod Rivai dan Veithzal adalah penyerahan uang, jasa atau barang dari satu pihak kepada pihak lain atas dasar kepercayaan dengan perjanjian akan membayar pada waktu yang telah disepakati bersama.

Hasibuan

Pengertian kredit menurut Hasibuan adalah semua jenis pinjaman yang harus dibayar bersama dengan bunganya oleh peminjam seperti perjanjian yang disepakati bersama.

Manfaat Kredit

Ada beberapa manfaat kredit, diantaranya yaitu:

  • Kredit akan meningkatkan daya guna dari modal
  • Meningkatkan daya guna suatu barang atau produk
  • Kredit bermanfaat sebagai alat stabilitas ekonomi
  • Menjadi media untuk meningkatkan pendapatan nasional

Baca Juga : Pengertian Investasi

Pengertian Debit

Debit berasal dari bahasa latin yaitu Debere. Debit adalah catatan pada pos buku yang menambah nilai aktiva atau mengurangi jumlah kewajiban. Debit juga diartikan sebagai uang yang harus ditagihkan kepada orang lain atau piutang.

Salah satu contoh debit yang sering terjadi yaitu saat melakukan penarikan uang dari mesin ATM atau dari Bank. Pemberitahuan transaksi tersebut melalui sms akan menyebutkan telah terjadi debit.

Perbedaan Debit dan Kredit

Berikut beberapa perbedaan debit dan kredit diantaranya yaitu:

  • Debit adalah pencatatan pengurangan nominal uang, sedangkan kredit adalah pencatatan penambahan nominal uang.
  • Transaksi debit adalah aktivitas menabung di bank, sedangkan transaksi kredit adalah aktivitas mengeluarkan uang di bank atau meminjam uang di Bank.
  • Debit adalah pencatatan pembukuan tentang pengurangan deposito

Baca Juga : Pengertian Saham

Demikian pembahasan tentang pengertian debit dan kredit, contoh, manfaat serta perbedan debit dan kredit secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikut postingan lainnya.

Content Protection by DMCA.com