Autobiografi : Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur, Contoh Autobiografi Lengkap

Posted on

Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur Cara Membuat, Unsur Kebahasaan, Perbedaan Autobiografi dan Biografi, Contoh Autobiografi Diri Sendiri Lengkap – Menurut bahasa, Autobiografi berasal dari bahasa Yunani yaitu αὐτός-autos yang berarti sendiri, βίος-bios yang berarti hidup dan γράφειν-graphein yang berarti menulis. Pengertian autobiografi atau otobiografi adalah biografi yang ditulis oleh subjeknya atau dalam penggunaan modern, dikarang bersama-sama dengan penulis lain dan disebutkan sebagai “sebagaimana diceritakan” atau “dengan”.

Biasanya pengarang auto biografi mengandalkan berbagai sudut pandang dan bermacam ragam dokumen, sedangkan otobiografi bisa saja didasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang. Otobiografi juga terkait dengan memoar, dan terkadang agak sukar membedakan keduanya.

Singkatnya, pengertian autobiografi adalah tulisan yang didalamnya berisi tentang pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil sampai keadaannya sekarang ini yang ditulis oleh dirinya sendiri (sudut pandang orang pertama).

Autobiografi berisi mengenai lika-liku kehidupan seseorang melewati masa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan hingga bisa mencapai keadaanya di masa kini. Penulisan Autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama (aku, saya) berbeda dengan penulisan biografi yang menggunakan sudut pandang orang ke 3.

Jenis-Jenis Autobiografi

Ada beberapa jenis autobiografi diantaranya yaitu:

Autobiografi sebagai Kritik Totalitarianisme, yaitu korban dan penentang rezim totaliter yang sudah mampu menyampaikan kritik mencolok dari rezim melalui bentuk autobiografi dari penindasan mereka.

Autobiografi Fiksi, yaitu autobiografi yang diciptakan untuk mendefinisikan novel tentang seorang tokoh fiktif yang ditulis dan seolah-olah karakter tersebut menulis biografi mereka sendiri.

Autobiografi seseorang yang tidak terkenal. Ada beberapa orang tanpa klaim asli terkenal sudah mulai menulis autobiografi mereka sendiri untuk dibagikan ke masyarakat umum.

Autobiografi Palsu. Trend yang mendukung adanya autobiografi palsu, khususnya terkait dengan “penderitaan menyala”, penulis diduga menderita menjadi bagian keluarga yang disfungsional atau dari masalah umum (sosial) dari penindasan politik.

Autobiografi Sensasional. Pada abad ke-17 , “skandal memoar” oleh Libertini seharusnya melayani selera publik, telah sering dipublikasikan. umumnya samaran, sebagian karya fiksi mereka ditulis oleh seorang penulis ghostwriters.

Ciri-Ciri Autobigrafi

Adapun ciri-ciri atau karakteristik autobiografi diantaranya yaitu:

  • Autobiografi adalah sebuah perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan penulis lain, yang dibuat berdasarkan pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri.
  • Autobiografi biasanya berisi informasi mengenai masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari yang sulit hingga mencapai keberhasilan.
  • Autobiografi seringkali hanya menampilkan informasi yang bersifat positif saja. Bahkan sering kali, autobiografi ditulis dalam rangka, pencitraan seorang tokoh politik.
  • Autobiografi biasanya ditulis, agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui tentang apa yang sudah dilakukannya selama ia hidup, sehingga bisa diambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada di dalamnya.

Tujuan Autobiografi

Berikut ini tujuan penulisan autobiografi diantaranya yaitu:

  • Memperkenalkan diri sendiri secara lebih detail pada orang lain.
  • Memberikan gambaran, pelajaran serta kisah-kisah inspiratif bagaimana seseorang bisa sukses dalam bidang yang sedang digeluti sekarang ini, baik itu dalam karir, bisnis, politik maupun bidang lainnya.
  • Bahan pencitraan seseorang.

Struktur Autobiografi

Struktur autobiografi terdiri dari 5 struktur, diantaranya yaitu:

Latar belakang Keluarga
Pada bagian ini berisi informasi mengenai keluarganya seperti kedua orang tua, tanggal lahir dan tempat tinggal, anak yang ke berapa dan menceritakan saudara-saudaranya.

Latar belakang Pendidikan
Pada bagian ini berisi informasi mengenai pendidikan yang telah dicapai hingga sekarang berikut dengan tahun dan nama sekolahnya dan diawali dengan paragraf baru.

Latar belakang Prestasi
Pada bagian ini berisi informasi mengenai semua prestasi yang telah dicapai mulai dari kecil hingga sekarang.

Latar belakang Pekerjaan
Apabila tokoh sudah bekerja maka mencantumkannya, tapi jika masih pelajar maka bagian ini bisa dihilangkan.

Latar belakang Hasil Karya
Pada bagian ini khusus bagi mereka yang sudah bekerja dan untuk pelajar bagian ini bisa dihilangkan.

Unsur Kebahasaan Autobiografi

Berikut ini unsur kebahasaan dalam penulisan autobiografi diantaranya yaitu:

  • Kata hubung/penghubung, ini berfungsi sebagai penyambung antara satu kata dengan kata yang lain.
  • Kata kerja, yaitu suatu kelompok kata yang menjelaskan suatu hal yang dilakukan oleh tokoh.
  • Rujukan kata, ini berfungsi merujuk pada kata lain yang sudah diungkapkan sebelumnya.
  • Keterangan waktu, ini berfungsi menunjukkan peristiwa, waktu dan tempat yang dialami oleh tokoh.

Perbedaan Autobiografi dan Biografi

Ada beberapa perbedaan antara autobiografi dan biografi diantaranya yaitu:

a. Autobiografi adalah sebuah perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan penulis lain, yang dibuat berdasarkan pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri. Sedangkan Biografi ditulis oleh orang lain.

b. Autobiografi biasanya berisi informasi mengenai masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari yang sulit hingga mencapai keberhasilan. Sedangkan subjek biografi yakni tokoh terkenal dengan banyak jasa, karya maupun pemikiran yang bermanfaat bagi orang lain.

c. Autobiografi seringkali hanya menampilkan informasi yang bersifat positif saja bahkan sering kali ditulis dalam rangka, pencitraan seorang tokoh politik. Sedangkan, biografi biasanya dibuat dengan mengandalkan literatur, dokumen penting, atau bahkan narasumber, sebagai saksi dalam mengungkapkan peristiwa, dan fakta yang terjadi, di dalam perjalanan hidup (biografi) tersebut.

d. Autobiografi biasanya ditulis, agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui apa yang sudah dilakukannya selama ia hidup, sehingga bisa diambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada di dalamnya. Sedangkan, biografi biasanya berisikan informasi yang mengandung hikmah, motivasi dan sejarah penting yang dapat dijadikan teladan bagi pembacanya.

Contoh Autobiografi

berikut ini contoh autobiografi diri sendiri:

Namaku Dewi Anggraeni, lahir di Majalengka, 12 Desember 1997. Aku adalah anak kedua dari lima bersaudara, buah dari pasangan Dimas Koswara dan Nyimas Ratuwangi. Dewi adalah panggilan akrabku, Aku terlahir dari keluarga yang sangat sederhana. Ayahku seorang pegawai negeri sipil di lingkungan Pemda. Sedangkan Ibuku adalah seorang guru di sebuah madrasah tsanawiyah tak jauh dari rumah. Sejak kecil Ayah selalu menasehatiku agar rajin beribadah, bersikap jujur dan baik terhadap sesama.

Ketika berumur 6 tahun, aku mulai bersekolah di SDN 1 Pasawahan, Majalengka, kemudian setelah lulus melanjutkan pedidikan di SMPN 4 Majalengka di tahun 2009. Selepas lulus SMP di tahun 2012. Aku pindah ke kota Bandung dan tinggal bersama paman di sekitaran daerah Buah Batu dan melanjutkan pendidikan di salah satu SMA yang tak jauh dari sana.

Sejak menginjak kelas SMP dulu sebetulnya aku sudah suka dengan dunia kepenulisan, saya suka membaca dan menulis puisi-puisi ataupun cerpen walaupun tak pernah aku publikasikan kepada siapapun termasuk teman-teman dekatku. Rasa minder dan merasa tulisanku jelek kadang membuatku merasa tak berbakat menjadi seorang penulis.

Ketika menginjak kelas X SMA, aku memberanikan diri mengikuti lomba menulis puisi antar SMA se-Kota Bandung, ketika itu aku mengirimkan 2 puisi bertemakan remaja dan pendidikan.

Ketika menginjak kelas X SMA, aku mengikuti lomba menulis puisi antar sekolah se-Kota Bandung dan puisiku yang berjudul “ Senja di Barat Cikapundung” menjadi juara ke 3 dalam perlombaan tersebut. Tentu saja ini membuat hatiku senang dan semakin bersemangat dalam menulis, terutama puisi-puisi bertemakan lingkungan. Bagiku lingkungan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan karena lingkungan yang bersih dan asri dapat membuat jiwa manusia kuat dan sehat.

Selain itu aku juga aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah, aku bergabung dengan organisasi Pramuka dan juga pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah dinding sekolah.

Saat ini aku masih duduk di kelas XII SMA jurusan Bahasa, setelah lulus nanti aku berencana untuk melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Indonesia Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Demikian artikel tentang “Autobiografi : Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur, Contoh Autobiografi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Content Protection by DMCA.com