Manajemen Administrasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Tugas Manajemen Administrasi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Tugas Manajemen Administrasi Menurut Para Ahli – Pengertian manajemen administrasi adalah salah satu bidang manajemen yang memberikan informasi layanan administrasi untuk melaksanakan kegiatan secara efektif. Manajemen administrasi sangat berpengaruh pada kelancaran bidang lain dan sering digunakan sebagai bahan untuk mengambil keputusan.

Manajemen administrasi juga diartikan sebagai bidang manajemen yang memberikan informasi layanan administrasi untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memengaruhi kelancaran bidang lainnya sebagai bahan pengambilan keputusan.

Pengertian Manajemen Administrasi Menurut Para Ahli

Gie (1991: 4)

Menurut Gie, Manajemen Administrasi adalah sebuah rangkaian aktivitas merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan sampai menyelenggarakan secara tertib pekerjaan kantor untuk mencapai tujuan.

W.H. Evans

Menurut W.H. Evans, Manajemen Administrasi adalah fungsi yang berhubungan dengan manajemen dan pengarahan semua tahap operasional perusahaan mengenai pengolahan bahan, keterangan, komunikasi, dan memori organisasi.

George R. Terry

Menurut George R. Terry, Manajemen Administrasi adalah kegiatan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan, serta penggerakan para pekerja agar mencapai goal yang telah ditentukan.

Moekijat

Menurut Moekijat, Administrative Management adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen pada kantor, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, serta pengawasan kantor agar tujuan kantor bisa tercapai dan para pegawai merasa puas.

Prajudi Atmosudirjo

Menurut Prajudi Atmosudirjo, Administrative Management adalah kombinasi antara corporate management (kantor sebagai kesatuan yang terdiri atas gedung, tanah, personil, dan perlengkapan) dan operation management (pekerjaan kantor).

Suparjati dkk

Menurut Suparjati dkk, Manajemen Administrasi adalah sebuah proses kerjasama di dalam kantor agar tujuan-tujuan kantor yang telah ditetapkan sebelumnya dapat tercapai dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.

Millis Geoffrey

Menurut Millis Geoffrey, definisi manajemen administrasi adalah seni membimbing personel kantor dalam mempergunakan sarana yang sesuai dengan lingkungan demi mencapai tujuan yang ditetapkan.

Edwin Robinson dan William Leffingwell

Menurut Edwin Robinson dan William Leffingwell definisi Manajemen Administrasi adalah sebuah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerja di perusahaan, serta penggerakan para pelaksana agar tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai dengan baik.

Tujuan Manajemen Administrasi

Tujuan manajemen administrasi, diantaranya yaitu:

  • Mengelola seluruh data dan keterangan secara lengkap, melindungi dan menyimpan serta memberikan informasi kepada yang membutuhkan.
  • Menampilkan laporan dan catatan penting dengan rincian biaya yang sesuai.
  • Membantu perusahaan untuk memelihara dan memenuhi kebutuhan yang berhubungan dengan administrasi.
  • Pemberian pelayanan oleh tata usaha kepada mitra kerja juga pelanggan.
  • Menyediakan laporan yang relevan dan terbaru.

Fungsi Manajemen Administrasi

Fungsi manajemen administrasi, diantaranya yaitu:

  • Melakukan perencanaan terkait administrasi, seperti pemeliharaan sarana prasarana (tata ruang, ventilasi, anggaran perusahaan, dan lainnya.)
  • Pengorganisasian dengan mengelompokkan alat yang dipakai dalam bidang usaha, tugas, tanggung jawab dan SDM yang terbagi di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan organisasi yang selaras dengan visi perusahaan.
  • Memberikan dorongan kepada karyawan untuk mencapai tujuan organisasi terutama di lingkup administrasi.
  • Melakukan pengawasan terhadap proses administrasi kantor.

Tugas Manajemen Administrasi

Tugas manajemen administrasi yaitu berkaitan dengan penyusunan, pengaturan, pengorganisasian, pengendalian kegiatan, inventaris, informasi dan arsip perusahaan. Selain itu, manajemen administrasi juga bertugas untuk mengurusi masalah ketatausahaan, mengendalikan informasi dan data perusahaan.

Itulah artikel tentang Manajemen Administrasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Tugas Manajemen Administrasi Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.