Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli, Konsep Dasar, Manfaat Dan Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi Paling Lengkap

Posted on

Ilmu Ekonomi – Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Secara etimologi, ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Oikos” yang artinya “Keluarga/ rumah tangga” dan “Nomos” yang artinya “tata aturan/ hukum”.

Ilmu Ekonomi meruapakan sebuah bidang ilmu yang membahas pengelolaan sumber daya, baik perorangan, kelompok, masyarakat, bahkan negara, dalam upaya mencapai kemakmuran dan kesejahteraan. Selain itu, ilmu ekonomi juga disebut sebagai kajian terhadap perilaku manusia dalam kebutuhan hidupnya.

Selain dari pengertian diatas, ada beberapa ahli yang juga mengemukakan pendapatnya mengenai penegrtian ilmu ekonomi.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

1. Ilmu Ekonomi Menurut Adam Smith
Adam Smith mengemukakan pendapatnya tentang ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam berbagai sumber daya terbatas atau tidak terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Ilmu Ekonomi Menurut Mohammad Hatta
Menurut Mohammad Hatta, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari proses-proses tercapainya kesejahteraan dan keadilan sosial dalam suatu masyarakat.

3. Ilmu Ekonomi Menurut Jean-Baptiste Say
Jean-Baptiste Say mengartikan ilmu ekonomi adalah ilmu yang menjadi cabang dari kajian-kajian tentang segala peraturan yang dapat menentukan kekayaan seseorang.

4. Ilmu Ekonomi Menurut John Maynard Keynes
Menurut John Maynard Keynes, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkat kemakmuran suatu negara yang membutuhkan intervensi pemerintah sehingga mencapai suatu kondisi perekonomian tertentu.

5. Ilmu Ekonomi Menurut John Stuart Mill
Menurut John Stuart Mill, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari segala hal tentang pengeluaran dan penagihan.

6. Ilmu Ekonomi Menurut Max Weber
Max Weber mengartikan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari pembentukan pola-pola tindakan sosial dan tindakan ekonomi individu bedasarkan nilai-nilai yang diyakininya.

7. Ilmu Ekonomi Menurut Thorstein Veblen
Menurut Thorstein Veblen ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari kemampuan manusia untuk menentukan pilihan-pilihan produksi, konsumsi, dan distribusi sesuai perasaan, selera, dan nilai-nilai kebudayaan dalam lingkungannya.

8. Ilmu Ekonomi Menurut Karl Marx
Karl Marx mengartikan ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara-cara manusia untuk bertahan hidup dalam sebuah struktur kelas sosial yang hubungannya ditentukan dalam pemanfaatan sarana produksi.

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

1. Kegiatan Ekonomi

  • Produksi, berkaitan dengan usaha untuk menambah nilai guna dari barang dan jasa. Aktivitas produksi merupakan sumber daya, modal dan keahlian.
  • Konsumsi, berkaitan dengan penggunaan barang dan jasa yang ditentukan dari tingkat penghasilan dan nilai kebudayaan.
  • Distribusi, berkaitan dengan penyebaran barang dan jasa yang diproduksi.

2. Tindakan Ekonomi

  • Tindakan Rasional, yaitu usaha dalam menentukan pilihan terbaik dan menguntungkan dan sesuai dengan kenyataan.
  • Tindakan Irasional, yaitu usaha dalam menentukan pilihan terbaik dan menguntungkan, namun tidak sesuai dengan kenyataan.

3. Motif Ekonomi

  • Motif Intrinsik, yaitu tujuan yang bersumber dari diri sendiri untuk melakukan tindakan ekonomi.
  • Motif Ekstrinsik, yaitu tujuan yang bersumber dari orang lain untuk melakukan tindakan ekonomi.

4. Metodologi Ilmu Ekonomi

  • Metode Induksi, yaitu metode yang dilakukan berdasarkan berbagai kejadian ekonomi yang disusun berdasarkan sistematis sehingga mendapatkan kesimpulan secara umum.
  • Metode Deduksi, yaitu metode yang dilakukan berdasarkan teori ekonomi yang dianalisis dan dipelajari untuk mendapatkan kesimpulan khusus.

Manfaat Ilmu Ekonomi

Kegunaan ilmu ekonomi memiliki peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Beberapa manfaat ilmu ekonomi bagi manusia antara lain:

  • Ilmu ekonomi memberikan masukan dalam pengambilan keputusan terhadap tindakan-tindakan ekonomi.
  • Ilmu ekonomi membantu dalam memahami pola perilaku ekonomi masyarakat.
  • Ilmu ekonomi membantu memberikan pengertian terhadap potensi dan keterbatasan suatu kebijakan ekonomi.
  • Ilmu ekonomi meningkatkan kepekaan manusia terhadap masalah ekonomi dan global.

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Ruang lingkup ekonomi meliputi ekonomi makro dan ekonomi mikro. Pembagian tersebut berfungsi memberikan batasan dan asumsi agar ilmu ekonomi dapat dipelajari dengan lebih mudah.

  • Ekonomi Makro (macroeconomic)
    Ekonomi makro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang seluruh perilaku ekonomi melalui pemakaian efisien berbagai faktor produksi yang bertujuan mencapai kemakmuran masyarakat secara maksimum.
  • Ekonomi Mikro (microeconomic)
    Ekonomi Mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang aspek individual suatu kegiatan ekonomi. Pada lingkup ekonomi mikro menggunakan analisis konsumen dan analisis produsen dalam satu pasar. Ekonomi mikro adalah penentu harga, atau teori harga (price theory).

Itulah artikel lengkap yang membahas tentang Pengertian ,Konsep Dasar, Manfaat Dan Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan sebagai sumber literature dalam pembelajaran.

 

Content Protection by DMCA.com