Otot Polos : Pengertian, Ciri, Letak, Bentuk, Fungsi dan Cara Kerja Otot Polos Pada Manusia Lengkap

Posted on

Otot Polos Pada Manusia – Otot polos adalah jenis otot yang dikelompokkan dalam kategori otot tak sadar atau refleks. Otot polos merupakan otot yang jaringannya dibentuk oleh sel-sel otot dan bentuk otot polos seperti gelendong, dimana kedua ujungnya meruncing serta bagian tengahnya menggelembung. Cara kerja otot polos tidak menurut perintah otak, tapi terjadi di luar kesadaran otak (refleks). Itulah penyebab otot polos disebut juga otot tak sadar (otonom).

Otot polos membentuk lapisan pada alat-alat dalam tubuh, seperti dinding usus, pembuluh darah, saluran kelamin, dan dinding rahim. Sehingga otot polos disebut juga dengan otot alat-alat dalam.

Otot polos merupakan jenis otot yang ditemukan dalam organ pencernaan dan pembuluh darah, bekerja dengan pengaturan dari sistem saraf tak sadar atau saraf otonom. Otot polos dibentuk oleh sel-sel otot yang terbentuk dari gelendong dengan kedua ujung meruncing, serta memiliki satu inti tunggal.

Ciri-Ciri Otot Polos

Berikut ini ciri-ciri atau karakteristik otot polos, diantaranya yaitu:

  • Memiliki bentuk seperti gelondong dengan kedua ujung yang meruncing dan bagian tengahnya menggelembung.
  • Setiap selnya memiliki satu inti yang terletak di tengah.
  • Merupakan otot tak sadar (otonom) dan memiliki waktu kontraksi dari 3-180 detik.
  • Mampu berkontraksi dengan refleks karena merupakan otot tak sadar (otonom).
  • Tidak memiliki garis yang melintang seperti yang ada pada otot lurik.
  • Memiliki reaksi yang lambat dan tidak mudah lelah atau terus menerus bekerja meskipun kita tidur karena tidak dikendalikan manusia secara langsung atau mampu beraktivitas meskipun berada dalam kondisi tidak sadar manusia.

Fungsi Otot Polos

Fungsi otot polos pada organ tubuh manusia yaitu sebagai pemberi kontraksi yang memungkinkan zat dari dalam atau dari organ lain bisa memasuki dan menjalankan proses dalam organ tersebut. Kontraksi otot yang ditimbulkan oleh otot polos ditimbulkan dari pemancar kimia seperti hormon manusia.

Fungsi nyata otot polos dalam berbagai organ diantaranya yaitu

  • Membantu keluarnya urin yang ada di kandung kemih.
  • Otot polos yang berada di pembuluh darah akan membantu aliran darah dalam arteri
  • Pada saluran pencernaan otot polos akan membantu makanan berpindah dari satu bagian ke bagian lain
  • Pada arteri dan pembuluh darah vena, otot polos mampu mengatur tekanan darah.

Jenis-Jenis Otot Polos

Ada 2 (dua) jensi otot polos yaitu otot polos unit ganda (multi unit) dan otot polos unit tunggal (single unit).

Otot Polos Unit Ganda (Multi Unit)

Otot polos unit ganda yaitu otot yang terdiri daru serabut yang berbeda-beda dan setiap serabut-serabut tersebut bekerja secara tersendiri tanpa saling membantu dengan serabut-serabut pada otot polos lainnya. Contohnya pada siliaris mata, otot piloerektor dimana otot ini menyebabkan rambut berdiri tidak lain dari rangsangan simpatis

Otot Polos Unit Tunggal (Single Unit)

Otot polos unit tunggal yaitu otot yang memiliki ratusan hingga jutaan serabut yang saling berkontraksi dan membrane selnya melekat satu sama lain pada tempat yang berbeda akibatnya memudahkan serabut bisa disebarkan ke serabut lainnya.

Cara Kerja Otot Polos

Cara kerja otot polos tidak menurut pada perintah otak, namun terjadi diluar kesadaran otak atau di luar kesadaran individu tersebut. Hal tersebutlah yang menyebabkan otot polos disebut dengan otot tak sadar (otonom). Otot polos pada manusia bekerja dengan lambat dan terus menerus tanpa rasa lelah. Otot polos bisa ditemukan pada bagian usus, saluran peredaran darah, saluran kemih, pembuluh darah dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang “Otot Polos : Pengertian, Ciri, Letak, Bentuk, Fungsi dan Cara Kerja Otot Polos Pada Manusia Lengkap“, semoga bermanfaat.

Content Protection by DMCA.com