Pengertian Sejarah

Unsur-Unsur dan Ciri-Ciri Dalam Sejarah Dengan Penjelasan Terlengkap

Posted on

Unsur-Unsur dan Ciri-Ciri Dalam Sejarah – Dapat pengertian secara sempit, sejarah adalah suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Selain itu sejarah juga memiliki ciri-ciri utama yang unik (hanya terjadi satu kali), abadi (telah terjadi dan tidak bisa diubah), dan penting (memberi pengaruh besar bagi manusia). Sejarah juga memiliki unsur-unsur yang membentuk terjadinya sebuah peristiwa bersejarah.

Sejarah memiliki sebuah unsur yang dapat membentuk sejarah itu sendiri yang memiliki ketertarikan sangat erat sehingga unsur satu dengan unsur lainnya tidak dapat dipisahkan. Bila salah satu unsur sejarah hilang, maka hal tersebut tidak bisa disebut dengan sejarah.

Sejarah memberikan sebuah pengalaman yang luas mengenai kehidupan manusia pada tempat dan waktu yang berbeda-beda. Pada pihak lain, sejarah juga termasuk salah satu ilmu sosial, karena sejarah berbicara tentang masyarakat manusia dalam perspektif waktu, sejarah juga berbicara tentang masalah-masalah yang telah dihadapi oleh masyarakt dalam interaksi mereka satu sama lain, dan bagaimana mereka telah berhasil atau gagal dalam menghadapi dan mengatasinya.

Sejarah dibentuk berdasarkan unsur-unsur pembentuknya. Artinya unsur tersebut harus ada sehingga kejadian tersebut bisa dikatakan sebagai sejarah.

Baca Juga : Pengertian Sejarah Paling Lengkap

Unsur-Unsur Sejarah

Unsur sejarah dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Manusia, Ruang dan Waktu. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Manusia
Unsur sejarah yang paling penting dan utama adalah Manusia. Dalam sebuah sejarah, Manusia memiliki peran penting karena manusia berperan sebagai subjek dan objek. Jika dalam sejarah tidak terdapat unsur Manusia, maka sejarah tidak dapat disebut sebagai sejarah karena manusia lah yang terlibat dalam sejarah, manusia juga yang menceritakan dan menuliskan kembali peristiwa sejarah.

Manusia sebagai subjek berperan untuk menceritakan atau menulis kembali peristiwa sejarah, sedangkan manusia sebagai objek adalah manusia yang terlibat atau diceritakan dalam peristiwa sejarah.

2. Ruang
Unsur sejarah selanjutnya adalah ruang. Selain Manusia, dalam sejarah ruang juga memiliki peranan yang cukup penting, karena dalam sejarah pasti terdapat tempat/ruang terjadinya sejarah. Tempat terjadinya sebuah sejarah itulah yang disebut dengan unsur Ruang.

Tempat terjadinya sebuah sejarah pun bersifat luas atau sempit. Contoh ruang terjadinya sebuah kejadian sejarah seperti sebuah negara, kota, medan perang, lapangan hingga ruang sempit seperti rumah, kamar atau sebuah lahan dengan area terbatas.

3. Waktu
Unsur ketiga dalam sebuah sejarah adalah Waktu. Waktu memiliki peranan yang penting karena waktu mengetahui kapan suatu peristiwa sejarah terjadi. Waktu sangat berkaitan dengan aktifitas manusia, karena segala aktifitas yang dilakukan oleh manusia pasti dibatasi oleh waktu.

Waktu dalam sejarah bersifat pasti dan absolut, bisa dalam satu minggu yang lalu, satu bulan yang lalu, satu tahun yang lalu, satu abad yang lalu atau 1000 tahun yang lalu asalkan berada dimasalalu.

Adanya unsur waktu akan membuat peristiwa dapat dikatakan sebagai sejarah. Sejarah merupakan sebuah kejadian yang terjadi dimasa lalu. Seiring dengan waktu yang bergerak kedepan maka peristiwa yang terjadi saat ini juga akan menjadi sejarah dimasa mendatang.

Ciri-Ciri Sejarah

Secara umum, ciri-ciri sejarah dibagi menjadi 3 yaitu Unik, Abadi dan Memiliki pengaruh. Berikut penjelasannya.

1. Unik
Ciri-ciri sejarah yang paling utama adalah Unik atau einmaleg, yang berarti sejarah hanya terjadi satu kali dan tidak dapat terulang kembali. Jika dimasa mendatang mungkin terjadi peristiwa yang mirip, pasti akan terdapat beberapa perbedaan dan tidak sama persis dengan peristiwa sebelumnya. Karena itulah ciri-ciri sejarah itu unik dan hanya terjadi satu kali saja.

2. Abadi
Ciri-ciri sejarah selanjutnya adalah abadi, yang berarti peristiwa sejarah tidak akan berubah dan akan tetap dikenang sepanjang masa. Karena itulah sejarah disebut dengan abadi.

3. Memiliki Pengaruh
Ciri-ciri sejarah selanjutnya adalah memiliki pengaruh besar yang ditimbulkan. Sejarah akan berefek dan berdampak pada suatu peristiwa sejarah yang terjadi. Hal inilah yang menjadikan sejarah menjadi sangat penting. Sejarah memiliki pengaruh yang sangat besar dan dapat mempengaruhi banyak orang sehingga dapat mengenang peristiwa tersebut.

Itulah artikel lengkap yang membahas tentang Unsur-Unsur dan Ciri-Ciri Sejarah. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan sebagai sumber literature dalam pembelajaran.

Content Protection by DMCA.com