Pengertian Kebudayaan, Unsur-Unsur, Fungsi, Wujud dan Contoh Kebudayaan Paling Lengkap

Posted on

Kebudayaan – Dalam menjalani sebuah kehidupan sudah pasti manusia tidak terlepas dengan kebudayaan dan adat istiadat. Apalagi di Indonesia sangat terkenal dengan kebudayaannya yang sangat beragam. Kebudayaan menjadi salah satu identitas dan ciri khas suatu daerah atau suatu bangsa. Karena itulah keberadaan suatu budaya amatlah penting.

Kebudayaan berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu “Buddhayah” yang berarti hal-hal yang memiliki arti budi dan akal manusia. Budaya memiliki sifat turun temurun dari generasi ke generasi selanjutnya dan terus diwariskan. Berikut penjelasan lengkap tentang kebudayaan, mulai dari pengertian, unsur, wujud dan contoh kebudayaan.

Pengertian Kebudayaan Secara Umum

Secara umum, kebudayaan adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat serta setiap kecakapan, dan kebiasaan.

Kebudayaan juga dapat diartikan sebagai segala hal kompleks yang didalamnya berisi kesenian, pengetahuan, kepercayaan, hukum, moral, adat istiadat dan keahlian atau ciri khas yang diperoleh individu sebagai anggota dalam suatu masyarakat.

Terdapat aneka ragam pengertian kebudayaan secara umum, namun pada intinya dapat disimpulkan jika kebudayaan adalah suatu hal yang mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan bersifat abstrak.

Pengertian Kebudayaan Menurut Ahli

Agar lebih mudah memahami arti dari kebudayaan, berikut beberapa definisi kebudayaan menurut para ahli.

Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat
Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan adalah keseluruhan perilaku dari manusia dan hasil yang diperoleh melalui proses akhir belajar dan segalanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.

Kebudayaan Menurut Ki Hajar Dewantara
Menurut Ki Hajar Dewantara, mendefinisikan kebudayaan sebagai buah budi manusia, yang merupakan hasil dari dua pengaruh besar yaitu alam dan kodrat masyarakat. Ini juga merupakan sebuah bukti kejayaan kehidupan manusia untuk dapat mengatasi kesulitan di dalam hidupnya agar keselamatan dan kebahagyaan bisa tercapai. Nantinya, sifat tertib dan damai juga akan terlahir dari sini.

Kebudayaan Menurut Soelaeman Soenardi dan Selo Soemardjan
Menurut kedua pakar tersebut, kebudayaan adalah semua hasil karya, cipta, dan rasa dari masyarakat. Karya tersebut menghasilkan teknologi serta kebudayaan berwujud benda dan jasmaniah yang diperlukan oleh umat manusia agar dapat menguasai alam supaya hasilnya bisa digunakan untuk diabdikan bagi keperluan masyarakat.

Kebudayaan Menurut KBBI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kebudayaan adalah 1) Hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat; 2) Antar keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya.

Unsur Unsur Kebudayaan

Menurut C.Kluckhohn, secara universal kebudayaan memiliki unsur-unsur yang diuraikan sebagai berikut:

1. Unsur Bahasa
Bahasa adalah suatu pengucapan yang indah dalam elemen kebudayaan dan sekaligus menjadi palat perantara utama bagi manusia untuk meneruskan atau mengadaptasikan kebudayaan. Terdapat dua bentuk bahasa yaitu lisan dan tulisan.

2. Sistem Pengetahuan
Unsur pengetahuan mengenai tentang kondisi alam sekeliling dan sifat-sifat peralatan yang dipakainya. Sistem pengetahuan meliputi ruang pengetahuan meliputi ruang pengetahuan tentang alam sekitar, flora dan fauna, waktu, rung dan bilangan, sifat serta tingkah laku sesama manusia, atau tubuh manusia.

3. Sistem Kemasyarakatan
Sistem kemasyarakatan diartikan sebagai sekelompok masyarakat yang anggotanya merasa satu dengan sesamanya. Sistem kemasyarakatan ini meliputi kekerabatan, asosiasi dan perkumpulan, sistem kenegaraan, sistem kesatuan hidup, perkumpulan.

4. Sistem peralatan hidup dan teknologi
Sistem ini artikan sebagai jumlah keseluruhan teknik yang dimiliki oleh masyarakat, seperti keseluruhan cara bertindak dan berbuat seperti berhubungan dengan pengumpulan bahan-bahan mentah, pemrosesan bahan untuk dijadikan sebagai alat kerja, penyimpanan, pakaian, perumahan, alat transportasi atau kebutuhan lainnya. Unsur teknologi yang paling menonjol adalah kebudayaan fisik yang meliputi, alat-alat produksi, senjata, wadah, makanan dan minuman, pakaian dan perhiasan, tempat berlindung dan perumahan serta alat-alat transportasi.

5. Sistem Mata Pencaharian
Unsur ini berkaitan dengan segala usaha yang manusia lakukan untuk mendapatkan barang dan jasa yang mereka butuhkan. Sistem mata pencaharian atau sistem ekonomi ini meliputi berburu, mengumpulkan makanan, bercocok tanam, beternak, perikanan atau perdagangan.

6. Sistem Religi
Sistem religi sangat penting dalam kebudayaan karena manjadi salah satu pegangan manusia dalam menjalani kehidupan. Sistem religi meliputi sistem kepercayaan, sistem nilai dan pandangan hidup, komunikasi keagamaan, dan upacara keagamaan.

7. Kesenian
Seni adalah suatu ekspresi yang menggambarkan keindahan. Bentuk dari keindahan timbul dari imajinasi kreatif dan dapat memberikan kepuasan batin manusia. Pemetaan bentuk kesenian terbagi menjadi tiga garis besar, yaitu seni rupa, seni suara dan seni tari.

Fungsi Kebudayaan

Pada dasarnya, kebudayaan memiliki fungsi untuk mengatur masyarakatnya, tentang bagaimana cara bertindak dan menentukan sikap saat dihadapkan sesuatu sehingga kehidupan menjadi selaras. Beberapa fungsi kebudayaan lainnya, antara lain:

  • Hasil karya manusia melahirkan teknologi dan kebudayaan kebendaan.
  • Hubungan pedoman antara manusia atau kelompok
  • Tempat menyalurkan perasaan-perasaan dan kehidupan lainnya
  • Pembimbing kehidupan manusia
  • Pembeda antar manusia dan binatang
  • Mempersatukan masyarakat
  • Memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat
  • Mendorong terjadinya perubahan masyarakat.

Wujud Kebudayaan

Kebudayaan terdiri atas empat wujud, yang semuanya merupakan kebutuhan masyarakt. Wujud kebudayaan tersebut antara lain:

  • Wujud kebudayaan berupa benda-benda fisik yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan fisik masyarakat.
  • Wujud kebudayaan berupa sistem sosial yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan menata kehidupan bersama.
  • Wujud kebudayaan berupa sistem budaya yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan emosional-spiritual (makna hidup).
  • Wujud kebudayaan berupa nilai budaya yang berfungsi untuk membuhi kebutuhan identitas diri atau kelompok masyarakat.

Sifat kebudayaan

  • Etnosentis
  • Universal
  • Alkuturasi
  • Adaptif
  • Dinamis (flexibel)
  • Integratif (Integrasi)

Aspek-aspek kebudayaan

  • Kesenian
  • Bahasa
  • Adat Istiadat
  • Budaya daerah
  • Budaya Nasional

Contoh Kebudayaan Di Indonesia

Kebudayaan Bau Nyale di Lombok

Bau Nyale adalah salah upacara unik dan khas dari Lombok. Bau Nyale berasal dari bahasa sasak, ‘Bau’ memiliki arti menangkap, sedangkan ‘Nyale’ merupakan sebutan untuk cacing laut di Lombok. Upacara Bau Nyale diadakan diantara bulan Februari atau Maret. Dalam upacara tersebut orang-orang akan turun ke Pantai pada saat pasang surut (Sekitar pukul 4-5 pagi) dan hasil tangkapannya dapat diolah atau diperbolehkan untuk dijual. Upacara ini bermula pada sebuah legenda dari Putri Mandalika.

Kebudayaan Ngaben d Bali

Ngaben adalah upacara pembakaran mayat yang dipercayai dan dilakukan oleh masyarakat Bali. Masyarakat Bali mempercayai bahwa orang yang telah meninggal wajib disucikan dengan media api atau dibakar hingga menjadi abu. Setelah itu, abu hasil pembakaran akan di larungkan ke sungai atau lautan yang bertujuan sebagai penyucian elemen jiwa dan raga.

Itulah penjelasan tentang  Pengertian Kebudayaan, Unsur-Unsur, Fungsi, Wujud dan Contoh Kebudayaan  yang bisa dijadikan sebagai sumber literatur untuk anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia pendidikan, khususnya Bahasa Indonesia.

Content Protection by DMCA.com