Pengertian Akuntansi Anggaran, Tujuan dan Tugas Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting) Paling Lengkap

Posted on

Akuntansi Anggaran – Kita sering mendengar istilah akuntansi dan juga mungkin banyak dari kalian sudah sering melakukan kegiatan yang berkaitan dengan akuntansi. Banyak yang mengenal akuntansi sebagai ilmu matematika yang berkaitan dengan menghitung uang. Kali ini kita akan membahas tentang pengertian akuntansi anggaran, tujuan dan tugas akuntansi anggaran.

Pengertian Anggaran

Anggaran atau Budget adalah sejumlah uang yang dihabiskan dalam periode tertentu untuk melaksanakan suatu program, tidak ada perusahaan yang memiliki anggaran yang tidak terbatas, sehingga proses penyusunan anggaran penting dilakukan dalam proses perencanaan.

Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli

Sofyan (1996:14)
Menurut Sofyan, Anggaran adalah suatu pendekatan yang sistematis dan formal untuk tercapainya pelaksanaan fungsi perencanaan sebagai alat membantu pelaksanaan tanggung jawab manajemen.

Welsch (2000:5)
Menurut Welsch, Anggaran adalah perencanaan untuk pengendalian laba menyeluruh dapat didefinisikan secara luas sebagai suatu anggaran sistematis dan formal untuk perencanaan, pengkoordinasian dan pengendalian tanggung jawab manajemen.

Nafarin (2000:11)
Menurut Nafarin, Anggaran adalah rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu tertentu dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang, tetapi dapat juga dinyatakan dalam satuan barang maupun jasa.

Munandar (2001:11)
Menurut Munandar, Anggaran adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit atau kesatuan moneter yang berlaku untuk jangka waktu yang akan datang.

Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Akuntansi anggaran (Budgetary Accounting) adalah teknik akuntansi yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi dan terdapat pada setiap anggaran mulai dari anggaran yang disahkan, dialokasikan ataupun yang dilaksanakan hingga pada penutupan buku anggaran akhir tahun.

Pengertian akuntansi anggaran adalah salah satu bidang akuntansi yang berkaitan dengan perencanaan pengeluaran perusahaan yang bertujuan membandingkan dengan pengeluaran yang sebenarnya (aktual). Akuntansi anggaran ini akan menguraikan aktivitas keuangan dalam jangka waktu tertentu yang dijalankan melalui sistem analisa dan pengawasan.

Dalam penerapannya, akuntansi anggaran berperan untuk mencatat setiap peristiwa transaksi yang terjadi dan terdapat pada setiap anggaran yaitu mulai sejak pengesahan anggaran, dialokasikan ataupun yang dilaksanakan hingga saat penutupan buku anggaran akhir periode.

Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Tujuan akuntansi anggaran adalah untuk mencegah terjadinya kelebihan dana yang tak terduga (over budget). Dampak apabila terjadi over budget adalah neraca yang tidak seimbang akibat pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan. Jika hal tersebut terjadi, dikhawatirkan perusahaan akan mengalami kebangkrutan. Untuk itu, setiap perusahaan penting menggunakan akuntansi anggaran tersebut untuk mengawasi aliran dana atau anggaran yang ada.

Selain itu, data yang dihasilkan pembukuan akuntansi anggaran dengan tepat bisa digunakan sebagai dasar atau acuan untuk membantu perusahaan dalam merencanakan dan mengestimasi anggaran untuk periode bulan atau tahun berikutnya.

Tugas Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Tugas akuntansi anggaran adalah menguraikan keuangan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dengan berdasarkan sistem pengawasan dan analisa. Akuntansi anggaran ini bisa disebut sebagai bagian dari akuntansi manajemen.

Itulah artikel yang membahas tentang Pengertian Akuntansi Anggaran, Tujuan dan Tugas Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting) Paling Lengkap . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan sebagai sumber literatur dalam pembelajaran.

Rate this post
Content Protection by DMCA.com