Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Contohnya

Posted on

Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Contohnya – Mungkin kalian pernah mendengar istilah sistem informasi manajemen, apa itu sistem informasi manajemen (SIM)? Agar lebih memahaminya, kali kita akan membahas materi sistem informasi manajemen secara lengkap.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum

Pengertian Sistem Informasi Manajemen (SIM) atau Management Information System (MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.

Definisi sistem informasi manajemen adalah suatu sistem informasi yang digunakan suatu organisasi atau perusahaan untuk mengelola semua jenis transaksi yang mendukung sistem manajemen dan dapat digunakan untuk proses pengambilan keputusan.

Sistem informasi manajemen bisa juga diartikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan output dengan masukan input dan berbagai proses lainnya yang hasilnya dibutuhkan untuk tujuan tertentu dalam kegiatan manajemen.

Baca Juga : Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

Arti manajemen sistem informasi adalah suatu sistem perencanaan di dalam perusahaan yang melibatkan pengendalian internal seperti pemanfaatan sumber daya, dokumen, teknologi, dan akuntansi manajemen sebagai salah satu strategi dalam bisnis.

Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi.

Secara akademis, umumnya sistem informasi manajemen digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang berkaitan dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, seperti sistem pendukung keputusan, sistem pakar dan sistem informasi eksekutif.

Tujuan sistem informasi manajemen dalam bisnis atau perusahaan yaitu untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan hingga menganalisa informasi kemudian disebarkan untuk tujuan yang spesifik.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Raymond McLeod Jr (1995)

Menurut Raymond McLeod Jr, Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pengguna yang memiliki kebutuhan yang sama.

Jogiyanto Hartono (2000:700)

Menurut Jogiyanto Hartono, pengertian sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengolah dan mengumpulkan data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkat manajemen didalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Danu Wira Pangestu (2007)

Menurut Danu Wira Pangestu, Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna bagi semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Bodnar dan Hopwood

Menurut Bodnar dan Hopwood, Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data dalam bentuk informasi yang berguna.

Baca Juga :  Audit Sistem Informasi

Turban, McLean, dan Waterbe

Menurut Turban, McLean, dan Waterbe, Sistem Informasi Manajemen adalah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.

Azhar Susanto

Menurut Azhar Susanto, Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan dari sub sistem/komponen apapun, baik fisik maupun non fisik yang saling berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi dalam hal pengevaluasian, pengendalian dan perbaikan berkelanjutan.

Nash dan Robert

Menurut Nash dan Robert, Sistem Informasi Manajemen adalah kombinasi dari user/orang, teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang memiliki tujuan tertentu.

Gordon B. Davis

Menurut Gordon B. Davis, Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia dan mesin yang mampu memberikan informasi sedemikian rupa untuk menunjang jalannya operasional, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi/ perusahaan

James O’Brien

Menurut James O’Brien, Sistem Informasi Manajemen adalah kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh user atau manusia, hardware, software, jaringan komputer dan jaringan komunikasi data, dan juga database yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang suatu organisasi.

Joel D. Aron

Menurut Joel D. Aron, Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah sistem informasi yang memberikan informasi/data yang dibutuhkan oleh seorang manajer dalam mengambil keputusan.

James AF Stoner

Menurut James AF Stoner, Sistem Informasi Manajemen adalah metode formal yang memberikan pihak manajemen sebuah informasi yang tepat waktu, dapat dipercaya, dan dapat mendukung proses pengambilan keputusan bagi perencanaan, pengawasan, serta fungsi operasi sebuah organisasi yang lebih efektif.

Leonardo Hasahatan Siregar

Menurut Leonardo Hasahatan Siregar, pengertian sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem terstruktur yang digunakan untuk mengelola data secara komputerisasi. Didalam sistem informasi manajemen terdapat beberapa fungsi yang dibutuhkan yaitu pencarian pemuktahiran presentasi data dan penyimpanan data. Dengan demikian sistem informasi manajemen dapat digunakan untuk mempermudah penyusunan informasi manajemen (misal sekolah-sekolah) agar terstruktur dengan baik.

E.S Margianti & Suryadi H.S

Menurut Margianti dan Suryadi, pengertian sistem informasi manajemen adalah suatu sistem berdasarkan komputer yang menjadikan sebuah informasi dapat digunakan oleh para manajer untuk kebutuhan yang sama. Informasi yang terdapat pada sistem informasi manajemen biasanya berisi tentang segala bentuk kejadian di dalam perusahaan, yang merupakan kejadian pada masa lalu, saat ini, hingga prediksi.

Baca Juga : Sistem Akuntansi

Raymond Coleman

Menurut Raymond Coleman, pengertian sistem informasi manajemen yang efektif adalah seadainya sistem tersebut dapat memberikan data yang cermat, tepat waktu, dan yang penting artinya bagi perencanaan, analisis, dan pengendalian manajemen untuk mengoptimalkan pertumbuhan organisasi.

George M. Scott

Menurut George M. Scott, pengertian sistem informasi manajemen adalah sekumpulan sub-sistem informasi yang menyeluruh, terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang dapat mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan sifat dan gaya manajer atas dasar kriteria mutu yang telah disepakati.

Imam Prayogo Pujiono

Menurut Imam Prayogo Pujiono, pengertian sistem informasi manajemen adalah sistem yang dapat mengolah serta mengorganisasikan data dan informasi sehingga dapat menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk mendukung perencanaan, pengendalian dan pelaksanaan tugas dalam suatu organisasi.

The Ensiclopedia of Management

Menurut the ensiclopedia of management, pengertian sistem informasi manajemen adalah pendekatan yang direncanakan dan disusun untuk menghasilkan bantuan piawai yang memudahkan proses manajerial kepada pejabat pimpinan.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Tujuan sistem informasi manajemen diantaranya yaitu:

  • Untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan hingga menganalisa informasi lalu disebarkan untuk tujuan yang spesifik.
  • Untuk menyediakan informasi yang bisa mendukung pengambilan keputusan.
  • Informasi berguna dalam perencanaan, pengendalian, evaluasi dan juga perbaikan lanjutan.
  • Sistem informasi bisa digunakan sebagai dasar untuk perhitungan harga produk, jasa maupun untuk tujuan lainnya sesuai yang diinginkan manajemen.

Baca Juga : Pengertian Sistem

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Fungsi sistem informasi manajemen, diantaranya yaitu:

  • Mempermudah manajer untuk merencanakan, mengawasi, mengarahkan dan mendelegasikan pekerjaan kepada semua anggota tim melalui hubungan satu komando atau koordinasi.
  • Data menjadi lebih efektif dan efisien serta lebih akurat dan tepat waktu.
  • Dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas tapi menurunkan biaya organisasi.
  • Melalui sistem kerja yang terkoordinir dengan baik dan sistematis bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  • Menjadikan suatu proses perencanaan lebih efektif.
  • Memahami sistem informasi dan teknologi yang terbaru.
  • Mempermudah perencanaan dari pihak perusahaan dan manajemen.
  • Membantu mengurangi biaya dalam organisasi.
  • Menjadikan data yang lebih efektif dan tepat waktu.
  • Untuk menyediakan informasi yang berkelanjutan.
  • Semakin meningkatnya sumber daya manusia.
  • Untuk mengolah laporan dan data dalam organisasi.
  • Terkoordinirnya sistem kerja.
  • Untuk melancarkan semua kegiatan organisasi agar kegiatan siap tepat waktu.
  • Mempermudah pihak manajemen dalam pendelegasian kerja.
  • Untuk pengembangan suatu sistem yang efisien.
  • Untuk mengolah cek-cek nasabah.
  • Untuk mengetahui tingkatan level dari manajemen dan jenis keputusan yang akan di pilih.
  • Mengidentifikasi keterampilan manajemen bisnis.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Manfaat sistem informasi manajemen dalam perusahaan atau organisasi diantaranya yaitu:

  • Dapat menghasilkan suatu sistem yang berguna untuk organisasi.
  • Dapat mengurangi suatu ketidakpastian pada sistem.
  • Menjamin kualitas informasi secara kritis.
  • Meningkatnya aksesibilitas data.
  • Menjadikan investasi yang lebih terarah untuk pihak organisasi.
  • Menjadikan suatu informasi yang lebih bermanfaat bagi pihak organisasi.
  • Mengetahui informasi yang akan dibutuhkan.
  • Informasi lebih akurat.
  • Dapat mengambil tujuan yang tepat untuk organisasi dan dapat meningkatkan nilai jual dari perusahaan tersebut.
  • Semakin meningkatnya suatu produktivitas.
  • Terjaminnya kualitas sistem informasi.
  • Mempermudah mengolah transaksi.
  • Membuat keputusan manajemen lebih terarah.
  • Dapat memperbaiki aplikasi sistem informasi.
  • Mempermudah untuk melakukan suatu pengawasan yang lebih terarah.

Baca Juga : Pengertian Manajemen

Aktivitas Proses Sistem Informasi Manajemen

Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas seperti berikut;

Perencanaan

Yaitu rumusan mengenai metode kegiatan secara detail yang dilakukan untuk mencapai tujuan atau pun target akhir dari suatu organisasi. Perencanaan ini merupakan langkah-langkah detail untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

Pengendalian

Jika suatu perencanaan sudah dibuat dan sudah diterapkan oleh anggota suatu organisasi, maka manajer harus mengawasi pelaksanaan perencanaan tersebut agar bisa berjalan dengan baik dan tidak menyimpang dari jalur yang telah ditetapkan dalam perencanaan.

Pengambilan Keputusan

Yaitu pemilihan keputusan diantara berbagai macam alternatif yang ada. Proses ini merupakan hasil perencanaan dan pengendalian yang sudah dilakukan. Manajer harus memilih berbagai keputusan yang sudah ada agar tujuan perusahaan atau organisasi bisa tercapai.

Contoh Sistem Informasi Manajemen

Berikut ini contoh sistem informasi manajemen yang umum diterapkan dalam perusahaan atau organisasi, diantaranya yaitu:

  • Enterprise Resource Planning (ERP), yaitu sebuah sistem terintegrasi yang memudahkan manajemen dalam melakukan perencanaan terhadap sumber daya yang dimiliki.
  • Transaction Processing System (TPS) atau Sistem Pemrosesan Transaksi, yaitu contoh sistem informasi manajemen yang mencatat, mengumpulkan, menyimpan dan mengolah semua data transaksi bisnis yang telah dilakukan perusahaan.
  • Office Automation System (OAS) atau Sistem Otomatis, yaitu sistem informasi yang menggabungkan beberapa peralatan teknologi informasi yang berfungsi untuk menyimpan, mengolah dan mengirimkan data data dalam bentuk komunikasi elektronik (virtual).
  • Knowledge Work System (KWS) atau Sistem Kerja Pengetahuan, yaitu sistem informasi yang memanfaatkan pengetahuan baru untuk digunakan oleh perusahaan.
  • Decision Support System (DSS) atau Sistem Pendukung Keputusan, yaitu sistem informasi yang berbasis komputer yang mengamati lingkungan perusahaan dan menjadi informasi pendukung dalam pengambilan keputusan bisnis.
  • Expert System (ES) and Artificial Intelligent (AI)
  • Informatic Management System (IMS) atau Sistem Manajemen Informasi, yaitu sebuah aplikasi komputerisasi yang menyajikan informasi yang terpadu yang mengambil informasi dari beberapa database dan berbagai sumber. Informasi yang dihasilkan lebih detail, merangkum data informasi yang telah terpilih dan membantu dalam analisa pengambilan keputusan.

Baca Juga : Manajemen Operasional

  • Information Reporting System (IRS) atau Sistem Pelaporan Informasi, yaitu sistem informasi yang memberikan laporan mengenai produk perusahaan.
  • Group Decision Support System (GDSS) atau Sistem Pendukung Keputusan Kelompok, yaitu aplikasi interaktif terkomputerisasi dirancang secara khusus untuk memudahkan sekelompok orang dalam menghadapi masalah yang tidak terstruktur.
  • Executive Information System (EIS) atau Sistem Informasi Eksekutif, yaitu sistem informasi yang dipakai oleh jajaran ekskutif atau manajemen jajaran tingkat atas dalam perusahaan.
  • Supply Chain Management (SCM) atau Manajemen Rantai Pasokan, yaitu sistem informasi yang memberikan data terintegrasi mengenai serangkaian aktivitas yang berhubungan dengan koordinasi masing masing divisi, jadwal, pengawasan, pemasok bahan mentah, produksi, pengawasan persediaan hingga sampai pada pemasok, pengecer dan yang paling ujung adalah produk bisa dinikmati oleh konsumen.

Demikian pembahasan materi tentang pengertian sistem informasi manajemen secara lengkap, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.

Content Protection by DMCA.com