Pengertian Sistem Akuntansi, Tujuan dan Unsur Sistem Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Sistem Akuntansi – Kita sering mendengar istilah akuntansi dan juga mungkin banyak dari kalian sudah sering melakukan kegiatan yang berkaitan dengan akuntansi. Banyak yang mengenal akuntansi sebagai ilmu matematika yang berkaitan dengan menghitung uang. Kali ini kita akan membahas tentang pengertian sistem akuntansi secara umum dan menurut para ahli, tujuan sistem akuntansi dan unsur-unsur sistem akuntansi.

Pengertian Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi adalah metode dan prosedur untuk mencatat dan melaporkan informasi keuangan yang disediakan bagi perusahaan atau suatu organisasi bisnis.

Sistem akuntansi yang diterapkan dalam perusahaan besar sangat kompleks. Kompleksitas sistem tersebut disebabkan oleh kekhususan sistem yang dirancang untuk suatu organisasi bisnis sebagai akibat dari adanya perbedaan kebutuhan akan informasi oleh manajer, bentuk dan jalan transaksi laporan keuangan.

Sistem akuntansi terdiri atas dokumen bukti transaksi, alat-alat pencatatan, laporan dan prosedur yang digunakan perusahaan untuk mencatat transaksi-transaksi serta melaporkan hasilnya. Operasi suatu sistem akuntansi meliputi tiga tahapan, yaitu:

  • Harus mengenal dokumen bukti transaksi yang digunakan perusahaan, baik mengenai jumlah fisik maupun jumlah rupiahnya, serta data penting lainnya yang berkaitan dengan transaksi perusahaan.
  • Harus mengelompokkan dan mencatat data yang tercantum dalam dokumen bukti transaksi kedalam catatan akuntansi.
  • Harus meringkas informasi yang tercantum dalam catatan akuntansi menjadi laporan untuk manajemen dan pihak lain yang berkepentingan.

Pengertian Sistem Akuntansi (Accounting System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk menyusun serta menentukan bentuk-bentuk catatan serta laporan akuntansi (accounting) dan menyusun cara kerja (prosedure) yang akan digunakan dalam suatu perusahaan untuk mengumpulkan, mencatat serta menyusun ikhtisar dari data akuntansi (accounting) yang telah diperoleh.

Pengertian Sistem Akuntansi Menurut Para Ahli

Warren, Reeve dan Fees (2005: 234)
Menurut Warren, Reeve dan Fees, Sistem Akuntasi adalah metode dan prosedur untuk mengumpulkan, mengklarifikasi, mengikhtisarkan, dan melaporkan informasi kegiatan bisnis (operasional) dan keuangan sebuah perusahaan.

Baridwan (2000:6)
Menurut Baridwan, Sistem akuntansi adalah sebuah formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen.

Niswonger dkk (1999:182)
Menurut Niswonger dkk, Sistem akuntansi adalah sebuah metode dan prosedur untuk mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengikhtisarkan dan melaporkan infomasi mengenai keuangan dan operasi perusahaan.

Thesaurus
Menurut Thesaurus, Sistem akuntansi adalah daftar kronologis pemegang buku untuk debit dan mengkredit dari bisnis yang merupakan bagian dari buku rekening.

Mulyadi
Menurut Mulyadi, Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan hasil laporan yang di koordinasi sedemikian rupa guna menyediakan informasi keuangan yang memudahkan manajemen dalam pengelolaan perusahaan.

Tujuan Sistem Akuntansi

Menurut Mulyadi, tujuan sistem akuntansi yaitu:

  • Menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha atau bisnis yang baru.
  • Meningkatkan informasi yang dihasilkan oleh sistem terdahulu, baik mengenai mutu, keakuratan penyajian maupun struktur informasi yang terkandung.
  • Memperbaiki pengendalian akuntansi internal perusahaan untuk memperbaiki tingkat keandalan (reibility) informasi akuntansi untuk menyediakan catatan lengkap tentang pertanggungjawaban dan perlindungan terhadap kekayaan (asset) perusahaan.
  • Mengurangi biaya klerikal dalam penyusunan catatan akuntansi.

Unsur-Unsur Sistem Akuntansi

Menurut Mulyadi, terdapat beberapa unsur-unsur pokok sistem akuntansi, diantaranya yaitu:

Formulir
Formulir yaitu dokumen yang digunakan untuk mencatat/merekam kejadian transaksi. Di dalam formulir terdapat data transaksi dan ini dijadikan dasar dalam pencatatan.

Jurnal
Jurnal yaitu catatan akuntansi yang dilakukan untuk mencatat, mengelompokkan transaksi sejenis dan meringkas data keuangan lainnya. Hasil peringkasan data kemudian di lakukan posting ke rekening yang bersangkutan di dalam buku besar. Berikut bentuk-bentuk jurnal khusus yang sering digunakan diantaranya:

  • Jurnal Penerimaan Kas, yaitu jurnal yang disediakan khusus untuk mencatat transaksi penerimaan kas.
  • Jurnal Pengeluaran Kas, yaitu jurnal yang khusus disediakan untuk mencatat segala jenis pengeluaran kas.
  • Jurnal Pembelian, yaitu jurnal yang digunakan untuk mencatat pembelian secara kredit. Pembelian secara tunai masuk kedalam jurnal pengeluaran kas.
  • Jurnal Penjualan, yaitu jurnal yang disediakan khusus untuk mencatat transaksi penjualan secara kredit. Penjualan secara tunai dimasukkan dalam jurnal penerimaan kas.
  • Jurnal Umum, yaitu jurnal yang disediakan khusus untuk mencatat penyesuaian pembukuan, koreksi transaksi dan hal lain yang tidak dapat dicatat dalam jurnal khusus.

Buku Besar (General Ledger)
Buku besar terdiri dari kumpulan rekening yang berfungsi untuk meringkas data keuangan yang telah dicatat sebelumnya dalam jurnal. Rekening buku besar dianggap juga sebagai wadah penggolongan data keuangan untuk penyajian laporan keuangan.

Buku Pembantu (Subsidiary Ledger)
Buku pembantu berisi rekening-rekening pembantu dalam merinci data keuangan, contohnya seperti mengelompokkan jenis transaksi yang terjadi di suatu perusahaan satu dengan yang lainnya.

Laporan
Laporan yaitu hasil akhir dari proses akuntansi berupa neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan biaya pemasaran, laporan harga pokok produksi, laporan harga pokok penjualan, daftar hutang, daftar saldo persediaan.

Itulah artikel yang membahas tentang Pengertian Sistem Akuntansi, Tujuan dan Unsur Sistem Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan sebagai sumber literature dalam pembelajaran.

Content Protection by DMCA.com