pengertian sistem

Pengertian Sistem Menurut Ahli, Unsur dan Ciri-Ciri Sistem Paling Lengkap

Posted on

Pengertian Sistem – Pada dasarnya sistem adalah sekelompok unsur yang saling berhubungan satu dengan lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem berasal dari bahasa latin yaitu (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) yang berarti suatu kesatuan yang terdiri dari elemen atau komponen yang dihubungan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Jika diartikan dalam contoh sebuah negara. Negara dapat disebut sebagai kumpulan dari beberapa elemen seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara, sedangkan yang berperan sebagai penggeraknya adalah rakyat yang berada dalam negara tersebut.

Seringkali kita mendengar kata “sistem” dalam percakapan sehari-hari, seperti dalam sebuah forum diskusi atau sebuah dokumen. Untuk mengetahui lebih jelas tentang sistem, berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Sistem Menurut Ahli

1. Pengertian Sistem menurut Arifin Rahman
Menurut Arifin Ilham dalam kamus Webster New Collegiate Dictionary, sistem adalah sekumpulan beberapa pendapat (Collection of opinions), prinsip-prinsip, dan lain-lain yang telah membentuk satu kesatuan yang saling berhubungan antar satu sama lain.

2. Pengertian Sistem menurut Ludwig Von Bertallanffy
Menurut Ludwig Von Bertallanffy, sistem adalah kumpulan unsur yang berada pada kondisi yang saling berinteraksi.

3. Pengertian Sistem menurut Prajudi
Menurut Prajudi, sistem adalah suatu jaringan dari beberapa prosedur yang saling memiliki keterkaitan satu sama lain berdasarkan pola atau skema yang bulat untuk menggerakkan fungsi utama dan suatu usaha.

4. Pengertian Sistem Menurut W.J.S Poerwadarminta
Menurut W.J.S Poerwadarminta, sistem adalah sekelompok bagian atau alat yang saling bekerja sama untuk melakukan suatu perintah.

5. Pengertian Sistem Menurut Musanef
Menurut Musanef, sistem adalah suatu kesatuan yang utuh dari rangkaian yang berkaitan satu dengan lainnya.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Sistem adalah seperangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.

Dalam pengertian umum, sistem adalah sekumpulan hal atau elemen yang saling bekerja sama atau hal yang dihubungkan dengan cara tertentu sehingga membentuk kesatuan untuk melaksanakan suatu fungsi untuk mencapai tujuan.

Unsur-Unsur Sistem

Suatu kondisi hanya akan dikatakan sebagai sistem jika memiliki dan memenuhi beberapa unsur berikut ini.

  1. Ada kumpulan objek
  2. Terdapat hubungan dan interaksi antara unsur-unsur tersebut
  3. Ada suatu hal yang bersifat mengikat unsur-unsur menjadi satu kesatuan
  4. Terletak pada lingkungan yang utuh dan kompleks
  5. Adanya tujuan sebagai hasil akhir

Ciri-Ciri Sitem

1. Komponen Sistem
Sitem memiliki sebuah komponen yang saling bekerja sama demi membentuk satu kesatuan. Komponen sistem terdiri dari bagian sistem yang disebut dengan subsistem.

2. Batasan Sistem (Boundary)
Batasan sistem berfungsi sebagai area untuk membatasi suatu sistem dengan sistem lain atau lingkungan luar. Adanya sebuah batasan ini membuat kita dapat mengetahui apasaja ruang lingkup yang dimiliki oleh suatu sistem.

3. Lingkungan Luar Sistem
Lingkungan luar sistem merupakan lingkungan diluar batas sistem namun sedikit banyak mempengaruhi jalannya sistem.

4. Penghubung sistem (Interface)
Penghubung digunakan sebagai media untuk menghubungan satu subsistem dengan subsistem lainnya. Adanya penghubung tersebut membuat sumber daya dapat mengalir dengan mudah dari satu subsistem satu ke subsistem lainnya, yang nantinya output yang dihasilkan subsitem akan menjadi input untuk subsistem lain lewat penghubung sistem.

5. Masukan Sistem (Input)
Masukan atau sistem adalah energi yang dimasukkan pada sistem berupa perawatan dan input sinyal. Perawatan atau maintenance ini berguna agar sistem dapat berjalan, sedangkan sinyal adalah energi yang diproses untuk memperoleh keluaran.

6. Keluaran Sistem (Output)
Output adalah hasil energi yang diolah dan diklasifikasi menjadi output yang bermanfaat dan sisa pembuangan.

7. Pengolah Sistem
Pengolah sistem menjadi bagian yang mengubah input menjadi output. Seperti contoh sistem produksi akan mengolah bahan baku untuk menjadi bahan jadi.

8. Sasaran Sistem
Sasaran ini adalah tujuan dari sistem yang diolah. Sasaran tersebut akan menentukan input yang dibutuhkan oleh sistem dan keluatan yang akan dihasilkan sistem.

Itulah artikel lengkap yang membahas tentang Pengertian Sistem, Unsur dan Ciri-Ciri Sistem. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan sebagai sumber literature dalam pembelajaran.

Content Protection by DMCA.com