Apresiasi Seni : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis, Tahapan dan Contoh Apresiasi Seni Rupa

Posted on

Pengertian Apresiasi Seni Rupa – Apa yang dimaksud dengan apresiasi seni? Bagaimana cara mengapresiasi seni? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian apresiasi seni, manfaat, tujuan, jenis dan tahapan apresiasi seni secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Seni

Pengertian Apresiasi Seni

Secara etimologi, apresiasi berasal dari Bahasa Latin yaitu appretiatus yang berarti penilaian atau penghargaan. Appreciate dalam Bahasa Inggris berarti menentukan nilai, melihat karya, menikmati lalu menyadari keindahan karya seni tersebut dan menghayati. Sedangkan, pengertian seni rupa adalah cabang seni yang membentuk suatu karya seni dengan media yang bisa dilihat dengan mata dan bisa dirasakan dengan rabaan. Kesan tersebut diciptakan dengan cara mengolah unsur seni seperti titik, garis, bidang, warna, tekstur dan juga pencahayaan.

Secara umum, pengertian apresiasi seni adalah aktivitas mengindra karya seni, merasakan, menikmati, menghayati dan menghargai nilai keindahan dalam karya seni serta menghormati keberagaman konsep dan variasi konvensi artistik eksistensi dunia seni.

Definisi apresiasi seni adalah suatu proses penghayatan suatu karya seni yang dihormati serta penghargaan pada karya seni tersebut dan pembuatnya. Secara umum, apresiasi seni bisa diartikan sebagai kesadaran menilai melalui cara menghayati suatu karya seni.

Pengertian Apresiasi Seni Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian apresiasi seni menurut KBBI adalah penilaian baik, penghargaan, misalnya terhadap karya-karya sastra ataupun karya seni.

Alfred North Whitehead (Jarrett, 1991: 157)

Pengertian apresiasi seni menurut Alfred North Whitehead adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh sesuatu (untuk memahami sesuatu), berpartisipasi di dalamnya, dan penilaian secara keseluruhannya.

Baca Juga : Pengertian Seni Rupa

Hornby dalam Sayuti (1985:2002)

Pengertian apresiasi seni menurut Hornby dalam Sayuti adalah pemahaman dan pengenalan yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian

Elliyati (2004)

Menurut Elliyati, Apresiasi seni karya sastra adalah kegiatan mengakrabi karya sastra secara bersungguh-sungguh. Sehubungan dengan itu, apresiasi memerlukan kesungguhan penikmat sastra dalam mengenali, menghargai, dan menghayati, sehingga ditemukan penjiwaan yang benar-benar dalam.

Aminuddin (1987)

Menurut Aminuddin, Apresiasi berasal dari bahasa Inggris “appreciation” yang berarti penghargaan, penilaian, pengertian, bentuk itu berasal dari kata kedua “to aprreciate” yang berarti menghargai, menilai, mengerti. Apresiasi mengandung makna pengenalan melalui perasaan atau kepekaan batin, dan pengakuan terhadap nilai-nilai keindahan yang diungkapkan pengarang.

Manfaat Apresiasi Seni Rupa

Manfaat apresiasi seni rupa diantaranya yaitu:

  • Agar bisa mengenal suatu bentuk karya seni rupa.
  • Agar bisa meningkatkan dan memupuk kecintaan terhadap suatu karya seni, baik karya seni dalam maupun luar negeri.
  • Sebagai sarana untuk melakukan penilaian, penikmatan, empati, hiburan serta edukasi.
  • Agar mampu menimbulkan hubungan timbal balik yang positif antara penikmat karya seni dan pencipta.
  • Agar mendapatkan pengalaman dan ilmu baru saat menikmati karya seni rupa dan sebagai suatu bekal untuk menciptakan serta mengembangkan suatu karya seni yang lebih baik dan berkualitas di kemudian hari.

Baca Juga : Pengertian Seni Sastra

Tujuan Apresiasi Seni Rupa

Tujuan apresiasi seni rupa adalah agar masyarakat tahu apa, bagaimana dan alasan dari karya seni tersebut diciptakan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tujuan apresiasi seni rupa adalah agar masyarakat bisa menanggapi, menghayati dan menilai suatu karya. Selain itu, tujuan apresiasi seni rupa adalah untuk mengembangkan nilai estetika dari suatu karya seni, serta mengembangkan kreasi dan untuk suatu penyempurnaan hidup.

Jenis-Jenis Apresiasi Seni Rupa

Berikut jenis-jenis bentuk apresiasi seni, diantaranya yaitu:

Apresiasi Empatik

Apresiasi empatik adalah menilai atau menghargai suatu karya seni yang bisa ditangkap dengan sebatas indrawi saja.

Apresiasi Estetis

Apresiasi estetis adalah menilai atau menghargai suatu karya seni dengan melibatkan pengamatan dan penghayatan yang mendalam.

Apresiasi Kritik

Apresiasi kritik adalah menilai atau menghargai suatu karya seni dengan melibatkan klasifikasi, deskripsi, analisis, tafsiran dan evaluasi serta menyimpulkan hasil penilaian atau penghargaannya. Apresiasi yang satu ini dapat dilakukan dengan mengamati suatu benda secara langsung dan nyata.

Tahapan Apresiasi Seni Rupa

Tahapan cara mengapresiasi seni rupa, diantaranya yaitu:

Pengamatan

Pengamatan terhadap suatu karya seni ini tidak dilakukan dengan satu indera saja. Akan tetapi, dengan memberdayakan seluruh pribadi. Maksudnya, apresiasi ini juga dilakukan dengan ketajaman pengamatan seseorang serta pengetahuan ilmu seni.

Baca Juga : Pengertian Seni Musik

Aktivitas Fisiologis

Aktivitas fisiologis adalah tindakan nyata dalam melakukan suatu pengamatan.

Aktivitas Psikologis

Aktivitas psikologis adalah persepsi dengan evaluasi yang kemudian bisa menimbulkan suatu interpretasi imajinatif sebagai pendorong kreativitas.

Aktivitas Penghayatan

Aktivitas penghayatan bisa dilakukan dengan mengamati suatu objek karya seni secara mendalam.

Aktivitas Penghargaan

Aktivitas penghargaan adalah suatu evaluasi terhadap objek dengan menyampaikan saran atau kritikan.

Contoh Apresiasi Seni

Berikut beberapa contoh kegiatan apresiasi seni diantaranya yaitu:

  • Menyaksikan pertunjukan seni.
  • Mengkritisi karya seni dengan bahasa yang baik dan sopan.
  • Memberikan penilaian yang tepat.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian apresiasi seni, manfaat, tujuan, jenis dan tahapan apresiasi seni secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.

Content Protection by DMCA.com