Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Contoh Seni Rupa Murni

Posted on

Pengertian Seni Rupa Murni – Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk suatu karya seni dengan media yang bisa dilihat dengan mata dan bisa dirasakan dengan rabaan. Kesan tersebut diciptakan dengan mengolah unsur seperti titik, garis, bidang, warna, tekstur, dan juga pencahayaan.

Baca Juga : Pengertian Seni

Dilihat dari fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan. Apa itu seni rupa murni? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang seni rupa murni atau fine art, mulai dari pengertian, fungsi hingga contoh seni rupa murni.

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni (Fine Art) adalah seni yang dikembangkan untuk dinikmati keindahannya. Seni murni mengutamakan sifat estetikanya dibandingkan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Seni Murni biasanya termasuk bentuk seni visual dan seni pertunjukan. Seni rupa murni ini sering dikaitkan dengan bentuk seni visual.

Definisi seni rupa murni (Fine Art) adalah salah satu cabang seni yang menghasilkan karya yang lebih menitikberatkan pada keindahan untuk dinikmati saja atau ekspresi jiwa. Dalam pembuatannya, seni rupa murni berfokus pada nilai keindahan atau estetisnya saja dan tidak mempedulikan nilai-nilai praktis dari karya yang dibuat.

Seni rupa murni memiliki nilai keindahan tinggi dalam membuatnya. Meski fungsinya hanya sebagai hiasan atau pajangan saja. Banyak jenis seni rupa murni yang dapat menambah keindahan saat dipajang atau dijadikan hiasan dinding rumah atau kantor.

Fungsi dan Tujuan Seni Rupa Murni (Fine Art)

Fungsi seni rupa murni adalah sebagai hiasan atau pajangan saja. Tujuan seni rupa murni ini hanya berpaku pada pengindah (nilai estetika dan nilai artistik) dan tidak bisa digunakan dalam mempermudah kehidupan (nilai kegunaan).

Lebih lengkapnya, fungsi seni rupa murni diantaranya yaitu:

Untuk Memperindah Sebuah Media

Jenis seni rupa murni diterapkan untuk memperindah sebuah media yang awalnya terlihat biasa saja menjadi luar biasa. Contoh sederhananya sebuah kertas putih polos dan tampak tidak menarik diberikan gambar di atasnya maka akan memperindah kertas polos tadi.

Menyalurkan Kreatifitas Seniman

Manusia memiliki kreatifitas yang tidak terbatas, salah satu cara yang baik untuk menyalurkan kreatifitas tersebut yakni melalui seni rupa yang menuangkan keindahan.

Baca Juga : Pengertian Seni Rupa

Menyampaikan Sebuah Pesan Penting

Jenis seni rupa murni bisa digunakan untuk menyampaikan pesan penting. Pesan penting tersebut adalah pesan yang ingin disampaikan oleh seniman melalui lukisan atau guratan yang dibuatnya. Pesan ini terkadang bisa langsung terbaca dan terkadang hanya tersirat.

Contoh Seni Rupa Murni (Fine Art)

Contoh bentuk karya seni rupa murni diantaranya lukisan, kaligrafi, dan patung. Berbeda dengan seni terapan, seni murni tidak untuk dimanfaatkan sebagai alat bantu lain. Yang dimanfaatkan pada seni rupa murni adalah nilai keindahannya. Menurut sejarah, 5 seni murni terbesar adalah lukisan, patung, arsitektur, musik dan puisi dengan seni seni minor termasuk drama dan tari.

Berikut contoh bentuk karya seni rupa murni selengkapnya:

Lukisan

Lukisan adalah suatu karya seni yang sengaja dibuat dengan cara menggoreskan cat dengan kuas atau dengan peralatan lain dan kanvas sebagai medianya. Lukisan banyak dibuat oleh para pelukis-pelukis terkenal dengan harga tiap lukisan bisa mencapai jutaan bahkan ratusan juta. Lukisan merupakan contoh seni rupa murni karena hanya sekedar hiasan dinding atau pajangan.

Relief

Relief adalah seni rupa murni berupa gambar atau lukisan yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi atau trimata, yang berada di atas bidang dua dimensi atau dwi mata. Biasanya relief terdapat pada tugu-tugu peringatan dan juga terdapat pada candi. Pada umumnya relief berisi dengan diorama serta memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Patung

Patung adalah karya seni murni yang merupakan ekspresi dari jiwa manusia. Biasanya orang yang membuat patung berbentuk visual yang membentuk tiga dimensi. Tujuan utama membuat patung yaitu keindahan. Pada umumnya patung berbentuk manusia, hewan, dan lain sebagainya. Di Indonesia banyak sekali patung yang bisa dilihat dan dinikmati keindahannya. Seperti patung-patung di candi borobudur di pura-pura, atau di tempat-tempat sejarah lainnya.

Seni Grafis

Seni grafis adalah bagian dari seni rupa murni yang sekaligus seni rupa terapan. Fungsi seni grafis ini diperuntukkan sebagai sarana ilustrasi maka merupakan seni rupa terapan. Namun jika digunakan sebagai hiasan maka termasuk seni rupa murni.

Seni Fotografi

Seni fotografi adalah salah satu jenis seni rupa murni yang berkembang karena kemajuan teknologi kamera. Fotografi banyak disukai oleh banyak kalangan sebagai media mengekspresikan diri. Objek yang difoto menggunakan karena akan semakin indah jika dipadukan dengan seni fotografi ini.

Baca Juga : Pengertian Seni Sastra

Kaligrafi

Kaligrafi adalah salah satu jenis seni rupa murni 2 dimensi yang hanya berfungsi sebagai penghias semata. Biasanya kaligrafi ini dipajang di masjid, atau rumah-rumah orang islam. Kaligrafi banyak ditemukan sebagai penghias dinding

Topeng

Topeng adalah salah satu bentuk seni rupa murni jika hanya dipajang di dinding. Selain itu topeng dipakai sebagai properti tari atau kebutuhan lainnya. Seni rupa jenis ini digunakan untuk mengekspresikan suasana hati manusia dan yang menambah nilai keindahan didalam rumah.

Mozaik

Mozaik adalah salah bentuk seni merangkai pecahan atau potongan kecil batu, keramik atau kaca untuk dijadikan sebuah karya baru yang indah dilihat. Mozaik bisa menjadi sebuah karya seni rupa murni karena saat dipajang di dinding akan lebih indah.

Ukiran

Ukiran adalah jenis seni memahat batu atau kayu untuk dijadikan suatu karya seni yang di inginkan dengan memperlihatkan keindahan. Kebanyakan karya seni ukir berbentuk makhluk hidup, bunga atau kehidupan. Ukiran dapat digunakan sebagai hiasan di dalam rumah atau perkantoran.

Kerajinan Keramik

Kerajinan keramik adalah kerajinan yang memperlihatkan keindahan dan bahannya dari keramik. Kerajinan keramik ini bisa berbentuk guci, vas bunga, atau bentuk lain. Biasanya akan di ukir dengan warna-warna yang indah. Bentuk kerajinan keramik yang paling sering dijumpai di masyarakat adalah guci dan vas bunga.

Perbedaan Seni Rupa Murni Dan Seni Rupa Terapan

Perbedaan mendasar antara seni rupa murni dan seni rupa terapan yaitu ada pada bagaimana karya seni tersebut digunakan. Seni rupa murni merupakan seni yang menitik beratkan pada keindahan dan ekspresi jiwa (nilai estetika dan nilai artistik) sedangkan seni rupa terapan adalah karya seni yang tidak menitik beratkan pada keindahan saja tapi juga fungsinya atau kegunaannya dalam mempermudah kehidupan (nilai kegunaan).

Baca Juga : Pengertian Seni Musik

Demikian pembahasan tentang seni rupa murni, mulai dari pengertian seni rupa murni, fungsi, tujuan dan contoh seni rupa murni secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.

Content Protection by DMCA.com