Pengertian Seni Menurut Pendapat Para Ahli dan Jenis Seni Paling Lengkap

Posted on

Pengertian Seni Menurut Pendapat Para Ahli – Seni memiliki peranan yang penting bagi kehidupan manusia, karena hidup akan lebih berwarna dengan adanya seni.  Seni berasal dari bahasa sanskerta “sani” yang berarti pemujaan, persembahan. dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Seni secara umum adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan serta mampu membangkitkan perasaan orang lain.

Ada banyak pendapat mengartikan pengertian seni, dan semakin berkembangnya zaman membuat para ahli turut mengemukakan pendapatnya mengenai definisi seni. Untuk itu berikut ini akan dijabarkan pengertian seni menurut pendapat para ahli.

Pengertian Seni Menurut Ahli

1. Pengertian Seni Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seni mengandung tiga poin pengertian, dimana didalamnya menyatakan bahwa seni mempunyai pengetian:

  • Halus, kecil & halus, tipis & halus, lembut & enak di dengar, serta mungil & elok.
  • Keahlian membuat karya yang bermutu.
  • Kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi atau (luar biasa) orang yang berkesanggupan luar biasa.

2. Pengertian Seni Menurut Ensiklopedi Indonesia
Menurut Ensiklopedi Indonesia, seni adalah ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang akan senang untuk melihat ataupun mendengarkanya.

3. Pengertian Seni Menurut James Murko
Menurut James Murko, seni adalah penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat dianggap oleh indra pendengar (seni suara), penglihatan (seni lukis), atau dilahirkan dengan perantaraan gerak (seni tari, drama).

4. Pengertian Seni Menurut Ki Hajar Dewantara
Menurut Ki Hajar Dewantara, seni adalah hasil keindahan yang dapat menggerakan perasaan indah orang yang melihatnya. Menurut beliau, perbuatan manusia yang dapat menimbulkan perasaan indah dapat dikategorikan sebagai seni.

5. Pengertian Seni Menurut Sartono Kartodirdjo
Menurut Sartono Kartodirdjo, seni adalah sebuah sistem yang koheren, karya bisa menjalankan komunikasi secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menunjukkan secara universal.

6. Pengertian Seni Menurut Drs. Sudarmaji
Menurut Drs. Sudarmaji, seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

7. Pengertian Seni Menurut Aristoteles
Menurut Aristoteles, seni adalah hasil peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.

8. Pengertian Seni Menurut Popo Iskandar
Menurut Popo Iskandar, seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok.

9. Pengertian Seni Menurut Prof. DR. George R. Terry
Menurut Prof. DR. George R. Terry, seni adalah kekuatan pribadi seseorang yang kreatif, ditambah dengan keahlian yang bersangkutan dalam menampilkan tugas pekerjaannya.

10. Pengertian Seni Menurut Ira Ardianti
Menurut Ira Ardianti, seni adalah sebuah proses dan produk dalam memilih media, suatu pemikiran peraturan untuk menggunakan media itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dituangkan melalui ekspresi lewat media itu, baik berupa gagasan, sensasi, perasaan, maupun kepercayaan dengan cara yang seefektif mungkin.

11. Pengertian Seni Menurut Nanang Rizali
Menurut Nanang Rizali, seni adalah manifestasi dari kebudayaan sebagai hasil karya cipta manusia yang meliputi seni tari, seni musik, seni drama, seni rupa, dan lain-lain.

12. Pengertian Seni Menurut Padmapuspitha
Menurut Padmapuspitha, seni adalah kemampuan luar biasa yang dimiliki atau dibawa sejak lahir. Sedangkan berdasarkan kajian ilmu, seni adalah suatu media yang dapat melakukan suatu aktivitas tertentu.

13. Pengertian Seni Menurut Al-Farabi
Menurut Al-Farabi, seni adalah ciptaan yang berbentuk keindahan.

14. Pengertian Seni Menurut Drs. H. Inu Kencana Syafiie, M.Si.
Menurut Drs. H. Inu Kencana Syafiie, M.Si. , seni adalah kemampuan dan kemahiran seseorang untuk mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yang dimilikinya yang bersangkutan dengan tugas dan fungsinya sebagai seniman.

15. Pengertian Seni Menurut Irma Damayanti
Menurut Irma Damayanti, seni adalah intisari ekspresi dari berbagai kreativitas manusia.

16. Pengertian Seni Menurut Al-Ghazali
Menurut Al-Ghazali, seni adalah hasil kerja yang dilahirkan jiwa dan rasa manusia sesuai dengan fitrahnya.

17. Pengertian Seni Menurut Plato dan Rousseau
Menurut Plato dan Rousseau, seni adalah suatu hasil peniruan yang ada di alam dengan segala seginya.

18. Pengertian Seni Menurut Yekti Herlina
Menurut Yekti Herlina, seni adalah media penyampaian pesan dari seniman kepada orang lain dengan tujuan mempengaruhi pikirannya.

19. Pengertian Seni Menurut Ahdian Karta Miharja
Menurut Ahdian Karta Miharja, seni adalah kegiatan rohani yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya dapat membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.

20. Pengertian Seni Menurut Schopenhauer
Menurut Schopenhauer, seni adalah setiap usaha dalam menciptakan segala bentuk yang dapat menyenangkan perasaan.

21. Pengertian Seni Menurut Koentjaraningrat
Menurut Koentjaraningrat, seni adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

22. Pengertian Seni Menurut Eric Ariyanto
Menurut Eric Ariyanto, seni adalah suatu kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

23. Pengertian Seni Menurut William A. Haviland
Menurut William A. Haviland, seni adalah penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

24. Pengertian Seni Menurut Harry Sulastianto
Menurut Harry Sulastianto, seni adalah suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide dan pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan dan imajinasi pandangan akan suatu benda dan suasana, atau karya yang dapat menumbuhkan rasa indah sehingga mampu menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.

25. Pengertian Seni Menurut Leo Tolstoy
Menurut Leo Tolstoy, seni adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan seniman.

26. Pengertian Seni Menurut Chartin Muler
Menurut Chartin Muler, seni adalah sesuatu yang dihasilkan dari unsur rasa yang berhubungan dengan karya cipta seseorang.

27. Pengertian Seni Menurut Nandawan L. Hasanah
Menurut Nandawan L. Hasanah, seni adalah suatu ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia yang memiliki unsur keindahan kemudian diungkapkan dalam sebuah media yang nyata dan bisa dinikmati oleh seluruh panca indera manusia.

28. Pengertian Seni Menurut Nuning Y. Damayanti
Menurut Nuning Y. Damayanti, seni adalah proses dari manusia dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu.

29. Pengertian Seni Menurut Alexander Baum Garton
Menurut Alexander Baum Garton, seni adalah keindahan dan tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

30. Pengertian Seni Menurut Thomas Munro
Menurut Thomas Munro, seni adalah alat buatan manusia yang menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya berupa tanggapan-tanggapan.

31. Pengertian Seni Menurut Emanuel Kant
Menurut Emanuel Kant, seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.

32. Pengertian Seni Menurut Kottak
Menurut Kottak, seni adalah kualitas, hasil ekspresi, alam keindahan, atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis.

33. Pengertian Seni Menurut Ahmad Zaenuri
Menurut Ahmad Zaenuri, seni adalah usaha seniman dalam mengalihkan energi psikis dan pencapaian kepuasan yang dapat diterima oleh dunia eksternal.

34. Pengertian Seni Menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi
Menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi, Seni adalah gerakan batin dengan pengalaman gaya yang dikomunikasikan dalam struktur yang mulia, memiliki kemampuan untuk memanggil perasaan keajaiban dan perasaan.

35. Pengertian Seni Menurut J.J. Hogman
Menurut J.J. Hogman, Seni adalah sesuatu yang mempunyai unsur ide, aktivitas, dan artefak.

Jenis-Jenis Seni

Jika diartikan secara umum, seni adalah segala sesuatu yang menampilkan keindahan yang membuat seseorang yang melihat menajdi terkesan. Seni dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Seni Rupa
    Seni rupa adalah hasil karya yang menciptakan bentuk sehingga dapat dinikmati secara visual. Seni rupa dibagi menjadi beberapa bagian yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni.
  • Seni Musik
    Seni musik adalah seni yang menghasilkan harmoni dan bunyi ritme indah yang dinikmati dengan mendengarkannya. Ada banyak jenis seni musik yang dapat dinikmati seperti seni musik dari alat musik yang dimainkan dan menyanyi yang dihasilkan dari suara manusia.
  • Seni Tari
    Seni tari adalah seni yang dihasilkan dengan mengsinergikan gerakan tubuh sehingga menghasilkan keindahan bagi yang melihatnya.
  • Seni Teater
    Seni teater adalah seni yang dihasilkan dengan mengekspresikan imajinasi yang ada dalam pikiran yang berhubungan erat dengan sikap manusia sebagai masyarakat, kelompok, atau individu.
  • Seni Sastra
    Seni sastra adalah segala macam bentuk hasil kreasi dan imajinasi yang dinikmati dari segi visual serta dari makna seni itu sendiri.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Seni Menurut Pendapat Para Ahli dan Jenis Seni yang bisa dijadikan sebagai sumber literatur untuk anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia pendidikan, khususnya Bahasa Indonesia.

Content Protection by DMCA.com