Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor Penyebab, Dampak, Cara Mengatasi dan Contoh Kesenjangan Sosial

Posted on

Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor Penyebab, Dampak, Cara Mengatasi dan Contoh Kesenjangan Sosial – Kalian mungkin sering mendengar istilah kesenjangan sosial, apa yang dimaksud dengan kesenjangan sosial? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian kesenjangan sosial, faktor penyebab, dampak akibat, contoh dan juga cara mengatasinya.

Pengertian Kesenjangan Sosial

Pengertian kesenjangan sosial adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakseimbangan sosial atau ketimpangan sosial dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok antar masyarakat.

Baca Juga : Ketimpangan Sosial

Definisi kesenjangan sosial adalah suatu keadaan atau kondisi yang tidak seimbang dalam kehidupan sosial masyarakat, baik individu maupun kelompok dimana terjadi ketidakadilan atau ketidak setaraan distribusi yang dianggap penting dalam masyarakat

Kesenjangan sosial ditandai dengan adanya peluang dan manfaat yang tidak sama untuk posisi sosial yang berbeda dalam suatu status atau kelompok masyarakat. Kesenjangan sosial dapat dilihat dari tidak samanya proporsi barang atau jasa, imbalan, kekayaan, kesempatan dan hukum yang didapatkan antar masyarakat.

Kesenjangan sosial terjadi ketika sumber daya yang ada dalam suatu masyarakat tidak tersebar secara merata, yang menimbulkan pola-pola khusus berdasarkan kategori yang ditetapkan secara sosial. Kesenjangan sosial dihasilkan oleh perbedaan kekuasaan, agama, kekerabatan, martabat, ras, etnisitas, gender, usia dan golongan. Kesenjangan sosial berkaitan dengan kesenjangan ekonomi, yang biasanya dideskripsikan atas dasar distribusi pemasukan atau kekayaan yang tidak merata, merupakan jenis kesenjangan sosial yang sering diteliti. Ilmu ekonomi dan sosiologi secara aktif menggunakan pendekatan-pendekatan yang berbeda untuk meneliti dan menjelaskan kesenjangan ekonomi.

Pengertian kesenjangan sosial ekonomi adalah sebuah gejala yang muncul dalam masyarakat karenaa adanya perbedaan kemampuan finansial dan lain sebagainya antara masyarakat yang hidup di suatu wilayah tertentu.

Pengertian kesenjangan ekonomi adalah terjadinya ketimpangan dalam distribusi pendapatan antara kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi dan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah.

Baca Juga : Integrasi Sosial

Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli

Wikipedia

Menurut wikipedia, kesenjangan sosial ekonomi berhubungan dengan kesenjangan pendapatan, kekayaan, dan jurang pemisah antara kaya dan miskin, mengacu pada persebaran ukuran ekonomi di antara individu dalam kelompok, kelompok dalam populasi, atau antarnegara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian kesenjangan sosial menurut KBBI adalah ketidakseimbangan, perbedaan, jurang pemisah, yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Robert Chambers

Pengertian kesenjangan sosial ekonomi menurut Robert Chambers adalah gejala yang timbul di dalam masyarakat karena adanya perbedaan batas kemampuan finansial dan yang lainnya di antara masyarakat yang hidup di sebuah wilayah tertentu.

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial Ekonomi

Perbedaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam berhubungan erat dengan tingkat perekonomian suatu daerah. Apabila dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan baik, maka laju perekonomian suatu daerah akan meningkat dan sebaliknya, tingkat perekonomian suatu daerah rendah apabila masyarakat tidak dapat memanfaatkan sumber daya alam secara maksimal.

Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah bisa menyebabkan kesenjangan sosial. Contohnya kebijakan tentang program transmigrasi. Ketika warga pendatang lebih cepat maju dibandingkan dengan warga asli, maka ketimpangan sosial dapat terjadi. Ketimpangan ini terjadi karena ada ketidaksetaraan antara dua kelompok yang seharusnya dapat berkembang bersama.

Baca Juga : Geografi Sosial

Pengaruh Globalisasi

Masyarakat yang bisa menyikapi globalisasi dengan tepat akan mampu memanfaatkan globalisasi untuk mencapai kemajuan. Sedangkan, masyarakat yang tidak dapat memanfaatkan globalisasi dengan tepat maka tidak akan mampu mengambil kesempatan yang ditawarkan globalisasi bahkan mengalami ketertinggalan.

Faktor Demografis

Kondisi Demografis menunjukan tingkat pertumbuhan dan struktur kependudukan, tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, perbedaan kondisi ketenaga kerjaan, serta segala hal yang berkaitan dengan penduduk. Perbedaan kondisi demografis suatu daerah dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan sosial karena perbedaan produktivitas kerja masyarakat setiap daerah.

Letak dan Kondisi Geografis

Letak dan kondisi geografis Indonesia mempengaruhi tingkat pembangunan suatu masyarakat. Masyarakat yang tinggal di dataran rendah umumnya lebih mudah membangun berbagai infrastruktur, sementara masyarakat yang tinggal dataran tinggi membutuhkan waktu dan proses panjang dalam pembangunan karena terkendala kondisi alam yang menanjak dan tidak merata.

Selain faktor diatas, ada faktor lain yang menyebabkan kesenjangan sosial diantaranya yaitu:

  • Menurunnya pendapatan per kapita.
  • Ketidakmerataan pembangunan antar daerah.
  • Rendahnya mobilitas sosial.
  • Pencemaran lingkungan alam.

Dampak Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial dapat memberikan dampak positif dan negatif. Berikut ini akibat kesenjangan sosial atau dampak adanya kesenjangan sosial, diantaranya yaitu:

Dampak positif adanya kesenjangan sosial, diantaranya yaitu:

  • Menghilangkan kondisi pemicu stress.
  • Merileksasikan baik jiwa dan raga.
  • Mempercepat proses aktivitas manusia.
  • Menyebabkan pembagian kerja yang lebih merata.

Baca Juga : Fakta Sosial

Dampak negatif adanya kesenjangan sosial, diantaranya yaitu:

  • Menumbuhkan sifat malas.
  • Ketidakpuasan terhadap sesuatu.
  • Mudah putus asa yang menghambat mobilitas kerja.
  • Timbulnya Kecemburuan sosial.
  • Banyak terjadi tindak kriminalitas.

Lebih lengkapnya, dampak kesenjangan sosial diantaranya yaitu:

Kemiskinan dan Pengangguran

Kesenjangan sosial ditandai dengan angka kemiskinan dan pengangguran yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Apabila masyarakat miskin dan menganggur mendominasi di suatu negara, maka pendapatan mereka juga sangat rendah.

Dengan pendapatan yang tidak pasti dan cenderung sangat rendah membuat daya beli masyarakat terhadap kebutuhan sekunder akan menurun. Kondisi tersebut bisa menyebabkan keuntungan perusahaan tidak optimal.

Target Pasar yang Tidak Jelas

Apabila terjadi ketimpangan yang signifikan di antara masyarakat maka akan membuat target pasar perusahaan tidak jelas arahnya. Jika perusahaan memiliki target pasar untuk kalangan menengah ke bawah, maka akan cenderung merugikan perusahaan karena daya beli mereka cenderung tidak stabil.

Namun meski perusahaan memiliki target pasar untuk kalangan menegah keatas, tidak menjamin perusahaan akan mengalami keuntungan. Mengingat kalangan elit di negara Indonesia lebih menyukai belanja produk luar negeri dibanding dari industri dalam negeri.

Sulit Mencari Tenaga Kerja yang Kompeten

Kenyataannya meski banyak pengangguran di Indonesia, tapi banyak perusahaan yang mengaku kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkompeten. Kesenjangan sosial menyebabkan tingkat dan kualitas pendidikan masyarakat banyak yang berada di bawah rata-rata.

Walaupun banyak yang bergelar sarjana, tapi nyatanya keahlian mereka banyak yang belum dibutuhkan di negara ini terlebih mereka yang masih fresh graduate.

Baca Juga : Gejala Sosial

Semakin Banyak Tindak Kejahatan

Kasus kejahatan di Indonesia dapat dikatakan sangat tinggi bahkan saat ini banyak kasus kejahatan dari hacker yang merugikan perusahaan besar karena meretas data-data penting perusahaan.

Tingginya tidak kriminal di masyarakat bisa terjadi karena permasalahan finansial akibat kesenjangan sosial. Hingga kini ekonomi adalah salah satu faktor terbesar yang menyebabkan seseorang atau sekelompok orang berbuat kejahatan.

Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial Ekonomi

Berikut ini solusi kesenjangan sosial ekonomi yang dapat dilakukan pemerintah, diantaranya yaitu:

  • Memberikan kesempatan yang sama pada masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang layak baik itu si kaya ataupun si miskin.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak mungkin.
  • Melakukan pemerataan pembangunan di semua daerah.

Contoh Kesenjangan Sosial

Berikut ini beberapa contoh kesenjangan sosial dalam kehidupan sehari-hari:

  • Ketidakadilan hukum; koruptor yang memakan uang rakyat hingga milyaran rupiah hanya ditahan selama 3 tahun sedangkan orang yang maling ayam dapat ditahan hingga 5 tahun.
  • Fasilitas umum; Tidak adanya fasilitas transportasi yang cukup layak untuk penderita cacat.
  • Perlakuan sosial; Orang yang berpenampilan dengan pakaian mahal dan bagus diperlakukan dengan sangat baik oleh pelayan berbeda dengan orang yang berpenampilan biasa saja.
  • Orang yang tidak bergelar sarjana sulit mendapatkan pekerjaan yang layak padahal tidak semua ilmu yang diajarkan di perguruan tinggi tersebut akan digunakan di bidang pekerjaan tersebut.

Baca Juga : Realitas Sosial

  • Kualitas pendidikan di daerah terpencil tidak layak dan tidak seimbang dengan kualitas pendidikan di kota-kota besar, padahal kurikulum dan soal ujian nasionalnya sama.
  • Orang yang berpakaian mahal dan necis dengan penampilan klimis diperlakukan dengan baik oleh pelayan dibandingan dengan orang yang berpakaian apa adanya.
  • Mobil BMW dan Mercy di Indonesia disediakan parkir khusus VIP dan mendapatkan perlakuan berbeda dengan mobil lainnya.

Demikian artikel pembahasan tentang kesenjangan sosial ekonomi mulai dari pengertian kesenjangan sosial, faktor penyebab, dampak akibat, cara mengatasi dan juga contohnya.

Content Protection by DMCA.com