Gejala Sosial : Pengertian, Faktor Penyebab, Jenis, Dampak dan Contoh Gejala Sosial Lengkap

Posted on

Pengertian, Faktor Penyebab, Jenis, Dampak dan Contoh Gejala Sosial – Apa yang dimaksud dengan gejala sosial? Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas artikel tentang gejala sosial mulai dari pengertian gejala sosial, penyebab, macam jenis, dampak dan contoh gejala sosial di masyarakat.

Pengertian Gejala Sosial

Pengertian gejala sosial adalah masalah sosial yang memengaruhi dan dipengaruhi oleh perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Gejala sosial juga dapat diartikan sebagai fenomena sosial.

Definisi gejala sosial (social symptom) adalah suatu fenomena yang ditandai dengan timbulnya permasalahan sosial yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu di dalam lingkungan kehidupannya.

Baca Juga : Ketimpangan Sosial

Gejala sosial dan masalah sosial sangat berkaitan, apabila gejala sosial terjadi secara terus menerus maka akan berpotensi menimbulkan gejala sosial dalam masyarakat. Munculnya fenomena sosial tersebut berawal dari adanya perubahan sosial. Perubahan sosial tidak bisa kita hindari tapi kita perlu mengantisipasi.

Gejala sosial juga bisa diartikan sebagai sebuah peristiwa yang sering terjadi pada lapisan masyarakat baik masyarakat tradisional maupun masyarakat modern.

Pengertian Gejala Sosial Menurut Para Ahli

Pitirim A. Sorokin

Menurut Pitirim A. Sorokin, definisi gejala sosial adalah hubungan timbal balik gejala sosial dan gejala nonsosial yang terjadi karena hubungan yang ada di dalam masyarakat. Menurutnya, gejala sosial terbagi menjadi 4, yaitu gejala ekonomi, gejala agama, gejala keluarga, dan gejala moral.

Faktor Penyebab Gejala Sosial

Berikut ini faktor faktor penyebab terjadinya gejala sosial , diantaranya yaitu:

Faktor Kultural

Faktor kultural adalah nilai yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan masyarakat atau komunitas. Berikut beberapa contoh gejala sosial berdasarkan faktor kultural diantaranya kemiskinan, kerja bakti, perilaku menyimpang dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kemalasan Sosial

Faktor Struktural

Faktor struktural adalah sebuah keadaan yang memengaruhi struktur yang disusun oleh pola tertentu. Faktor struktural bisa dilihat dari pola hubungan antar individu dan kelompok yang terjalin dalam lingkungan masyarakat. Contoh gejala sosial yang dipengaruhi faktor struktural diantaranya seperti penyuluhan sosial, interaksi antar individu dan lain sebagainya.

Jenis Jenis Gejala Sosial

Ada beberapa macam bentuk gejala sosial, diantaranya yaitu:

Gejala Ekonomi

Status sosial dan ketimpangan sosial diantara anggota masyarakat bisa menyebabkan gejala sosial.Dilihat dari aspek ekonomi, gejala sosial sangat berkaitan dengan perekonomian masyarakat. Jika ada seseorang yang kurang bisa mencukupi kebutuhan, maka akan terjadi beberapa gejala sosial di lingkungannya. Contoh gejala sosial ekonomi yang terjadi dalam masyarakat diantaranya yaitu kemiskinan, pengangguran, masalah kependudukan dan lain sebagainya.

Gejala Budaya

Indonesia memiliki beraneka ragam kebudayaan sehingga sudah patutnya kita saling menghormati budaya lain. Dengan adanya perbedaan kebudayaan jangan membuat persatuan menjadi pecah. Tidak hanya di negara sendiri, perbedaan budaya dengan negara lain juga harus dihormati. Keragaman budaya yang ada di sekitar kita juga bisa menyebabkan timbulnya gejala sosial, contoh gejala sosial budaya diantaranya tindakan peniruan budaya asing yang negatif, kenakalan remaja dan lain sebagainya.

Gejala Lingkungan Alam

Gejala sosial dalam lingkungan alam menyangkut aspek kesehatan. Seseorang yang terserang penyakit bisa mengakibatkan gejala sosial dilingkungan sekitarnya. Contoh gejala sosial lingkungan alam yang dapat ditimbulkan diantaranya penyakit menular, pencemaran lingkungan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kecerdasan Sosial

Gejala Psikologis

Perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh aspek psikologi. Apabila seseorang mengalami gangguan kejiwaan bisa menyebabkan gejala sosial dalam masyarakat seperti di organisasi jiwa, aliran ajaran sesat dan lain sebagainya.

Dampak Gejala Sosial

Gejala sosial bisa berdampak positif dan juga berdampak negatif bagi masyarakat, berikut dampak gejala sosial selengkapnya:

Dampak Positif Gejala Sosial

Gejala sosial yang ada dalam masyarakat harus disikapi dengan baik. Apabila kita terbuka dan mengimbangi perubahan sosial budaya yang ada maka perubahan tersebut akan memberikan dampak positif bagi kita. Hal ini bisa dilihat dengan adanya kemajuan di bidang teknologi salah satunya teknologi komunikasi dengan alat komunikasi modern seperti smartphone dan alat komunikasi modern lainnya yang membuat kita dapat berinteraksi jarak jauh tanpa harus bertemu secara langsung.

Dampak Negatif Gejala Sosial

Seseorang yang tidak bisa menerima perubahan akan mengalami keguncangan culture shock. Ketidakmampuan seseorang dalam menghadapi gejala sosial akan membawanya ke arah perilaku menyimpang.

Baca Juga : Interaksi Sosial

Contoh Gejala Sosial

Berikut ini beberapa contoh gejala sosial yang terjadi di masyarakat diantaranya yaitu:

Kemiskinan
Kemiskinan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kemiskinan absolut dan kemiskinan relatif.

  • Kemiskinan absolut, yaitu individu atau kelompok orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan minimum hidupnya.
  • Kemiskinan relatif, yaitu individu atau kelompok orang yang mampu memenuhi kebutuhan minimum hidupnya, akan tetapi dirinya masih merasa miskin jika dibandingkan dengan orang lain atau kelompok lain.

Kemiskinan bisa disebabkan tidak memiliki seseorang dalam memenuhi kebutuhan primer. Akan tetapi dalam sosiologi, salah satu faktor penyebab kemiskinan yaitu karena lembaga kemasyarakatan dibidang ekonomi yang tidak berfungsi dengan baik. Permasalahan ini bisa menyebar ke bidang lain seperti pendidikan, sosial, dan lain sebagainya.

Masalah Kependudukan
Masalah kependudukan bisa berupa kepadatan penduduk, pemerataan penduduk yang tidak rata, ledakan penduduk dan lain sebagainya. Masalah-masalah tersebut perlu adanya penanggulangan, karena bisa memengaruhi tingkat kesejahteraan penduduk. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi permasalahan kependudukan diantaranya yaitu:

  • Melalui program keluarga berencana (KB).
  • Transmigrasi.
  • Mengatur pertumbuhan jumlah penduduk.

Baca Juga : Konflik Sosial

Perilaku Koruptif
Seringkali masyarakat sadar atau tidak sadar melakukan korupsi, dimana tindakan tersebut bisa merugikan pihak lain. Berikut ini beberapa contoh perilaku koruptif, diantaranya yaitu:

  • Sering terlambat masuk kerja/sekolah.
  • Sering tidak masuk kerja/sekolah.
  • Pulang kerja lebih awal.
  • Mengambil sesuatu yang bukan haknya.
  • Dan lain sebagainya.

Perilaku Masyarakat
Ada banyak gejala sosial yang disebabkan karena perilaku masyarakat diberbagai kesempatan diantaranya yaitu:

  • Plagiarisme di kalangan mahasiswa.
  • Memproduksi dan menyebarkan berita hoax (palsu).
  • Jaringan pertemanan yang tertutup.
  • Dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan tentang pengertian gejala sosial, penyebab, macam jenis, dampak dan contoh gejala sosial secara lengkap, semoga bermanfaat.

Content Protection by DMCA.com