Karangan Argumentasi : Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh Karangan Argumentasi Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh Karangan Argumentasi – Pengertian karangan argumentasi adalah sebuah karangan yang berisi pendapat penulis yang ingin disampaikan kepada para pembaca. Biasanya pendapat tersebut membahas tentang suatu hal atau masalah yang sedang hangat di masyarakat. Pendapat yang ada dalam karangan argumentasi disertai dengan data pendukung berupa fakta contoh ataupun angka sehingga pendapat yang disampaikan kuat dan bisa dipercaya oleh pembaca.

Ciri-Ciri Karangan Argumentasi

Adapun ciri ciri atau karakteristik karangan argumentasi diantaranya yaitu:

  • Penulis mengangkat permasalahan berdasarkan opini atau sudut pandang pribadi mereka.
  • Pendapat yang ada di dalam karangan didukung oleh data, fakta, maupun contoh.
  • Penulis mengemukakan pendapatnya dengan menggunakan logika penalaran yang digunakan sebagai dasar pemikiran.
  • Karangan menghindari subjektivitas dan keterlibatan emosi dalam mengemukakan pendapatnya.

Struktur Karangan Argumentasi

Ada 3 (tiga) bagian utama struktur karangan argumentasi, diantaranya yaitu:

  • Pendahuluan, yaitu bagian yang merupakan bagian awal dimana penulis akan memperkenalkan topik yang akan dibahasnya.
  • Tubuh argumen, yaitu bagian yang¬† berisi argumen atau pandangan-pandangan penulis mengenai topik yang sedang dibahas.
  • Kesimpulan, yaitu bagian yang merupakan inti atau ringkasan seluruh pendapat pengarang akan suatu topik yang sedang di bahas.

Contoh Karangan Argumentasi

Terdapat berbagai jenis karangan argumentasi mulai tentang lingkungan, pendidikan, narkoba, kesehatan dan lain sebagainya. Berikut contoh karangan argumentasi:

Bullying

Budaya bullying sangatlah berbahaya bagi tumbuh dan berkembang anak-anak. Bullying dapat merusak masa depan dan menjadikan mereka pasif dan apatis terhadap dirinya dan juga lingkungannya. Sebetulnya bullying telah terjadi sejak zaman dahulu dan tidak ada yang tahu kapan budaya bullying dimulai.

Bahaya yang dapat disebabkan oleh bullying ini sangat begitu besar bagi anak-anak. Anak-anak korban bullying yang terus mendapatkan tekanan dan ejekan dari teman-temannya akan menderita tekanan batin yang sangat berat. Mereka akan menjadi takut bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Akibatnya mereka mulai menjauhkan diri dari lingkungannya. Sehingga terjadilah anak-anak yang kurang percaya diri atau bahkan lebih parah lagi anak-nak yang menjadi stress.

Untuk itu, jauhi dan awasilah perilaku bullying di dalam lingkungan anak-anak agar masa depan mereka tidak hancur dan menjadi anak-anak yang aktif dan berprestasi.

Demikian artikel tentang “Karangan Argumentasi : Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh Karangan Argumentasi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Karangan Argumentasi : Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh Karangan Argumentasi Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]
Content Protection by DMCA.com