Kambium : Pengertian, Letak, Ciri, Fungsi dan Macam Macam Kambium Pada Tumbuhan Lengkap

Posted on
Kambium : Pengertian, Letak, Ciri, Fungsi dan Macam Macam Kambium Pada Tumbuhan Lengkap
5 (100%) 1 vote

Pengertian, Letak, Ciri, Fungsi dan Macam Macam Kambium Pada Tumbuhan – Kambium adalah lapisan jaringan meristematik pada tumbuhan yang sel-selnya aktif membelah dan bertanggung jawab atas pertumbuhan sekunder tumbuhan. Kambium ditemukan pada bagian batang dan akar tumbuhan. Kambium hanya ditemukan pada tumbuhan dikotil dan gymnospermae sedangkan pada tumbuhan monokotil tidak. Tidak adanya kambium pada tumbuhan monokotil menyebabkan batang tumbuhan monokotil tidak bisa tumbuh membesar atau tidak mengalami pertumbuhan menebal sekunder.

Bentuk kambium berupa lendir yang ada pada kulit dan kayu batang. Pada batang berkayu tersebut, kambium berfungsi sebagai medium atau jalur lintas zat hara yang bergerak dari tanah menuju ke daun.

Kambium adalah lapisan sel yang aktif membagi antara xilem (kayu) dan floem (kulit kayu) jaringan yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sekunder batang dan akar (pertumbuhan sekunder terjadi setelah musim pertama dan menghasilkan peningkatan ketebalan).

Secara teoritis, kambium adalah satu lapisan sel yang disebut sel awal; praktis, sulit untuk membedakan inisial dari sel anak mereka yang masih berdiferensiasi dan beberapa lapisan sel secara kolektif disebut kambium atau zona cambial.

Ciri-Ciri Kambium

Kambium hanya bisa ditemukan pada tumbuhan dikotil dan juga gymnospermae, dimana aktivitasnya bisa menghasilkan jaringan gabus (cork atau phellem, felem) ke arah luar. Jaringan tersebut berfungsi untuk mengendalikan masuk dan keluarnya air, untuk mencegah serangan dari hama, dan juga fungsi mekanik lainnya.

Fungsi Kambium

Kambium merupakan lapisan jaringan meristemik pada tumbuhan selnya yang aktif bertanggung jawab serta membelah sekunder tumbuhan. Kambium ditemukan pada akar dan batang, Kambium merupakan susunan tumbuhan yang bersifat keras. Berikut ini fungsi kambium pada batang dan akar tumbuhan, diantaranya yaitu:

  • Membentuk xylem dan floem.
  • Mengangkut hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian tumbuhan.
  • Mengangkut air dari akar ke daun untuk proses fotosintesis.
BACA JUGA :  Kantung Empedu : Pengertian, Struktur Bagian dan Fungsi Kantung Empedu Lengkap

Jenis- Jenis Kambium Pada Tumbuhan

Berdasarkan jaringan tetap yang dibentuknya, ada dua kelompok kambium, yaitu kambium gabus (felogen, phellogen) dan kambium pembuluh (vascular cambium).

Kambium gabus merupakan bagian dari korteks. Aktivitasnya menghasilkan jaringan gabus (felem, phellem atau cork) ke arah luar. Fungsi jaringan gabus yaitu untuk mengendalikan masuk dan keluarnya air, mencegah serangan hama, dan beberapa fungsi mekanik lainnya. Ke arah dalam, kambium gabus pada beberapa spesies tumbuhan menghasilkan lapisan kulit bergabus yang disebut feloderm (phelloderm).

Kambium pembuluh atau vaskular merupakan bagian yang biasa disebut orang kambium saja. Kambium biasanya membatasi bagian pepagan (kulit kayu) dari kolom kayu pada batang pohon. Ke dalam, kambium akan membentuk pembuluh kayu (xilem) dan ke luar kambium membentuk pembuluh tapis (floem, phloem).

Demikian pembahasan tentang “Kambium : Pengertian, Letak, Ciri, Fungsi dan Macam Macam Kambium Pada Tumbuhan Lengkap“, semoga bermanfaat.

Content Protection by DMCA.com