Akar : Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur Bagian dan Jenis Akar Pada Tumbuhan Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur Bagian dan Jenis Akar Pada Tumbuhan – Akar merupakan salah satu bagian tumbuhan yang tumbuhnya di dalam tanah. Akar merupakan organ tumbuhan yang memiliki fungsi utama yaitu untuk menghisap air dan garam mineral dari dalam tanah.

Akar memiliki struktur luar yang terdiri dari daerah pertumbuhan akar, tudung akar dan bulu akar. Bagian tersebut berguna untuk melindungi daerah meristem akar, yaitu daerah pertumbuhan yang berada dibelakangnya. Sedangkan tudung akar berfungsi untuk mengurangi gesekan antara akar dan butir tanah pada saat akar menembus tanah.

Urutan bagian akar dari luar ke dalam yaitu epidermis, korteks, endodermis dan stele. Stele terdiri dari 2 berkas pengangkut yaitu xylem dan floem.

Ciri-Ciri Akar

Ciri ciri atau karakteristik akar pada tumbuhan diantaranya yaitu:

  • Akar berada pada bagian bawah yang biasanya berada di dalam tanah.
  • Pertumbuhan akar ke dalam tanah atau menuju air.
  • Warna akar terlihat keputih-putihan atau kekuning-kuningan tidak seperti batang atau daun yang biasanya berwarna hijau.
  • Pada ujung akar biasanya berbentuk runcing yang berguna untuk menembus tanah atau memecahkan batu.
  • Pada umunya akar menjauhi cahaya untuk membuat pertumbuhannya menjadi lebih cepat.
  • Pertumbuhan yang terjadi diujung akar merupakan salah satu titik pertumbuhan primer yang terdapat sebuah jaringan meristimatik dan mekanisme dominasi apikal yan terjadi pada akar.

Fungsi Akar

Fungsi akar pada tumbuhan diantaranya yaitu:

  • Sebagai alat pernapasan. Akar menyerap udara dari dalam tanah melalui pori-pori.
  • Sebagai penunjang berdirinya tumbuhan. Akar berfungsi sebagai pondasi untuk berdiri kokoh di atas tanah. Karena akar tumbuhan bisa bertahan dari angin dan hujan.
  • Untuk menyerap air dan zat hara (mineral). Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, tumbuhan membutuhkan air dan zat hara. Tumbuhan menyerap air dan hara dari dalam tanah dengan akarnya.
  • Untuk menyimpan cadangan makanan. Pada tumbuhan tertentu seperti ubi, kentang dan lain sebagainya, akar digunakan sebagai tempat untuk menyimpan makanan cadangan. Biasanya pada akar tumbuhan tersebut akan membesar seiring dengan cadangan makanan yang tersimpan.
  • Sebagai alat respirasi. Pada beberapa jenis tumbuhan akar bisa berfungsi sebagai alat respirasi seperti pada tumbuhan bakau.

Bagian-Bagian Akar

Struktur bagian akar tumbuhan terdiri dari:

Epidermis
Epidermis pada akar terdiri dari 1 lapisan sel yang tersusun rapat, dengan dinding sel epidermis yang tipis, hal ini berfungsi agar dapat dengan mudah menembus air.

Korteks
Korteks pada akar terdiri dari berbagai macam sel yang membentuk beberapa lapisan sel yang berdinding tipis dan juga memiliki banyak ruang antarsel yang berfungsi sebagai pertukaran gas. Pada korteks terdapat parenkim, sklerenkim dan kolenkim.

Endodermis
Endodermis pada akar terletak disebelah dalam korteks, yang berupa satu barisan sel tersusun secara rapat tanpa adanya ruang antar sel. Dinding sel pada endodermis mengalami penebalan gabus membentuk pita Caspary. Penebalan gabus dapat menyebabkann dinding sel agar tidak dapat menembus air.

Stele atau Silinder Pusat
Stele terletak di sebelah endodermis. Diantara stele terdapat berkas pengankutan. Stele tersusun dari berbagai macam jaringan, seperti perisikel (lapisan terluar stele), Vasis (terdiri dari xylem dan floem).

Jenis-Jenis Akar

Bentuk perakaran pada tumbuhan menjadi salah satu faktor pembeda dalam mengklasifikasi tumbuhan tingkat tinggi. Berdasarkan sistem perakaran, akar dibedakan menjadi dua jenis yaitu akar serabut dan akar tunggang.

Akar Serabut

Pada umumnya, akar serabut dimiliki oleh tumbuhan monokotil. Akar serabut berbentuk seperti serabut-serabut kelapa, kecil dan panjang. Akar serabut terbentuk dari akar lembaga yang mati dan tumbuh akar-akar baru berukuran relatif sama yang keluar dari pangkal batang. Ada beberapa jenis akar serabut, diantaranya akar benang (contohnya padi), akar tambang pada kelapa, akar serabut besar pada pandan.

Akar Tunggang

Pada umumnya, akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan dikotil yang diperbanyak secara generatif dengan biji. Pada perakaran tumbuhan dikotil memiliki akar utama lurus yang menghujam ke dalam lapisan tanah dan memiliki percabangan di sisi-sisinya. Berdasarkan banyaknya percabangan, ada dua jenis akar tunggang yaitu akar tunggang tidak atau sedikit bercabang dan akar tunggang bercabang.

Demikian pembahasan tentang “Akar : Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur Bagian dan Jenis Akar Pada Tumbuhan Lengkap“, semoga bermanfaat.

Akar : Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur Bagian dan Jenis Akar Pada Tumbuhan Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]
Content Protection by DMCA.com