22 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli dan Dampak Modernisasi pada Masyarakat

Posted on

Pengertian Modernisasi – Modernisasi adalah proses perubahan atau transformasi dari keadaan tradisional menuju keadaan yang lebih maju atau modern. Sedangkan menurut seorang alhi ekonomi asal Indonesia, Widjojo Nitisastro mengatakan modernisasi adalah transformasi total dari kehidupan tradisional atau pra modern dalam hal organisasi sosial dan teknologi ke arah yang modern.

Modernisasi memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara umum. Proses modernisasi ditandai dengan adanya perubahan sosial yang terarah dan terencana, dimana didalamnya terdapat sebuah perencanaan sosial (sosial planning).

Dalam peradaban sejarah manusia, telah terjadi banyak perubahan sosial yang akhirnya berhasil membentuk kembasi sejarah dan kebudayaan manusia yang lebih maju dibandingkan sebelumnya. Berikut ini terdapat beberapa ahli yang turut mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian modernisasi, antara lain:

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

1. Modernisasi Menurut Koentjaraningrat
Menurut Koentjaraningrat, modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan dunia sekarang.

2. Modernisasi Menurut Astrid S. Susanto
Menurut Astrid S. Susanto, modernisasi adalah suatu proses pembangunan yang memberikan kesempatan ke arah perubahan demi kemajuan.

3. Modernisasi Menurut Johan Willem Schoorl
Menurut Johan Willem Schoorl, modernisasi adalah penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan.

4. Modernisasi Menurut Alex Thio
Menurut Alex Thio, modernisasi adalah salah satu bentuk perubahan sosial yang dulunya masyarakat pertanian berubah menjadi masyarakat industri.

5. Modernisasi Menurut Wilbert E. Moore
Menurut Wilbert E. Moore, modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama dalam bidang teknologi dan organisasi sosial dari yang tradisional ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang didahului oleh negara-negara barat yang telah stabil.

6. Modernisasi Menurut Ogburn dan Nimkoff
Menurut Ogburn dan Nimkoff, modernisasi adalah suatu usaha untuk mengarahkan masyarakat agar dapat memproyeksikan diri ke masa depan nyata dan bukan pada angan-angan semu.

7. Modernisasi Menurut Abdul Syam
Menurut Abdul Syam, modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat dalam berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat.

8. Modernisasi Menurut Widjojo Nitisastro
Menurut Widjojo Nitisastro, modernisasi adalah transformasi atau perubahan total dari kehidupan tradisional dan organisasi sosial menuju ke arah pola-pola ekonomis dan politis.

9. Modernisasi Menurut Harold Rosenberg
Menurut Harold Rosenberg, modernisasi adalah sebuah tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau pengikisan sifat-sifat pedesaan suatu masyarakat.

10. Modernisasi Menurut Soerjono Soekanto
Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang biasanya terarah dan didasarkan pada suatu perencanaan.

11. Modernisasi Menurut R. Soekmono
Menurut R. Soekmono, modern adalah zaman yang coraknya ditentukan oleh pengaruh-pengaruh Eropa Barat.

12. Modernisasi Menurut Diderot
Menurut Diderot, modern adalah kehadiran manusia yang menaruh kepentingan diatas makhluk lain.

13. Modernisasi Menurut Alvin Hadiwono
Menurut Alvin Hadiwono, Modern adalah era puncak kebudayaan inderawi.

14. Modernisasi Menurut Ahmad Baso
Menurut Ahmad Baso, Modern adalah suatu fenomena yang akhirnya akan membawa pada musnahnya perbedaan dasar antara ruang privat dan ruang publik yakni tenggelamnya keduanya.

15. Modernisasi Menurut J.W. Schoorl
Menurut J.W. Schoorl, modernisasi adalah penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan. Aspek yang paling menonjol dalam proses modernisasi adalah perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang tinggi.

Dampak Modernisasi

Sebuah perubahan sudah pasti memiliki dampak, baik dampak negatif maupun dampak positif. Berikut ini adalah beberapa dampak yang muncul akibat modernisasi.

Dampak Negatif Modernisasi

  • Ada kesenjangan antar masyarakat baik dibidang ekonomi atau sosial.
  • Adanya pencemaran lingkungan.
  • Adanya peningkatan kriminalitas.

Dampak Positif Modernisasi

  • Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Transportasi mengalami kemajuan pesat
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal politik dan demokrasi
  • Menguatkan integritas masyarakat sehingga antar individu di masyarakat menjadi lebih baik.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli dan Dampak Modernisasi yang bisa dijadikan sebagai sumber literatur untuk anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia pendidikan, khususnya Bahasa Indonesia.

Content Protection by DMCA.com