Pengertian Modernisasi, Ciri-Ciri, Faktor Pengaruh dan Contoh Modernisasi Paling Lengkap

Posted on

Pengertian Modernisasi – Dalam sejarahnya, dunia telah mengalami banyak sekali mengalami perubahan hingga menjadi seperti yang saat ini. Adanya perubahan tersebut membuat dunia menjadi lebih berkembang sehingga lebih maju dan lebih modern. Hal tersebut menjadi salah satu pengertian modernisasi secara umum, untuk mengetahui lebih lengkap tentang modernisasi, simak penjelasan ini.

Pengertian Modernisasi

Dalam ilmu sosial, modernisasi adalah istilah untuk menyebutkan sebuah bentuk perubahan atau transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang menjadi keadaan yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih makmur, sejahtera dan bermartabat.

Modernisasi juga disebut sebagai perkembangan ilmu teknologi dan pengetahuan yang terus berkembang. Pengaruh perubahan tersebut semakin dirasakan oleh para penduduk baik di dalam perkotaan maupun perkampungan.

Sedangkan secara sederhana, modernisasi berarti sebuah proses perubahan keadaan dari cara-cara tradisional ke cara-cara yang lebih baru yang diharapkan dengan itu dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Modernisasi merupakan bentuk perubahan sosial yang terarah dan terencana.

Ciri-Ciri Modernisasi

Sebuah perubahan dapat dikatakan sebagai modernisasi jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Kebutuhan materi dan ajang persaingan kebutuhan manusia.
  • Kemajuan teknologi dan industrialisasi, individualisasi, sekularisasi, diferensiasi, dan akulturasi.
  • Modernisasi banyak memberikan kemudahan bagi manusia.
  • Berkas jasanya, hampir semua keinginan manusia terpenuhi.
  • Modernisasi juga memberikan atau melahirkan teori baru.
  • Mekanisme masyarakat berubah menuju prinsip dan logika ekonomi serta orientasi kebendaan yang berlebihan.
  • Kehidupan seseorang perhatian religiusnya dicurahkan untuk bekerja dan menumpuk kekayaan.

Faktor Pengaruh Modernisasi

  • Terciptanya stabilitas nasional agar hidup tentram, aman dan damai.
  • Perkembangan dibidang pelaksanaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Adanya penemuan, perkembangan, serta penguasaan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Kemajuan dibidang perekonomian dengan penerapan sistem efisiensi dan produktivitas.
  • Perkembangan dibidang politik dan ideologi (demokratisasi).
  • Memajukan bidang industri dan pertanian.

Contoh Modernisasi

Contoh Modernisasi Bidang Komunikasi

Dengan adanya modernisasi, saat ini komunikasi antar individu semakin cepat dan uptodate. Saat ini sudah tidak ada lagi penghalang untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Selain itu, berkat perkembangan teknologi saat ini kita semakin mudah untuk mengakses informasi dari berbagai belahan dunia secara cepat.

Meskipun demikian, hal tersebut tetap memiliki dapat negatif seperti membuat antar individu menjadi jarang berkomunikasi secara langsung dengan tatap muka sehingga dapat memperburuk kualitas interaksi sosial dalam masyarakat.

Contoh Modernisasi Bidang Pekerjaan

Sebelum adanya modernisasi, sebelumnya masyarakat mengerjakan segala seseuatunya dengan menggunakan cara tradisional baik dari tenaga manusia atau dengan tenaga hewan seperti sapi, kerbau dan yang lainnya. Namun setelah adanya modernisasi, saat ini muncul berbagai macam jenis mesin yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia sehingga lebih efisien dan tanpa menghabiskan banyak waktu.

Contoh Modernisasi Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan modernisasi terlihat sekali dengan cara belajarnya. Jika dahulu orang-orang mempelajari ilmu pengetahuan menggunakan buku dan membuat semakin banyak kertas yang terbuang, setelah adanya modernisasi timbul berbagai macam media yang mempermudah pembelajaran seperti menggunakan berbagai teknologi sistem informasi.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Modernisasi, Ciri-Ciri, Faktor Pengaruh dan Contoh Modernisasi yang bisa dijadikan sebagai sumber literatur untuk anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia pendidikan, khususnya Bahasa Indonesia.

Content Protection by DMCA.com