Pengertian Manajemen Operasi, Tugas, Fungsi, Ruang Lingkup dan Pengambilan Keputusan Manajemen Operasi Lengkap

Posted on
Rate this post

Pengertian Manajemen Operasi, Tugas, Fungsi, Ruang Lingkup dan Pengambilan Keputusan Manajemen Operasi – Manajemen operasi merupakan area bisnis yang berfokus pada proses produksi dan juga memastikan pemeliharaan serta perkembangan berlangsung secara efektif dan efesien. Seorang manajer operasi bertanggung jawab mengelola proses pengubahan input (dalam bentuk material, tenaga kerja dan energi) menjadi output (dalam bentuk barang dan jasa).

Manajemen operasi memiliki ruang lingkup yang lebih kecil dibandingkan manajemen operasional. Apabila manajemen operasional mengelola semua hal yang berkaitan dalam operasional perusahaan, manajemen operasi hanya berfokus pada produksi saja.

Tugas dan Fungsi Manajemen Operasi

Karena memiliki ruang lingkup yanglebih sempit dibanding manajemen operasional, tugas manajer operasi tidak jauh dari produksi juga manajemen operasi. Tugas manajer operasi diantaranya yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengaturan dan pengelompokan tenaga kerja dan staff, serta bertanggung jawab sebagai pemimpin dan juga pengendali.

Tanggung jawab manajer operasi yang lainnya yaitu menghasilkan produk baik barang atau jasa yang bisa mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, mengambil keputusan dalam bagian fungsi operasi dan juga sistem transformasi yang didasarkan dari fungsi operasional.

Selain itu, fungsi manajemen operasi yang lainnya yaitu sebagai pendukung proses produksi, penyedia jasa untuk mengelola kegiatan produksi perusahaan. Sehingga produksi perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien serta mendatangkan keuntungan untuk perusahaan.

Lebih lengkapnya, fungsi manajemen operasi diantaranya yaitu:

  • Sebagai proses berupa teknik, yakni metode yang digunakan untuk mengolah bahan.
  • Sebagai pengorganisasian teknik dan metode, sehingga proses bisa dilaksanakan secara efektif.
  • Sebagai dasar penetapan perencanaan bahan .
  • Sebagai pengawasan atas tujuan penggunaan bahan.
BACA JUGA :  Pengertian Manajemen, Tingkatan, Fungsi, Tujuan dan Prinsip Manajemen Penjelasan Paling Lengkap

Ruang Lingkup Manajemen Operasi

Terdapat dua ruang lingkup besar dalam manajemen operasi yaitu pada perancangan sistem produksi dan operasi dan pengoperasian sistem produksi dan operasi.

Dalam lingkup perencanaan atau perancangan manajer operasi harus melakukan seleksi pada perancangan desain produk, proses dan juga peralatan. Manajer menentukan lokasi atau site perusahaan serta unit produksi yang paling tepat untuk beroperasi.

Rancangan lain yang perlu dibuat dalam manajemen operasi yaitu rancangan tata letak, arus kerja dan juga tugas pekerjaan. Selain rancangan manajemen operasi, diharuskan membuat pula strategi produksi dan operasi serta melakukan pemilihan kapasitas.

Dalam lingkup pengoperasian sistem produksi dan operasi, manajemen operasi memiliki beberapa tugas seperti penyusunan rencana produk dan operasi, perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku, pemeliharaan mesin dan peralatan. Selain itu, manajer juga harus menjaga dan melakukan pengendalian mutu setiap produk.

Pengambilan Keputusan Manajemen Operasi

Pengambilan keputusan manajemen operasi ini dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya keputusan proses, kapasitas, persediaan, tenaga kerja, dan mutu.

  • Pengamblian keputusan proses mencakup keputusan yang berkaitan dengan proses fisik dan fasilitas yang digunakan.
  • Pengambilan keputuasan kapasitas mencakup keputusan yang berkaitan dengan kapasitas produksi seperti jumlah barang, waktu dan tempat yang tepat.
  • Pengambilan keputusan persediaan mencakup keputusan yang berkaitan dengan apa saja yang dipesan, berapa banyak, bagaimana kualitasnya dan kapan bahan baku dipesan.
  • Pengambilan keputusan tenaga kerja mencakup keputusan terkait tenaga kerja mulai dari seleksi, recruitment, penggajian, PHK, pelatihan, supervise, kompensasi dan promosi terhadap karyawan, hingga penggunaan tenaga spesialis.
  • Pengambilan keputusan mutu dilakukan untuk menentukan mutu produk yang dihasilkan, penetapan standar peralatan dan karyawan trampil, serta pengawasan produk dan jasa, Jika keputusan tepat, maka perusahaan akan semakin produktif dengan kualitas dan mutu yang terus membaik.
BACA JUGA :  Daftar Nama Mata Uang Negara Di Dunia Dengan Kodenya Paling Lengkap

Itulah artikel yang membahas tentang Pengertian Manajemen Operasi, Tugas, Fungsi, Ruang Lingkup dan Pengambilan Keputusan Manajemen Operasi Lengkap . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan sebagai sumber literature dalam pembelajaran.

Content Protection by DMCA.com