Ekonomi Mikro : Pengertian, Tujuan, Peran, Teori, Komponen dan Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Posted on

Pengertian Ekonomi Mikro – Ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari segala aktivitas manusia yang berhubungan dengan masalah produksi, distribusi dan konsumsi barang atau jasa. Sedangkan ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Ruang lingkup ilmu ekonomi terdiri dari ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Baca Juga : Pelaku Ekonomi

Apa itu ekonomi mikro? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian ekonomi mikro, tujuan, peran, ruang lingkup dan komponen ekonomi mikro secara lengkap.

Pengertian Ekonomi Mikro

Pengertian ekonomi mikro atau mikroekonomi adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjualbelikan.

Definisi ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang khusus mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjualbelikan. Secara langsung, ekonomi mikro berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dalam penawaran dan permintaan barang/jasa.

Ilmu ekonomi mikro ini meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintaan barang dan jasa, yang akan menentukan harga dan bagaimana harga, pada gilirannya menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.

Tujuan ekonomi mikro adalah untuk menganalisis pasar dan bagaimana mekanismenya untuk membentuk harga relatif produk dan jasa.

Aspek analisis ekonomi mikro diantaranya analisis biaya dan manfaat; teori permintaan dan penawaran; elastisitas; model pasar; industri; teori produksi dan teori harga.

Adanya peran ekonomi mikro dalam bisnis dapat membantu menganalisis kegagalan pasar dan menjelaskan secara teoritis kondisi dalam pasar persaingan sempurna.

Baca Juga : Pengertian Ekonomi

Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

Adam Smith

Pengertian ekonomi mikro menurut Adam Smith adalah subjek ekonomi yang selalu bersifat ekonomis rasional. Hal ini mengakibatkan para pelaku ekonomi harus mempertimbangkan hal-hal rasional sebelum membuat keputusan.

David Ricardo

Pengertian ekonomi mikro menurut David Ricardo adalah suatu kondisi dimana para pelaku ekonomi yang telah memiliki informasi tentang seluk beluk sebuah pasar.

N. G. Mankiw

Pengertian ekonomi mikro menurut N. G. Mankiw adalah ilmu yang membahas tentang peran individu-individu pelaku ekonomi, bagaimana rumah tangga dan perusahaan membuat keputusan, dan bagaimana mereka berinteraksi di dalam pasar tertentu.

Marshal dan Piqou

Pengertian ekonomi mikro menurut Marshal dan Piqou adalah tingkat mobilitas yang tinggi dalam pasar sehingga membuat para pelaku ekonomi dapat langsung beradaptasi atau menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada di pasar.

Sadono Sukirno

Pengertian ekonomi mikro menurut Sadono Sukirno adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjual-belikan.

Wibowo dan Supriadi

Pengertian ekonomi mikro menurut Wibowo dan Supriadi adalah cabang dari ilmu ekonomi yang khusus mempelajari tentang perilaku konsumen serta perusahaan dalam penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang atau jasa yang diperjualbelikan.

Baca Juga : Pengertian Ilmu Ekonomi

Jack Hirshleifer

Pengertian mikroekonomi menurut Jack Hirshleifer adalah studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin di ambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi bila keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

Tujuan Ekonomi Mikro

Tujuan ekonomi mikro atau mikroekonomi yaitu:

  • Melakukan analisis terhadap mekanisme pasar yang membentuk harga relatif kepada produk barang dan jasa, serta alokasi dari sumber terbatas di antara banyaknya penggunaan alternatif.
  • Melakukan analisis kegagalan pasar, yaitu saat pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien dan menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar dengan persaingan sempurna.

Peran Ekonomi Mikro Dalam Bisnis

Peran ekonomi mikro atau mikroekonomi diantaranya yaitu:

  • Merumuskan kebijakan perusahaan dengan harga dan upah dalam pengolahan sumber daya.
  • Membantu memprediksi kemungkinan yang akan terjadi di pasar.
  • Dapat memahami bagaimana perilaku dan kebutuhan konsumen.
  • Sebagai alat untuk mengetahui perputaran produk/barang.
  • Meningkatkan produktivitas perusahaan.

Teori Ekonomi Mikro

Terdapat 3 (tiga) analisis ekonomi mikro atau mikroekonomi, diantaranya yaitu:

Teori Harga

Harga digunakan sebagai dasar untuk menganalisis interaksi antara penawaran dan permintaan barang atau jasa yang ada dalam pasar juga faktor yang bisa mempengaruhinya. Analisis ini dilakukan terhadap:

  • Proses pembentukan harga.
  • Faktor yang dapat mempengaruhi perubahan permintaan dan penawaran.
  • Hubungan antara harga permintaan dan penawaran.
  • Bentuk pasar.
  • Konsep elastisitas permintaan dan penawaran.

Baca Juga : Pengertian Sistem Ekonomi

Teori Produksi

Teori produksi digunakan sebagai dasar untuk melakukan analisis biaya produksi dan tingkat dari produksi. Analisis ini dilakukan terhadap:

Semua yang berhubungan dengan biaya produksi barang dan jasa;
Tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi produsen;
Kombinasi dari faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal

Teori Distribusi

Tujuan teori distribusi adalah untuk melakukan analisis ekonomi mikro terkait dengan upah tenaga kerja, besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada pemilik modal, dan besarnya keuntungan yang didapatkan produsen.

Komponen Ekonomi Mikro dalam Bisnis

Dalam penerapannya, ada 3 komponen ekonomi mikro diantaranya yaitu:

Interaksi di Pasar Barang

Jika dilihat dari segi ekonomi mikro, perekonomian terdiri dari berbagai pasar termasuk pasar barang. Aktivitas tawar menawar antara penjual dan pembeli hingga terbentuk kesepakatan harga termasuk dalam interaksi pasar barang. Disini ekonomi mikro penting untuk mendalami interaksi yang terjadi di pasar dimana secara lebih jauh akan mempengaruhi kebijakan pengambilan keputusan terkait harga produk dalam perusahaan.

Tingkah Laku Penjual dan Pembeli

Sebagai teori yang mempelajari tingkah laku penjual dan pembeli, sehingga ekonomi mikro berhubungan dengan perilaku produsen dan konsumen di pasar dengan tujuan berbeda. Ekonomi mikro membahas bagaimana konsumen harus memenuhi kebutuhannya dengan pendapatan yang dimiliki, sedangkan produsen berupaya untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Interaksi di Pasar

Dalam hal ini ekonomi mikro menjelaskan teori mengenai interaksi konsumen dan produsen yang melibatkan faktor produksi seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, modal dan kewirausahaan.

Baca Juga : Sistem Ekonomi Pancasila

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Ruang lingkup ekonomi mikro terdiri dari konsumen dan produsen. Mikroekonomi mengkaji perilaku penjual dan pembeli, termasuk interaksi dalam pasar faktor produksi. Singkatnya, ruang lingkup ekonomi meliputi beberapa diantaranya:

  • Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar.
  • Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran.
  • Teori perilaku konsumen.
  • Teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen, dan laba.
  • Pasar persaingan sempurna.
  • Pasar monopoli.
  • Pasar oligopoli.
  • Pasar persaingan monopolistik.
  • Permintaan akan input.
  • Mekanisme harga dan distribusi pendapatan.

Demikian pembahasan tentang pengertian ekonomi mikro, tujuan, peran, ruang lingkup dan komponen ekonomi mikro secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.