Ideologi Pancasila : Pengertian, Fungsi, Makna dan Dimensi Ideologi Pancasila

Posted on

Pengertian Ideologi Pancasila – Apa yang dimaksud dengan ideologi pancasila? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian ideologi pancasila, fungsi, makna dan dimensi ideologi pancasila di Indonesia secara lengkap.

Baca Juga : Fungsi dan Jenis Ideologi

Pengertian Ideologi Pancasila

Pancasila merupakan falsafah (anggapan, gagasan dan sikap) bangsa yang harus dihayati oleh rakyat Indonesia. Pancasila sebagai falsafah negara dijadikan pula sebagai dasar ideologi bagi bangsa Indonesia untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, ini disebut dengan Ideologi Pancasila.

Pengertian ideologi pancasila adalah nilai luhur budaya dan religius bangsa Indonesia. Dengan kedudukan pancasila sebagai dasar negara dan juga ideologi negara, Ideologi Pancasila diartikan sebagai kumpulan nilai atau norma yang berdasarkan sila-sila pancasila. Sebagai ideologi nasional memiliki pemahaman dalam sudut pandang budaya bangsa bukan sudut pandang kekuasaan.

Ciri-Ciri Ideologi Pancasila

Ciri atau karakteristik ideologi pancasila, diantaranya yaitu:

  • Percaya pada Tuhan Yang Mahakuasa.
  • Pemerintah didasarkan pada persetujuan rakyat.
  • Masalah agama juga termasuk urusan negara.
  • Negara berdasarkan hukum yang berlaku.
  • Mendukung hak asasi manusia (HAM).
  • Pancasila harus bisa beradaptasi dengan zaman. Ini tidak berarti bahwa nilai-nilai Pancasila dapat digantikan oleh nilai-nilai inti lainnya yang dapat menghilangkan identitas rakyat Indonesia.

Baca Juga : Pengertian Ideologi Kapitalisme

Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi

Fungsi pancasila sebagai ideologi negara diantaranya yaitu:

  • Menyatukan, memperkokoh dan memelihara kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia
  • Membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuannya
  • Memberikan kemauan untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa Indonesia
  • Menerangi dan mengawasi keadaan dan krisis dengan adanya upaya untuk mewujudkan cita-cita yang terkandung dalam pancasila
  • Sebagai pedoman bagi kehidupan bangsa Indonesia dalam upaya menjaga keutuhan negara dan memperbaiki kehidupan bangsa Indonesia.

Makna Ideologi Pancasila

Pancasila sebagai ideologi memiliki makna, diantaranya yaitu:

  • Nilai yang tercantum dalam pancasila menjadi cita-cita normatif penyelenggaraan bernegara
  • Nilai yang tercantum dalam pancasila merupakan nilai yang disepakati bersama dan untuk itu menjadi salah satu sarana pemersatu atau integrasi masyarakat Indonesia.

Dimensi Ideologi Pancasila

Menurut Dr. Alfian yaitu seorang ahli politik Indonesia , pancasila telah memenuhi syarat sebagai ideologi terbuka yang bersifat luwes dan tahan terhadap perubahan zaman karena didalamnya telah memenuhi 3 (tiga) dimensi ideologi yaitu:

Baca Juga : Pengertian Ideologi Komunisme

Dimensi Realita

Ini berarti nilai dasar yang ada dalam ideologi tersebut mencerminkan kenyataan hidup yang ada dalam masyarakat dimana pertama kali ideologi tersebut ada. Nilai ideologi tersebut bersumber dari nilai yang riil hidup dalam masyarakat Indonesia. Kelima nilai dasar pancasila ditemukan dalam suasana dan pengalaman masyarakat indonesia yang bersifat kekeluargaan, kegotongroyongan atau kebersamaan.

Dimensi Idealisme

Ini berarti kualitas ideologi yang ada dalam nilai dasar tersebut dapat memberikan harapan bagi berbagai kelompok masyarakat mengenai masa depan yang lebih baik. Suatu ideologi perlu mengandung cita-cita yang ingin dicapai di berbagai bidang kehidupan. Nilai yang terkandung dalam pancasila merupakan nilai yang di cita-citakan dan ingin diwujudkan.

Dimensi Fleksibilitas

Ini berarti kemampuan ideologi dalam mempengaruhi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakatnya.

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki makna bahwa pancasila dapat menerima dan berkembang selaras dengan tumbuhnya ideologi baru dan tuntunan perubahan zaman serta cara berpikir masyarakat tanpa kehilangan hakikat sebagai pedoman utama kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila Sebagai Ideologi Tertutup

Suatu ideologi tertutup bukan merupakan cita-cita yang telah ada dan diyakini oleh masyarakat tapi merupakan cita-cita suatu golongan atau kelompok orang yang membuat suatu sistem untuk memperbaharui masyarakat. Dalam ideologi tertutup terkandung makna suatu cita-cita ataupun gagasan yang membenarkan bahwa pengorbanan dibebankan kepada masyarakat. Tapi, karakteristik ideologi pancasila berbeda dengan ideologi lain karena dalam pancasila terkandung nilai-nilai kearifan lokal.

Baca Juga : Pengertian Ideologi Fasisme

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian ideologi pancasila, fungsi, makna dan dimensi ideologi pancasila secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.

Content Protection by DMCA.com