Paragraf Deskripsi : Pengertian, Ciri, Jenis Paragraf Deskripsi dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Jenis Paragraf Deskripsi dan Contohnya – Paragraf deskripsi adalah paragraf yang dapat menggambarkan atau menjelaskan suatu objek sehingga pembaca seolah-olah bisa melihat atau merasakan objek tersebut.

Kalimat deskripsi berkaitan dengan panca indera dalam mendeskripsikan suatu objek. Melalui paragraf deskripsi, karakteristik suatu objek digambarkan secara rinci. Hal tersebut bertujuan agar pembaca mengetahui objek yang dibicarakan dengan jelas tanpa melihat secara langsung. Penggambaran karakteristik ini biasanya berasal dari hasil observasi atau pengamatan terlebih dahulu. Observasi dilakukan agar informasi yang dikemukakan valid dan berdasar fakta.

Paragraf deskripsi atau paragraf deskriptif ini menggambarkan ciri-ciri fisik tempat, benda atau kejadian tertentu seperti bentuk, warna, ukuran, atau kepribadian objeknya sendiri. Paragraf deskripsi meliputi panca indera manusia seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, dan pengecapan.

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Berikut ini ciri ciri atau karakteristik paragraf deskripsi diantaranya yaitu:

  • Mendeskripsikan suatu objek, misalnya benda, orang, tempat, atau keadaan tertentu.
  • Melibatkan fungsi panca indera dalam proses deskripsi.
  • Melibatkan ciri fisik dan sifat objek tersebut, misalnya seperti warna, ukuran, bentuk, sifat tertentu.
  • Mengandung banyak kata sifat.
  • Dijelaskan secara rinci.
  • Saat dibaca, pembaca seolah-olah bisa melihat secara langsung objek yang dibicarakan.

Jenis-Jenis Paragraf Deskripsi dan Contohnya

Terdapat 3 (tiga) jenis paragraf deskripsi yaitu paragraf deskripsi objektif paragraf deskripsi spasial dan paragraf deskripsi subjektif .

Paragraf Deskripsi Objektif

Paragraf Deskripsi Objektif adalah paragraf deskripsi yang menggambarkan keadaan suatu objek sesuai dengan kondisi sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh opini penulis. Contoh paragraf deskripsi objektif:

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang terkenal di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dibandingkan dengan pantai lainnya di sepanjang pantai selatan, pantai ini lebih dikenal turis. Pantai Parangtritis terletak sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Tepatnya pantai ini terletak di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Sepanjang perjalanan menuju pantai, Anda akan disuguhi pemandangan sawah, sungai dan bukit. Pantai Parangtritis memiliki ombak yang besar. Ombak pantai dapat mencapai ketinggian 2-3 meter pada musim kemarau. Daya tarik lainnya adalah terdapat gunung-gunung pasir di sekitar kawasan pantai. Gunung-gunung pasir ini lebih dikenal dengan nama gumuk. Di pinggir pantai disediakan payung-payung besar yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan. Selain itu terdapat wisata naik kuda, dokar, atau pun motor ATV (All Terrain Vehicle) di sepanjang pinggir pantai. Warung makan dan pakaian berjejer rapi dengan hidangan khas laut. Bagi anak-anak disediakan pula pemandian umum dengan aneka permainan yang menarik. Bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi mandi air hangat, maka tak jauh di sebelah utara pantai terdapat Pemandian Parang Wedang.

Paragraf Deskripsi Spasial

Pengertian paragraf deskripsi spasial atau spatial adalah paragraf deskripsi yang mendeskripsikan ruang atau tempat. Objek yang berupa ruang atau tempat tersebut dijelaskan sesuai dengan ciri khasnya sehingga pembaca dapat dengan mudah membayangkannya. Contoh paragraf deskripsi spasial:

Ruangan berukuran 5m x 5m ini terlihat tidak layak untuk ditempati. Tidak ada dinding. Hanya ada anyaman bambu untuk menghalau angin yang menusuk ke tulang. Tidak ada penyekat. Hanya ada sebuah kasur ukuran single di pojok depan. Terdapat kompor dan alat memasak lainnya di pojok belakang, berdampingan dengan pintu yang mengarah ke kamar mandi. Almari yang sudah tidak kokoh lagi merapat ke dinding dan di isi penuh dengan pakaian. Sajadah, mukena, dan Al-Quran diletakkan berjejer di atas almari. Karpet direntang di sekitar kasur dengan satu meja kecil di samping kasur itu. Buku-buku tertata rapi di atas meja. Tidak ada foto atau hiasan dinding apapun yang digantung, kecuali satu buah kaligrafi perak dengan gambar Ka’bah. Tempat tinggal bapak dan ibu Anis ini memperlihatkan sebuah kesederhanaan dalam hidup.

Paragraf Deskripsi Subjektif

Paragraf Deskripsi Subjektif adalah paragraf deskripsi yang disusun berdasarkan pandangan atau perasaan penulis. Segala hal yang dituliskan dalam paragraf subjektif ini merupakan hasil opini pribadi penulis. Meski hasil opini penulis, tapi paragraf ini masih ditujukan agar pembaca seolah-olah bisa melihat maupun merasakan apa yang dibicarakan oleh penulis. Contoh paragraf deskripsi subjektif:

Ibu Dina adalah guru paling tegas di sekolahku. Selain itu, beliau adalah guru yang paling ditakuti oleh hampir semua murid dari kelas 1 sampai kelas 6. Beliau mengajar mata pelajaran matematika. Beliau memiliki tinggi sekitar 165 cm dengan berat badan sekitar 60 kg. Ibu Dina berkulit sawo matang dan berambut hitam ikal. Kemana pun beliau pergi selalu membawa pulpen tinta hitam di tangan kanannya. Ketika mengajar beliau selalu menggunakan kacamata berlensa kecil dengan frame warna putih. Walaupun hampir semua murid takut kepada beliau, akan tetapi beliau tidak pernah marah-marah ke murid tanpa alasan yang jelas. Beliau selalu mengajarkan matematika dengan sabar sampai semua mengerti. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai ujian matematika sekolahku menduduki peringkat pertama se-provinsi.

Demikian artikel tentang “Paragraf Deskripsi : Pengertian, Ciri, Jenis Paragraf Deskripsi dan Contohnya Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Content Protection by DMCA.com