Kloroplas : Pengertian, Letak, Bentuk, Fungsi dan Struktur Bagian Kloroplas Pada Tumbuhan Lengkap

Posted on

Pengertian, Letak, Bentuk, Fungsi dan Struktur Bagian Kloroplas Pada Tumbuhan – Kloroplas (Chloroplast) adalah bagian dari plastid yang mengandung klorofil. Di dalam kloroplas, berlangsung fase terang dan fase gelap dari fotosintesis tumbuhan. Kloroplas terdapat pada hampir seluruh tumbuhan, namun tidak umum dalam semua sel. Jikaterdapat kloroplas, tiap sel bisa memiliki satu sampai banyak plastid.

Kloroplas merupakan bagian tumbuhan yang memiliki fungsi utama sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis pada tumbuhan untuk menghasilkan makanan dan energi. Menurut KBBI, kloroplas adalah benda kecil pada sel tumbuhan yang mengandung klorofil, di dalam kloroplas berlangsung fase terang dan fase gelap dari fotosintesis tumbuhan

Bentuk kloroplas seperti lensa atau butir dan pipih yang bisa dilihat dengan mikroskop dengan pembesaran paling kuat. Umumnya kloroplas berbentuk cakram yang berdiameter sekitar 2 x 5 mm, bahkan terkadang lebih besar dan tersusun dalam lapisan tunggal dan sitoplasma.

Struktur kloroplas dalam jaringan tumbuhan terdiri dari beberapa bagian seperti membran luar, ruang antar membran, membran dalam, tilakoid, stroma, granum, DNA plastida, ribosom, plastoglobula dan juga amilum/pati.

Fungsi Kloroplas Pada Tumbuhan

Fungsi kloroplas pada tumbuhan diantaranya yaitu:

Sebagai Tempat Fotosintesis. Proses fotosintesis tersebut dilakukan oleh tumbuhan untuk membuat makanannya sendiri. Reaksi fotosintesis terjadi pada membran internal dalam organel.

Sebagai Organel Penghasil Energi. Kloroplas mengkonversi sinar matahari, air dan karbondioksida menjadi makanan dan energi bagi tumbuhan.

Struktur Bagian Kloroplas

Struktur bagian kloroplas pada tumbuhan terdiri dari:

Membran Luar, yaitu membran yang sangat permeabel. Fungsi membran terluar yaitu mengatur keluar masuknya zat, baik zat padat maupun zat cair.

Ruang Antar Membran, yaitu bagian kloroplas yang menjadi pembatas atau penghalang antar membran dalam dan membran luar. Fungsi ruang antar membran yaitu untuk memisahkan membran luar dan membran dalam, tebalnya kira-kira 10 cm.

Membran Dalam. Fungsi membran dalam kloroplas yaitu untuk pembatas atau penghalang antara stroma dan sitosol.

Stroma, yaitu bagian membran dalam yang membungkus cairan kloroplas. Fungsi stroma yaitu sebagai tempat terjadinya reaksi gelap fotosintesis yang berupa amilum (pati).

Tilakoid, yaitu salah satu bagian membran dalam pada kloroplas yang berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi terang dan berperan dalam menangkap cahaya matahari untuk proses fotosintesis.

Granum, yaitu bagian yang berupa kumpulan tilakoid yang bertumpuk-tumpuk seperti uang logam. Fungsi granum yaitu sebagai tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis.

DNA Plastida, yaitu bagian kloroplas yang merupakan gen pembawa sifat pada plastida. Fungsi DNA plastida yaitu untuk replikas kloroplas dan pembelahan sel kloroplas.

Ribosom, yaitu salah satu bagian dari membran dalam pada kloroplas. Fungsi ribosom yaitu sebagai tempat sintesis protein.

Plastoglobula, yaitu senyawa kimiawi yang terkandung di dalam kloroplas tumbuhan. Senyawa plastoglobula tersusun atas lipid yang berbentuk globul.

Amilum atau pati, yaitu produk dari hasil fotosintesis tumbuhan. Tumbuhan melakukan proses fotosintesis dan hasilnya disimpan dalam bentuk amilum atau pati.

Demikian pembahasan tentang “Kloroplas : Pengertian, Letak, Bentuk, Fungsi dan Struktur Bagian Kloroplas Pada Tumbuhan Lengkap“, semoga bermanfaat.

Kloroplas : Pengertian, Letak, Bentuk, Fungsi dan Struktur Bagian Kloroplas Pada Tumbuhan Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]
Content Protection by DMCA.com