Strategi Pemasaran : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis Strategi Pemasaran Lengkap

Posted on

Strategi Pemasaran – Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian strategi pemasaran menurut para ahli, tujuan, fungsi dan jenis manajemen pemasaran secara lengkap.

Pengertian Strategi Pemasaran

Pengertian strategi pemasaran secara umum adalah upaya memasarkan produk atau jasa dengan menggunakan pola rencana mdan taktik jitu agar dapat berhasil menjual lebih banyak apa yang dijual.

Baca Juga : Manajemen Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan cara yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

Definisi strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Philip Kotler

Pengertian strategi pemasaran menurut Philip Kotler adalah cara dimana fungsi pemasaran menyelenggarakan kegiatannya untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dalam penjualan pada level marketing mix.

Hausman dan Associates

Pengertian strategi pemasaran menurut Hausman dan Associates adalah desain pemasaran jangka panjang untuk mengoptimalkan penjualan dengan memberikan pelanggan kepuasan.

Paul dan Guiltinan

Pengertian strategi pemasaran menurut Paul dan Guiltinan adalah sebuah pola pikir yang digunakan untuk mengembangkan suatu perusahaan. Cara yang digunakan yaitu dengan mengintegrasikan beberapa unsur pemasaran seperti bauran marketing, segmentasi pasar, sasaran, posisi dan lainnya.

Michael Baker

Pengertian strategi pemasaran menurut Michael Baker adalah tujuan dasar meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Baca Juga : Retensi Pelanggan

Tjiptono

Pengertian strategi pemasaran menurut Tjiptono adalah sebuah alat yang dirancang dan direncanakan secara fundamental. Hal ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk melakukan pengembangan keunggulan bersaing melalui program khusus dalam melayani pasar secara berkesinambungan.

David Aaker

Pengertian strategi pemasaran menurut David Aaker adalah sebuah proses yang dimulai dengan memindai lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal. Hal tersebut dilakukan dan dibutuhkan untuk memahami banyak aspek dari lingkungan eksternal dengan tujuan agar dapat bersaing dengan fokus perhatian yaitu aspek teknologi, ekonomi, hukum, budaya dan politik.

Tujuan Strategi Pemasaran

Tujuan dilakukan strategi pemasaran diantaranya yaitu:

  • Untuk peningkatan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran.
  • Untuk mengukur hasil pemasaran berdasarkan standard prestasi yang berlaku.
  • Untuk memberikan dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan.
  • Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika terjadi perubahan dalam pemasaran.

Fungsi Strategi Pemasaran

Fungsi atau manfaat strategi pemasaran diantaranya yaitu:

Meningkatkan motivasi untuk berpikir jauh ke depan
Strategi pemasaran memaksa manajemen perusahaan berfikir out of the box, hal ini sangat dianjurkan untuk menjaga ritme atau kelangsungan perusahaan. Usahakan tidak terus mengikuti ritme pasar, tapi coba sesekali gebrak pasar dengan sesuatu yang baru.

Baca Juga : Administrasi Bisnis

Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan terarah
Strategi pemasaran berfungsi untuk mengatur arah dan jalannya perusahaan sehingga membuat tim koordinasi menjadi jauh lebih baik dan terarah.

Dapat merumuskan tujuan perusahaan yang akan dicapai
Dengan strategi pemasaran, pelaku usaha bisa terbantu untuk merinci tujuan yang ingin dicapai perusahaan, baik itu tujuan jangka panjang maupun jangka pendek.

Pengawasan kegiatan pemasaran lebih efektif atas standard prestasi kerja
Pengawasan kegiatan anggota tim lebih di perhatikan agar peningkatan mutu dan kualitas semakin terjamin.

Jenis Strategi Pemasaran

Menurut Assauri (2008:163), ada 3 (tiga) jenis trategi pemasaran yang bisa dilakukan perusahaan diantaranya yaitu strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing), strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing) dan strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing).

Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing)

Jenis strategi pemasaran ini menganggap pasar sebagai keseluruhan, jadi perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan secara umum. Produk yang dihasilkan dan dipasarkan biasanya hanya satu produk saja dan berusaha menarik konsumen dengan satu rencana pemasaran saja.

Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing)

Jenis strategi pemasaran ini melayani kebutuhan beberapa kelompok tertentu dengan satu jenis produk tertentu pula. Jadi produsen atau perusahaan menghasilkan produk yang berbeda sesuai dengan segmen pasar. Dengan kata lain, produsen dan perusahaan menawarkan berbagai variasi produk yang disesuaikan kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen yang berbeda dengan program pemasaran yang khusus diharapkan tigkat keberhasilan penjualan pada masing-masing segmen tersebut tercapai.

Baca Juga : Manajemen Strategi

Tujuan pemasaran ini yaitu untuk menambah kepercayaan kelompok konsumen tertentu pada suatu produk yang bervariasi sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.

Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing)

Strategi pemasaran ini mengkhususkan pemasaran produk ke dalam beberapa segmen pasar dengan pertimbangan keterbatasan sumberdaya yang dimiliki perusahaan.

Keuntungan strategi pemasaran ini yaitu perusahaan akan mendapatkan posisi yang kuat pada segmen pasar yang dipilih. Karena perusahaan akan lebih fokus dan memiliki pengalaman yang lebih baik dalam melakukan pendekatan guna memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Sedangkan, kelemahan strategi pemasaran ini yaitu produsen harus waspada terhadap risiko besar jika hanya tergantung pada satu atau beberapa segmen pasar saja. Karena dikhawatirkan terjadi perubahan kebutuhan konsumen atau meningkatnya kemampuan daya saing perusahaan lain yang lebih baik.

Baca Juga : Manajemen Produksi

Demikian pembahasan tentang pengertian strategi pemasaran menurut para ahli, tujuan, fungsi dan jenis manajemen pemasaran secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.