Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Fungsi, Metode, Objek, Jenis, Langkah dan Contohnya

Posted on

Pengertian Riset Pemasaran – Dalam manajemen usaha terutama pemasaran, istilah riset pasar atau riset pemasaran (marketing research) mungkin sudah tidak asing. Apa yang dimaksud dengan riset pemasaran? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian riset pemasaran menurut para ahli, tujuan, metode, fungsi, objek, langkah, jenis dan contoh riset pemasaran secara lengkap.

Baca Juga : Strategi Pemasaran

Pengertian Riset Pemasaran

Secara umum, pengertian riset pasar atau riset pemasaran adalah desain, pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sistematis atas data dan segala penemuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan.

Definisi riset pemasaran (research marketing) adalah penelitian sistematis dimulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan informasi dan data, pengelolaan data dan interpretasi hasil penelitian.

Pengertian Riset Pemasaran Menurut Para Ahli

Philip Kotler

Pengertian riset pemasaran menurut Philip Kotler adalah suatu perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan yang sudah tersistematis dari data atau berbagai penemuan yang relevan dengan adanya situasi pemasaran tertentu yang telah dihadapi oleh perusahaan.

Robby Susatyo

Pengertian riset pemasaran menurut Robby Susatyo adalah suatu pengidentifikasian yang lebih objektif dan tersistematis, yang akan dilanjutkan dengan pengumpulan. analisis, dan perangkaian beberapa informasi yang bertujuan agar dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan yang masih berkaitan dengan solusi permasalahan dan penentuan berbagai peluang dalam proses pemasaran.

American Marketing Association

Pengertian riset pemasaran menurut American Marketing Association adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan publik dengan pemasar melalui informasi digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisi peluang dan masalah pemasaran;menghasilkan, menyempurnakan dan mengevaluasi upaya pemasaran; memantau kinerja pemasaran; memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.

Malhotra

Pengertian riset pemasaran menurut Malhotra adalah identifikasi, pengumpulan, analisis, dan penyebarluasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran.

Siswanto Sutoyo

Pengertian riset pemasaran menurut Siswanto Sutoyo adalah kegiatan sistematis untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data yang bersangkutan dengan berbagai macam problem pemasaran yang sedang dihadapi perusahaan.

Baca Juga : Manajemen Pemasaran

Tujuan Riset Pemasaran

Tujuan dilakukan riset pemasaran adalah untuk mengetahui dan menganalisa hal yang diperlukan atau dibutuhkan pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis.

Dengan melakukan riset pemasaran maka akan diketahui produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa tersebut dibutuhkan dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan konsumen. Selain itu, dengan riset pemasaran juga bisa diketahui seberapa besar pemintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun.

Riset pemasaran bisa menjamin perusahaan akan mudah saat merencanakan strategi bisnis agar bisa menghasilkan keuntungan yang optimal.

Fungsi Riset Pemasaran

Fungsi/manfaat/peran riset pemasaran diantaranya yaitu:

Fungsi Deskriptif

Fungsi deskriptif adalah fungsi pengumpulan dan penyajian pernyataan tentang fakta.

Fungsi Diagnostik

Fungsi diagnosis adalah fungsi penjelasan tentang data atau tindakan.

Fungsi Prediktif

Fungsi prediktif adalah fungsi spesifikasi tentang bagaimana menggunakan riset deskriptif dan diagnostik untuk memperkirakan hasil keputusan pemasaran yang direncanakan.

Metode Riset Pemasaran

Ada 3 (tiga) metode dan cara pelaku bisnis membuat riset pemasaran yaitu:

Baca Juga : Retensi Pelanggan

Kuisioner

Ini merupakan Mmetode yang dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan tentang data yang dibutuhkan untuk jenis usaha yang dipilih. Syaratnya siapkan calon responden yang berasal dari pelanggan potensial yang akan menjawab kuisoner. Yakinkan responden agar bisa di ajak kerjasama untuk mengisi jawabannya dengan jujur dan benar. Jika perlu beri bingkisan yang menarik.

Riset Grup

Ini merupakan metode yang dilakukan dengan cara membentuk kelompok orang dari populasi utama pasar potensial. Tugas mereka yaitu menyampaikan apa saja yang mereka butuhkan, merasakan produk atau jasa yang disiapkan dan mereka diperkenankan memberikan pendapat tentang kekurangan produk.

Survey

Ini merupakan metode yang dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan yang sederhana mengenai produk atau jasa yang akan diriset. Pada umumnya metode ini bersifat acak dan seringkali dengan sukarela, jadi usahakan pertanyaan yang diberikan tidak mengganggu.

Objek Riset Pemasaran

Berikut ini objek-objek riset pemasaran diantaranya yaitu:

Produk
Produk termasuk hal yang paling pokok dalam pemasaran, jika tidak ada produk atau jasanya, lalu apa yang harus di pasarkan.

Harga
Tujuan riset harga tentu untuk melihat kesesuaian antara harga dengan produknya.

Promosi
Riset promosi dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan promosi terhadap pemasaran produk.

Baca Juga : Administrasi Bisnis

Distribusi
Riset distribusi dilakukan untuk melihat apakah perjalanan distribusi berjalan dengan baik atau tidak.

Jenis Riset Pemasaran

Berikut ini jenis-jenis riset pemasaran, diantaranya yaitu:

Riset Primer

Pengertian riset primer adalah riset yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi atau data yang berasal dari hasil penjualan terkini dan efektif yang sedang dijalankan sekarang.

Riset Sekunder

Pengertian riset sekunder adalah riset yang berfungsi menganalisis data yang sudah diterbitkan. Dengan begitu, perusahaan dapat menemukan pesaing dan bisa membangun tolak ukur lalu mengidentifikasi sasaran.

Tahapan Riset Pemasaran

Berikut ini langkah langkah atau tahapan riset pemasaran diantaranya yaitu:

  • Identifikasi masalah.
  • Merumuskan kerangka teori.
  • Formulasi desain riset.
  • Kegiatan lapangan dan pengumpulan data.
  • Persiapan dan analisis data.
  • Pembuatan laporan dan presentasi hasil penelitian.

Baca Juga : Manajemen Strategi

Contoh Riset Pemasaran

Berikut ini beberapa contoh riset pemasaran:

  • Apabila seseorang hendak berjualan pulsa, maka dia perlu melakukan survey terlebih dahulu mengenai berapa harga pulsa di pasaran. Tujuan dilakukan survey tersebut yaitu agar bisa menetapkan harga sesuai standar pasar, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi.
  • Apabila seseorang hendak berjualan es, maka ia perlu melakukan survey mengenai es apa yang diminati masyarakat, lokasi berjualan yang strategis juga harga yang bisa terjangkau oleh sasaran konsumen.

Demikian pembahasan tentang riset pemasaran mulai dari pengertian riset pemasaran menurut para ahli, tujuan, metode, fungsi, objek, langkah, jenis dan contoh riset pemasaran secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.

Content Protection by DMCA.com