Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan, Tugas, Fungsi dan Konsep Manajemen Pemasaran Paling Lengkap

Posted on
Rate this post

Pengertian, Tujuan, Tugas, Fungsi dan Konsep Manajemen Pemasaran – Kalian pasti sering mendengar istilah manajemen yaitu seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap suatu hal yang dilakukan oleh sekelompok orang maupun organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Nah kali ini kita akan membahas tentang manajemen pemasaran.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah suatu proses penetapan tujuan pemasaran bagi suatu organisasi dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar; perencanaan dan pelaksanaan aktivitas untuk memenuhi tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaiannya.

Pengertian manajemen pemasaran adalah suatu rangkaian proses analisis, perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan dan pengendalian suatu kegiatan pemasaran dimana tujuannya untuk mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien.

Definisi manajemen pemasaran yang lain yaitu alat untuk analisis, perencanaan, penerapan serta pengendalian suatu program dalam perusahaan yang sudah dirancang untuk menciptakan, membangun dan juga mempertahankan pertukaran agar bisa memberikan keuntungan.

Pelaku manajemen di bidang pemasaran adalah seorang manajer pemasaran yang akan mempelajari struktur pembiayaan, sumber keuntungan, sumber daya serta kompetensi. Selain itu juga diferensiasi produk dan posisi kompetitif, tingkat integrasi vertikal, riwayat respon perkembangan industri serta faktor lainnya yang masih berkaitan dengan kompetitor.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Philip Kotler (1980)
Menurut Philip Kotler, Manajemen pemasaran adalah proses analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dharmmesta dan Handoko (1982)
Menurut Dharmmesta dan Handoko, Manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang dan mendapatkan keuntungan dari kegiatan pertukaran.

William J. Stanton
Menurut William J. Stanton, Manajemen pemasaran adalah sebuah sistem dari keseluruhan kegiatan bisnis yang ditujuan untuk perencanaan, penentuan harga, promosi, dan distribusi barang/jasa yang dapat memuaskan konsumen.

BACA JUGA :  Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Ahli, Macam-Macam Dan Contohnya Paling Lengkap

Philip Kotler & Amstrong (2002:14)
Menurut Kotler & Amstrong, Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang di design untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sofjan Assauri (2013:12)
Menurut Sofjan Assauri, Manajemen pemasaran adalah kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian berbagai program yang disusun dalam pembentukan, pembangunan, dan pemeliharaan laba hasil dari transaksi/ pertukaran melalaui sasaran pasar untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang.

Basu Swastha (2008:5)
Menurut Basu Swastha, Manajemen pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis yang ditujukan untuk perencanaan, penentuan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang/jasa yang bisa memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Buchori dan Djaslim (2010:5)
Menurut Buchori dan Djaslim, Manajeman pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang, dan jasa, untuk menghasilkan pertukaran yang memuaskan individu dan memenuhi tujuan organisasi.

Ben M. Eniy (2007:130)
Menurut Ben M. Eniy, Manajemen pemasaran adalah proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh individu atau perusahaan.

Buchari Alma (2004:130)
Menurut Buchari Alma, Manajemen pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran ataupun bagian dipemasaran.

Kotler (1980)
Menurut Kotler, Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan .

Tujuan Manajemen Pemasaran

Adapun tujuan manajemen Pemasaran diantaranya yaitu:

  • Untuk memperoleh laba atau keuntungan.
  • Untuk membangun permintaan.
  • Untuk memperoleh konsumen atau pelanggan.
  • Untuk memperoleh pelanggan atau konsumen.
  • Untuk memperoleh market share.
  • Untuk membangun kepuasan konsumen.
  • Untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dijalani.
  • Untuk bersaing dengan perusahaan lain.
  • Untuk menjaga kelangsungan usaha.
  • Untuk mendapatkan pencitraan sesuai harapan

Tugas Manajemen Pemasaran

Adapun tugas manajemen pemasaran, diantaranya yaitu

  • Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen.
  • Mengembangkan konsep produk atau barang untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen/pasar.
  • Membuat desain produk dan mengembangkan pengemasan atau merk.
  • Mengatur distribusi dan memeriksa penjualan.
  • Menciptakan komunikasi pemasaran efektif dan efisien.
  • Mengatur harga untuk mendapatkan Return on Investment yang layak.
BACA JUGA :  Pengertian Manajemen, Tingkatan, Fungsi, Tujuan dan Prinsip Manajemen Penjelasan Paling Lengkap

Fungsi Manajemen Pemasaran

Adapun fungsi dan manfaat manajemen pemasaran diantaranya yaitu:

  • Untuk melakukan distribusi.
  • Untuk melakukan riset konsumen.
  • Untuk menetapkan harga.
  • Untuk mengembangkan produk.
  • Untuk memberikan service atau layanan kepada pelanggan.

Konsep Manajemen Pemasaran

Falsafah konsep pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan pada keinginan dan juga kebutuhan konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan memenuhi tujuan tersebut. Secara definitif dikatakan, Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).

Adapun elemen penting dalam konsep pemasaran ini, diantaranya yaitu:

  • Market oriented berorientasi pada keinginan Konsumen
  • Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu
  • Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen
  • Konsep Manajemen pada hakikatnya meliputi segala upaya dan strategi yang dijalankan manajemen dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.

Unsur-Unsur  Manajemen Pemasaran

Adapun unsur-unsur manajemen pemasaran, diantaranya:

Orientasi Pada Konsumen atau Pembeli
Pada umumnya produsen menghasilkan produk dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Konsumen merupakan orientasi utama dalam strategi bisnis. Proses marketing atau penjualan dalam bisnis tentu mengedepankan konsumen dalam konsep pemasaran sebagai prioritas utama.

Perencanaan Kegiatan Pemasaran Secara Menyeluruh
Kegiatan pemasaran harus disusun secara menyeluruh mulai dari segala keperluan agar mempermudah proses pelaksanaan dan pengawasan.

Kepuasan Konsumen
Kepuasan konsumen menjadi perhatian utama dalam menyusun strategi pemasaran. Kepuasan konsumen tersebut tidak hanya diukur dan dilihat dari kualitas produk yang dihasilkan, tetapi juga dari bagaimana cara ataupun strategi pemasaran yang dijalankan.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan, Tugas, Fungsi dan Konsep Manajemen Pemasaran Paling Lengkap . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Content Protection by DMCA.com