Administrasi Bisnis : Pengertian, Ciri, Tujuan dan Ruang Lingkup Administrasi Bisnis Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Tujuan dan Ruang Lingkup Administrasi Bisnis Lengkap – Administrasi adalah sebuah bentuk usaha dan aktivitas yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan agar dapat mencapai target atau tujuan organisasi. Ada banyak jenis cabang administrasi, diantaranya administrasi bisnis/administrasi niaga, apa yang dimaksud dengan administrasi bisnis/niaga? Kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai administrasi bisnis/niaga, berikut selengkapnya:

Pengertian Administrasi Bisnis Secara Umum

Pengertian administrasi bisnis adalah proses pengelolaan perusahaan atau organisasi nirlaba untuk menjaga kestabilan dan pertumbuhan organisasi.

Definisi administrasi bisnis adalah ilmu sosial yang mempelajari tentang proses kerjasama antara dua orang atau lebih dalam upaya untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain, administrasi bisnis adalah ilmu yang fokus pada perilaku manusia.

Ilmu administrasi bisnis memiliki objek, subjek, dan metode. Objek administrasi bisnis adalah manusia dan perilakunya, subjek yang dipelajari dalam administrasi bisnis adalah bentuk, bagian, dan mekanisme kerja sama, sedangkan metode yaitu cara atau ide yang dikembangkan dalam upaya mencapai tujuan kerja sama yang dilakukan. Cakupan bidang utama administrasi bisnis meliputi operasi, logistik, pemasaran, sumber daya manusia, dan manajemen.

Banyak universitas yang ada jurusan administrasi bisnis di Indonesia mulai dari D3 (contohnya Politeknik Negeri Semarang( POLNES)); D4 (contohnya Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)) ; S1 (Contohnya Universitas Lampung); S2 (contohnya Intitut Teknologi Bandung (ITB). Lulusan administrasi bisnis mendapat gelar akademik berupa A.Md untuk gelar administrasi bisnis d3 dan Sarjana Administrasi Bisnis (S.AB) untuk gelar administrasi bisnis S1 dan Magister Administrasi Bisnis (M.A.B.) untuk gelar administrasi bisnis S2 .

Prospek kerja administrasi bisnis diantaranya mengisi jabatan mulai dari staf pendukung bisnis, staf HRD, konsultan bisnis, staf pemasaran, dosen, staf administrasi, manajer kantor, hingga CEO. Besar gaji lulusan administrasi bisnis untuk mengisi jabatan tersebut yaitu berkisar 3-5 juta atau lebih.

Pengertian Administrasi Bisnis Menurut Para Ahli

Y. Wayong

Menurut Y. Wayong, Administrasi Bisnis adalah keseluruhan kegiatan mulai dari produksi barang dan jasa sampai tibanya barang dan jasa tersebut ditangan konsumen.

Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo

Menurut Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo, Administrasi Bisnis adalah suatu organisasi niaga secara keseluruhan dan mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat bisnis objektif, dan Administrasi Niaga tersebut dijalankan oleh setiap manager dalam suatu organisasi niaga.

Baca Juga : Manajemen Administrasi

Sheldo dan Urwik

Menurut Sheldo dan Urwik, Administrasi Niaga adalah industri yang berkaitan dengan penetapan kebijakan perusahaan, koordinasi produksi, keuangan dan distribusi, penentuan arah organisasi dan kontrol tertinggi eksekutif.

Sukarno dan Ibrahim Lubis

Menurut Sukarno dan Ibrahim Lubis, Administrasi Bisnis/Niaga adalah kegiatan dibidang produksi, transportasi, asuransi perbankan, dan lain-lain, di bidang perusahaan swasta.

Ciri-Ciri Administrasi Bisnis

Secara umum, ciri-ciri administrasi bisnis diantaranya yaitu:

Terdiri Dari 2 Orang atau Lebih

Pada umumnya, aktivitas administrasi bisnis dikelola oleh beberapa orang bergantung pada skala bisnisnya. Perusahaan atau badan usaha tingkat menengah akan membutuhkan tenaga administrator lebih banyak dibandingkan perusahaan kecil. Selain itu, tenaga administrator harus memiliki kemampuan sesuai dengan ruang lingkup kerja administrasi bisnis. Dengan begitu, maka sistem administrasi bisa berjalan dengan baik dan teratur.

Terjadi Kerjasama

Administrasi bisnis/niaga membutuhkan kerjasama yang baik dengan pihak terkait. Kerjasama ini harus dilandasi kesadaran bahwa setiap pihak saling membutuhkan dalam upaya mencapai tujuan bersama. Kerjasama yang solid bisa meningkatkan kinerja dan hasil yang maksimal. Agar kerjasama menjadi solid maka dibutuhkan komunikasi yang baik dalam menyusun administrasi bisnis.

Adanya Proses dan Usaha

Administrasi bisnis bisa terjadi apabila ada proses usaha di dalamnya. Proses usaha tersebut akan menghasilkan data yang harus dihimpun dan dikelola. Selain berhubungan dengan data, proses bisnis juga melibatkan hal lainnya seperti keperluan surat niaga, data karyawan, agenda, dan lain-lain.

Adanya Bimbingan dan Pengawasan

Semua jenis usaha memiliki struktur organisasi, mulai dari tingkat bawah hingga tingkat atas. Pimpinan usaha erat hubungannya dengan administrasi bisnis karena setiap kegiatan administrasi harus diketahui dan disetujui oleh pimpinan. Koordinasi yang baik antara bagian administrasi dengan pimpinan akan menciptakan kondisi internal perusahaan yang sehat. Dan pada akhirnya kinerja perusahaan akan berjalan sebagaimana mestinya.

Memiliki Tujuan yang Jelas

Aktivitas administrasi bisnis bertujuan untuk mencapai tujuan yang jelas, untuk itu dibutuhkan prasarana dan tenaga kerja yang kompeten untuk mengisi bagian administrasi suatu perusahaan.

Baca Juga : Administrasi Perkantoran

Tujuan Administrasi Bisnis

Tujuan administrasi bisnis/niaga adalah untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan antara dua orang atau lebih dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada.

Ruang Lingkup Administrasi Bisnis

Menurut Prayudi Atmosudidjo, yang termasuk di dalam ruang lingkup administrasi bisnis diantaranya yaitu:

  • Organisasi
  • Manajemen
  • Tata usaha
  • Sejarah administrasi
  • Ensiklopedia administrasi
  • Filsafat administrasi

Menurut Drs. Soekarno, ruang lingkup administrasi niaga diantaranya:

  • Administrasi perusahaan
  • Administrasi non perusahaan

Menurut The Liang Gie, ruang lingkup administrasi niaga meliputi:

  • Administrasi penjualan
  • Administrasi periklanan
  • Administrasi kepasaran
  • Administrasi keproduksian
    Administrasi perbankan
  • Administrasi perhotelan
  • Administrasi pengangkutan

Menurut Sondang P. Siagan, ruang lingkup administrasi niaga meliputi:

  • Manajemen
  • Manajemen produksi
  • Industrial relation
  • Bussines education
  • Traffic management

Demikian pembahasan lengkap mengenai materi administrasi bisnis, semoga bermanfaat.