Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

50 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Dunia dan Cabang-Cabang Ilmu Geografi Paling Lengkap

Posted on

Pengertian Geografi – Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di permukaan bumi. Namun lebih dari sekedar ilmu tentang bumi, geografi tidak hanya mempelajari bumi dan isinya saja. Akan tetapi, geografi juga mempelajari gejala-gejala alam yang meliputi litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan antroposfer.

Dalam bahasa, geografi berasal dari bahasa Yunani, Geo berarti bumi dan Graphien berarti pencitraan. Untuk lebih jelas mempelajari tentang geografi, berikut ini pengertian geografi menurut para ahli dan cabang-cabang ilmu geografi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Geografi Menurut Frank Debenham
Frank Debenham mengartikan geografi pada tahun 1950 bahwa geografi adalah ilmu yang memiliki tugas untuk mengadakan penafsiran mengenai persebaran fakta, menemukan hubungan di antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, serta menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

2. Pengertian Geografi Menurut Paul Vidal de La Blance
Paul Vidal de La Blance mengatakan bahwa geografi adalah studi tentang kualitas negara-negara, dimana penetuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini.

3. Pengertian Geografi Menurut Eratosthenes
Menurut Eratosthenes yang berpendapat pada abad ke-1, mengatakan geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.

4. Pengertian Geografi Menurut Bintarto
Menurut Bintarto dalam pendapatnya pada tahun 1981 mengatakan bahwa geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

5. Pengertian Geografi Menurut Ullman
Ullman berpendapat tentang pengertian geografi yang dikemukakan pada tahun 1954, mengatakan geografi adalah interaksi antar ruang.

6. Pengertian Geografi Menurut Herioso Setiyono
Herioso Setiyono berpedapat pada tahun 1996, mengatakan geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan serta merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi.

7. Pengertian Geografi Menurut Preston E. James
Preston E. James mengatakan geografi sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

8. Pengertian Geografi Menurut Von Rithoffen
Von Rithoffen mengatakan geografi adalah studi mengenai gejala, dan sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala dan sifat-sifat tersebut.

9. Pengertian Geografi Menurut Alexander
Pada tahun 1958, Alexander mengatakan geografi adalah sebuah studi mengenai pengaruh lingkungan alam terhadap berbagai aktivitas manusia. Dalam pandangannya inilah mulai dibahas mengenai hubungan timbal balik yang terjadi antara aktivitas manusia serta pengaruhnya yang terjadi terhadap lingkungan alam.

10. Pengertian Geografi Menurut Karl Rither
Karl Rither mengatakan geografi adalah suatu telaah tentang bumi sebagai tempat hidup manusia tempat hidup manusia. Studi geografi mencakup berbagai macam fenomena yang terdapay di permukaan bumi, baik itu alam organik maupun alam an-organik yang asih terkait dengan kehidupan manusia, termasuk aktivitas manusia itu sendiri juga dibahas.

11. Pengertian Geografi Menurut Haris
Haris mengemukakan pendapatnya tentang pengertian pada tahun 2012, yang mengatakan geografi adalah ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang ada di permukaan bumi dengan konsep spasial untuk pemanfaatan pembangunan yang ada di permukaan bumi.

12. Pengertian Geografi Menurut Hartshorne
Tahun 1960, Hartshorne mengemmukakan pendapatnya tentang geografi merupakan sebuah ilmu yang berkepentingan dalam memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, serta rasional mengenai sifat variabel dari permukaan bumi.

13. Pengertian Geografi Menurut Yeates
Menurut Yeates mengemukakan geografi pada tahun 1963, mengatakan geografi adalah ilmu yang memperhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai macam sifat yang beragam dipermukaan bumi dengan tidak menyampingkan berbagai alasan rasional.

14. Pengertian Geografi Menurut Strabo
Pada tahun 1970, Strabo mengemukakan pendapatnya tentang geografi yang kemuan disebut dengan konsep Natural Attribute of Place. Ia mengatakan bahwa geografi adalah karakteristik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan.

15. Pengertian Geografi Menurut Lobeck
Lobeck berpendapat tentang geografi yang dikemukakan pada tahun 1939 merupakan suatu studi yang membahas tentang hubungan–hubungan yang ada di antara kehidupan dengan lingkungan fisik.

16. Pengertian Geografi Menurut Vernor E. Finch dan Glen Trewartha
Menurut Vernor E. Finch dan Glen Trewartha, geografi adalah deskripsi dan penjelasan yang menganalisis tentang permukaan bumi dan pandangannya mengenai hal yang selalu berubah dan dinamis.

17. Pengertian Geografi Menurut Elsworth Huntington
Geografi Menurut Elsworth Huntington adalah studi mengenai fenomena permukaan bumi serta penduduk yang menghuninya. Menurutnya, dalam geografi juga terdapat hubungan timbal balik antara gejala sera sifat-sifat permukaan bumi dengan penduduknya.

18. Pengertian Geografi Menurut Ekblaw dan Mulkerne
Menurut Ekblaw dan Mulkerne, geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan sehari-hari, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati.

19. Pengertian Geografi Menurut Immanuel Kant
Immanuel Kant mengatakan geografi adalah sebuah ilmu yang objek studinya adalah berupa benda-benda, hal-hal, atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah pada permukaan bumi.

20. Pengertian Geografi Menurut Halford Mackinder
Menurut Halford Mackinder, geografi adalah ilmu yang mempunyai fungsi utama untuk menyelediki manusia dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda berdasarkan lokasinya.

21. Pengertian Geografi Menurut Friederich Ratzel
Geografi Menurut Friederich Ratzel dituangkan dalam bukunya “Politische Geographie” yang mengatakan konsep geografi diberi nama Lebensraum yang memiliki arti bahwa wilayah geografis merupakan sarana bagi organisme untuk berkembang.

22. Pengertian Geografi Menurut Basri Mustofa
Basri mengartikan geografi sebagai sebuah sebuah ilmu yang menguraikan mengenai perrmukaan bumi, penduduk, iklim, flora dan fauna, serta berbagai basil-basil yang diperoleh dari bumi.

23. Pengertian Geografi Menurut Daldjoeni
Menurut pendapat Daldjoeni, geografi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia tentang 3 hal pokok, yaitu spasial atau ruang, ekologi, dan region atau wilayah.

24. Pengertian Geografi Menurut Claudius Ptolomaeus
Menurut Claudius Ptolomaeus, geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

25. Pengertian Geografi Menurut Depdikbud (1989)
Pada tahun 1989, DepDikBud menyatakan pendapatnya tentang pengertian geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.

26. Pengertian Geografi Menurut Seminar lokakarya IGI di Semarang (1988)
Pada tahun 1988, hasil seminar lokakarya IGI di Semarang menyatakan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan serta perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keuangan.

27. Pengertian Geografi Menurut John Mackinder
John Mackinder seorang pakar geografi mendefinisikan geografi sebagai satu kajian tentang kaitan antara manusia dengan alam sekitarnya.

28. Pengertian Geografi Menurut Maurice Le Lannou
Maurice Le Lannou mengatakan bahwa objek geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi.

29. Pengertian Geografi Menurut Paul Claval
Paul Claval mengemukakan pendapatnya tentang geografi selalu ingin menjelaskan gejala dari segi hubungan keruangan.

30. Pengertian Geografi Menurut UNESCO 1956
Menurut UNESCO, membagi pengertian geografi menjadi 3 bagian, yaitu :

  1. Satu agen sintetis
  2. Satu kajian perhubungan ruang
  3. Sains dalam penggunaan tanah

31. Pengertian Geografi Menurut Wiliam Hughes 1956
Geografi menurut Wiliam Hughes adalah ilmu, suatu hal yang tidak nama belaka tapi argumen dan alasan, sebab dan akibat.

32. Pengertian Geografi Menurut James Fairgrive
James Fairgrive mengatakan geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan dunia. James Fairgrive juga berpendapat bahwa peta memiliki peran penting untuk menjawab pertanyaan “dimana” dari berbagai aspek dan gejala geografi.

33. Pengertian Geografi Menurut Jhon Alexander
Jhon Alexander mengatakan geografi berkaitan erat dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat ini kemudian disebut dengan Konsep Natural Atribut of Place.

34. Pengertian Geografi Menurut Alexander Von Humboldt
Alexander Von Humboldt menjelaskan bagaimana kaitan Bumi dengan Matahari dan perilaku Bumi dan proses terjadinya serta hal-hal yang berkaitan dengan hidrosfer dan biosfer.

35. Pengertian Geografi Menurut I Made Sandy
Geografi menurut I Made Sandy adalah ilmu yang berusaha menemukan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi.

36. Pengertian Geografi Menurut Barlow
Geografi menurut Barlow adalah ilmu yang mempelajari proses-proses yang berhubungan dengan lingkungan dan gejala-gejala serta pola-pola terkait yang dibahas.

37. Pengertian Geografi Menurut Carl Reitter
Geografi menurut Carl Reitter adalah segala gejala dan bentuk alam dengan umat manusia mengorganisasikan dalam bentuk kerangka dasar asosiasi geografi yang khas tentang tanah dan manusia pada permukaan bumi.

38. Pengertian Geografi Menurut P Hugget, R.Hartshorne
Menurut P Hugget, R.Hartshorne geografi berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan dan rasional tentang sifat variabel di permukaan bumi.

Cabang Ilmu Geografi

Dalam ilmu geografi biasanya akan ditemukan beberapa pengelompokan fenomena alam berdasarkan cabang-cabang dalam ilmu geografi. Secara garis besar cabang ilmu geografi dibagi menjadi dua, yaitu geografi fisik dan geografi manusia, namun dari kedua cabang tersebut akan dibagi menjadi beberapa bagian lainnya. Berikut adalah cabang-cabang ilmu geografi, antara lain:

Geografi Fisik
Geografi fisik adalah ilmu yang mempelajari gejala fisik yang berasal dari permukaan bumi yaitu tanah, air dan udara dengan berbagai prosesnya. Geografi fisik merupakan gejala alamiah permukaan bumi yang menjadi sebagai tempat hidup manusia. Geografi fisik meliputi:

  1. Geologi = ilmu yang mempelajari suatu ilmu berdasarkan struktur, sifat-sifat fisik, sejarah dan proses pembentukannya yang disebut dengan ilmu batuan.
  2. Ilmu tanah = ilmu geografi yang mempelajari sifat fisik tanah dan segala sesuatu yang berhubungan dengan jenis tanah yang ada di alam.
  3. Geomorfologi = ilmu yang secara ilmiah mempelajari permukaan bui dan proses-proses yang terjadi pada bagian bumi.
  4. Oseanografi = ilmu yang mempelajari secara detail mengenai samudera dan lautan seperti struktur salinitas, pencampuran, arus rekayasa laut,ombak, sedimen kelautan dan lain-lain sebagainya.
  5. Meteorologi dan Kilimatologi = ilmu yang mempelajari gejala cuaca dan iklim di Indonesia serta iklim diseluruh dunia.

Geografi Manusia
Geografi manusia adalah cabang geografi yang mempelajari tentang aspek keruangan yang dijadikan sebagai tempat terjadinya aktivitas manusia. Geografi manusia terdiri dari geografi ekonomi, geografi pemukiman, geografi politik, dan geografi sosial. Geografi manusia meliputi:

  1. Geografi Ekonomi = ilmu yang mempelajari struktur keruangan aktivitas ekonomi yang menitikberatkan pada bidang industri, pertanian, transportasi, komunikasi, perdagangan, jasa dan lain sebagainya.
  2. Geografi Permukiman = ilmu yang mempelajari perkembangan pemukiman disuatu wilayah diseluruh permukaan bumi yang membahas kapan permukiman itu akan di huni, faktor apa yang mempengaruhi perkembangan dan pola permukiman serta bentuk permukimannya.
  3. Geografi Politik = ilmu geografi manusia yang mempelajari aspek keruangan pemerintah atau kenegaraan yang meliputi hubungan regional dan internasional, pemerintah atau kenegaraan di permukaan bumi.
  4. Geografi Sosial = ilmu yang mempelajari hubungan sosial dengan struktur keruangan yang membahas ilmu sosial yang mengkaji kesehatan dan perlindungan, kriminalitas dan kemiskinan, dan variasi pergerakan sosial.

Geografi Teknik
Geografi teknik adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari cara-cara menvisualisasikan dan menganalisis data dan informasi geografis dalam bentuk peta, foto udara, diagram da citra hasil pengindraan jauh. Cabang geografi teknik meliputi:

  1. Kartografi = ilmu yang menjelaskan teknik dan cara membuat peta yang menyajikan hasil ukuran dan pengumpulan data dari berbagai unsur permukaan bumi yang telah dilakukan oleh surveyor, geograf, kartograf dan lainnya.
  2. Penginderaan jauh = ilmu dan seni untuk memperoleh informasi mengenai objek, daerah maupun gejala dengan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa adanya kontak langsung terhadap objek, daerah maupun gejala yang dikaji.
  3. Sistem Informasi Geografis (SIG) = sistem informasi berbasis komputer yang dapat menyimpan mengelola, memproses, dan menganalisis data geografis dan juga non geografis, serta menyediakan informasi dan grafis secara terpadu.

Itulah artikel lengkap yang membahas tentang Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Dunia dan Cabang-Cabang Ilmu Geografi . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan sebagai sumber literature dalam pembelajaran.

Content Protection by DMCA.com