Pengertian Informasi Menurut Ahli, Fungsi, dan Jenis Informasi Paling Lengkap

Posted on

Pengertian Informasi Menurut Ahli – Informasi secara umum diartikan sebagai sekumpulan data atu fakta yang telah dikelola dan diproses sehingga menjadi sesuatu yang mudah untuk dimengerti dan bermanfaat bagi penerima informasi. Sedangkan secara etimologis, informasi berasal dari bahasa Latin “Informatinem” yang berarti ide, kode, atau garis besar. Informasi ini merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas Aktifitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”,

Saat ini informasi bisa disajikan dalam beragam bentuk, mulai dari tulisan, gambar, tabel, diagram, audio, video, dan lain sebagainya.

Namun, tidak semua data dapat diolah menjadi informasi bagi penerimanya, karena jika data yang diolah tidak bermanfaat bagi penerimanya maka hal tersebut belum dapat disebut sebuah informasi.

Istilah informasi sering dikaitkan dalam lingkup Teknologi seperti mengenai Teknologi Informasi. Padahal, informasi memiliki pengertian yang sangat luas. Untuk mengetahui lebih luas tentang informasi simak penjelasan berikut.

Pengertian Informasi Menurut Ahli

Agar lebih memahami tentang pengertian Informasi, berikut ini terdapat beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian Informasi, antara lain:

1. Pengertian Informasi Menurut Abdul Kadir, McFadden, dkk
Menurut Abdul Kadir, McFadde, informasi adalah data yang telah diproses. Pemrosesan data tersebut dilakukan sedemikian rupa sehingga data yang telah diproses tersebut dapat meningkatkan pengetahuan orang yang menerima dan menggunakannya.

2. Pengertian Informasi Menurut Anton M. Moeliono
Menurut Anton M. Moeliono, informasi adalah data yang telah diproses, namun pemrosesan tersebut dilakukan untuk suatu tujuan tertentu. Selanjutnya Anton M. Moeliono juga menyatakan bahwa informasi merupakan keterangan, kabar berita, pemberitahuan, penerangan, atau bahan nyata lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan kajian analisis untuk mengambil kesimpulan atau keputusan tertentu.

3. Pengertian Informasi Menurut Azhar Susanto
Menurut Azhar Susanto, informasi adalah hasil pengolahan data. Data yang dihasilkan tersebut memberikan arti & manfaat tertentu bagi otang yang menerimanya.

4. Pengertian Informasi Barry E. Cushing
Menurut infromasi adalah suatu hal yang menunjukkan hasil suatu proses pengolahan data. Hasil pengolahan data tersebut terorganisir dan mempunyai manfaat atau berguna bagi penerimanya.

5. Pengertian Informasi Menurut Burch & Strater
Menurut Burch & Strater, infromasi adalah proses pengumpulan dan pengolahan data yang ditujukan untuk memberikan keterangan atau pengetahuan tertentu mengenai suatu hal.

6. Pengertian Informasi Menurut Davis
Menurut Davis, informasi adalah data yang telah diolah sehingga mememiliki bentuk yang berarti dan bermanfaat bagi penerimanya. Yaitu untuk dapat digunakan dalam pengambilan keputusan, baik untuk saat ini atau di masa yang akan datang.

7. Pengertian Informasi Menurut Firmanzah
Menurut Firmanzah, informasi adalah data dan angka yang sudah diberi makna dan nilai.

8. Pengertian Informasi Menurut George R. Terry, D.
Menurut George R. Terry, D, informasi adalah data penting, yang dapat memberikan pengetahuan yang berguna atau bermanfaat bagi penerimanya.

9. Pengertian Informasi Menurut George H. Bodnar
Menurut George H. Bodnar, informasi adalah data yang telah diolah, sehingga data terebut dapat dijadikan sebagai dasar atau bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat mengenai suatu hal.

10. Pengertian Informasi Menurut Raymond McLeod
Menurut Raymond McLeod, informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saatu ini atau di masa mendatang.

11. Pengertian Informasi Menurut Jogiyanto HM
Menurut Jogiyanto HM, informasi adalah hasil dari pengolahan data ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat bagi penerimanya yang menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

12. Pengertian Informasi Menurut Lina Sidharta
Menurut Lina Sidharta, informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang lebih berguna untuk mengambil suatu keputusan.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa informasi adalah sekumpulan fakta-fakta yang telah diolah menjadi bentuk data, sehingga dapat menjadi lebih berguna dan dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan data-data tersebut sebagai pengetahuan ataupun dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

Fungsi Informasi

Beberapa fungsi informasi bagi manusia antara lain:

  • Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bagi penerima informasi
  • Mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan
  • Menggambarkan keadaan atas peristiwa yang terjadi
  • Sebagai sumber berita yang dapat disampaikan kepada khalayak
  • Sebagai media hiburan bagi masyarakat
  • Sebagai media untuk menyatukan pendapat

Jenis Informasi

Informasi dibagi menjadi 4 jenis, antara lain:

Informasi Berdasarkan Sifatnya
Informasi berdasarkan sifatnya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu faktual, opini dan deskripsi.

  • Faktual adalah informasi yang dibuat berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya.
  • Opini atau konsep adalah informasi yang dibuat berdasarkan pendapat seseorang tentang suatu hal.
  • Deskripsi adalah informasi yang dibuat dalam bentuk penjelasan terperinci mengenai suatu hal.

Informasi Berdasarkan Kegunaan
Berdasarkan kegunaannya informasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Informasi yang menambah pengetahuan adalah informasi yang berisi tambahan pengetahuan baru bagi seseorang.
  • Informasi berdasarkan penyajiannya adalah informasi yang disampaikan dalam beberapa bentuk seperti artikel, audio, video dan lainnya.

Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan
Berdasarkan bidang kehidupannya, informasi dibagi menjadi beberapa kategoru seperti Informasi Kesehatan, Informasi Pendidikan, Informasi Bisnis, Informasi Olahraga, dan sebagainya.

Informasi Berdasarkan Lokasi Terjadinya Peristiwa
Berdasarkan terjadinya peristiwa dibagi menjadi dua yaitu informasi dalam negeri (domestik) dan informasi luar negeri.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Informasi Menurut Ahli, Fungsi, dan Jenis Informasi  yang bisa dijadikan sebagai sumber literatur untuk anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia pendidikan, khususnya Bahasa Indonesia.

Content Protection by DMCA.com