45 Pengertian Komunikasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli Paling Lengkap

Posted on
Rate this post

Pengertian Komunikasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli – Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita melakukan komunikasi dengan orang yang berada disekitar kita dan juga orang yang jauh dari kita baik itu secara langsung melalui lisan maupun tidak langsung melalui surat, media sosial atau yang lainnya. Agar lebih memahami pengertian komunikasi, kali ini kita akan membahas tentang pengertian komunikasi secara umum dan pengertian komunikasi menurut para ahli.

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Pengertian komunikasi secara umum adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga bisa dipahami dengan mudah.

Secara bahasa, komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu Communis yang berarti sama dan Communicatio yang berarti membuat sama. Jadi komunikasi dapat diartikan sebagai suatu proses upaya membangun pengertian antara yang satu dengan yang lainnya agar terjadi kesamaan pemahaman mengenai suatu hal.

Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Jika tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Komunikasi dengan cara ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI, Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan berita atau pesan dari dua orang atau lebih supaya pesan yang dimaksud bisa dipahami.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, Komunikasi adalah suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Onong Uchjana Effendy

Menurut Onong Uchjana Effendy, Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media).

New Comb

Menurut New Comb, Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.

Everett M. Rogers

Menurut Everett M. Rogers, Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

Rogers & D. Lawrence Kincaid (1981)

Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid , Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.

BACA JUGA :  Interaksi Sosial : Pengertian, Syarat, Ciri, Faktor Yang Mempengaruhi dan Jenis Bentuk Interaksi Sosial Lengkap

Shannon & Weaver (1949)

Menurut Shannon & Weaver, Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.

David K. Berlo (1965)

Menurut David K. Berlo, Komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam menciptakan keseimbangan dengan masyarakat.

Harorl D. Lasswell

Menurut Harorl D. Lasswell, Komunikasi adalah suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa?.

Steven

Menurut Steven, Komunikasi juga dapat terjadi kapan saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya.

Raymond S. Ross

Menurut Raymond S. Ross, Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.

Prof. Dr. Alo Liliweri

Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri, Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.

Bernard Berelson & Gary A. Steiner

Menurut Bernard Berelson & Gary A. Steiner, Komunikasi adalah ransmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbolkata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi.

John R. Wenburg dan William W Wilmot

Menurut John R. Wenburg dan William W Wilmot, Komunikasi adalah suatu usaha untuk memperoleh makna.

Carl I.Hovland

Menurut Carl I.Hovland, Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain

Harorl D. Lasswell (1960)

Menurut Harorl D. Lasswell, Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?)

Judy C pearson & Paul E melson

Menurut Judy C pearson & Paul E melson, Komunikasi adalah Proses memahami dan berbagi makna

Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss

Menurut Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss, Komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih.

William I. Gordon

Menurut William I. Gordon, Komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.

M. Djenamar. SH

Menurut M. Djenamar. SH, Komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain.

William Albig

Menurut William Albig, Komunikasi adalah proses pengoperan lambang yang berarti diantara individu-individu.

Prof. Dr. Alo Liliweri

Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri, Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.

Anwar Arifin (1988:17)

Menurut Anwar Arifin, Komunikasi adalah suatu konsep yang multi makna. Makna komunikasi dapat dibedakan berdasarkan Komunikasi sebagai proses sosial Komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. Dimana para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi yang secara umum menfokuskan pada kegiatan manusia dan kaitan pesan dengan perilaku.

Markman, 1981 (Murphy & Mendelson:1973)

Menurut Markman, 1981 (Murphy & Mendelson:1973), Komunikasi adalah suatu komunikasi untuk membangun & mempertahankan hubungan interpersonal.

Aristoteles (ruben, 2002:21)

Menurut Aristoteles, Komunikasi adalah alat dimana warga masyarakat dapat berpartisipasi dalam demokrasi.

Drs. Redi Panuju, Msi (2001:1)

Menurut Drs. Redi Panuju, Msi, Komunikasi adalah sistem aliran yang menghubungkan dan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi.

BACA JUGA :  45 Pengertian Negara Menurut Pendapat Para Ahli, Unsur-Unsur dan Tujuan Negara Paling Lengkap

Hoben

Menurut Hoben, Komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.

Anderson

Menurut Anderson, Komunikasi adalah proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.

Barnlund, 1964

Menurut Barnlund, Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.

Lexicographer

Menurut Lexicographer, Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.

Webster’s New Collegiate Dictionary (1977)

Menurut Webster’s New Collegiate Dictionary, Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku.

Hovland, Janis & Kelley (1953)

Menurut Hovland, Janis & Kelley, Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).

Gode (1959)

Menurut Gode, Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.

Ruesch (1957)

Menurut Ruesch, Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.

Weave (1949)

Menurut Weaver, Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya.

Achmad S. Ruky

Menurut Achmad S. Ruky, Komunikasi adalah proses pemindahan dan pertukaran pesan yang dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kepada orang lain, untuk mempengaruhi dan/atau mengubah informasi dan tingkah laku orang yang menerima pesan.

DRS. Agus M. Hardjana, M.Sc. ED

Menurut DRS. Agus M. Hardjana, M.Sc. ED, Komunikasi adalah kegiatan dimana seseorang menyampaikan pesan dari media tertentu kepada orang lain dan sesudah menerima pesan serta memahami sejauh kemampuan, penerimaan pesan menyampaikan tanggapan melalui media tertentu pula kepada orang yang menyampaikan pesan itu kepadanya.

Sindu Mulianto

Menurut Sindu mulianto, Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh pengirim kepada penerima pesan melalui cara dan media tertentu.

Wuryanano

Menurut Wuryanano, Komunikasi adalah melibatkan keseluruhan pribadi anda, cara berbicara, sikap anda, tingkah laku anda, dan segala sesuatu yang terpancar dari pribadi anda.

Atep Aditya Barata

Menurut Atep Aditya Barata, Komunikasi sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan, berita, atau informasi yang terjadi diantara dua orang atau lebih. Proses ini dilakukan secara efektif agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh penerimanya.

Skinner

Menurut BF. Skinner, Komunikasi adalah perilaku verbal atau simbolik dimana pengirimnya berusaha mendapatkan efek yang dikehendakinya dari penerima.

Forsdale

Menurut Frosdale, komunikasi adalah suatu proses dimana sebuah sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan suatu tujuan, yaitu agar sinyal-sinyal yang dikirim dapat diterima dan dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

Frank E.X. Dance

Menurut Frank E.X. Dance, Komunikasi adalah proses dimana melalui proses ini seseorang (komunikator) dapat menyampaikan stimulus dengan tujuan untuk merubah atau membentuk perilaku orang lain (komunikan).

Itulah penjelasan tentang 45 Pengertian Komunikasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli Paling Lengkap , semoga bisa dijadikan sebagai sumber literatur untuk anda.

Content Protection by DMCA.com