Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Ekplanasi Paling Lengkap

Posted on

Pengertian Teks Eksplanasi – Dalam mempelajari bahasa Indonesia kita akan menemui beragam jenis teks didalamnya, salah satunya adalah teks eksplanasi. Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian teks eksplanasi secar lengkap.

Pengertian Teks Eksplanasi

Eksplanasi sendiri berasal dari bahasa Inggris “Explanation”, artinya tindakan menjelaskan atau menerangkan sebuah pernyataan atau fakta. Teks eksplanasi adalah jenis teks yang didalamnya berisi tentang proses mengapa dan bagaimana terjadinya peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial budaya dan lainnya. Hal ini berkaitan dengan suatu peristiwa baik peristiwa alam atau sosial yang terjadi disekitar kita yang memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

Tujuan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan tentang fenomena yang terjadi dan menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa yang terjadi.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

  • Teks eksplanasi menggunakan struktur yang terdiri dari pernyataan umum, sebab akibat, dan interprestasi.
  • Teks eksplanasi memberikan informasi berdasarkan fakta dan data.
  • Teks eksplanasi bersifat objektif.
  • Teks eksplanasi membahas tentang pengetahuan dan peristiwa.
  • Teks eksplanasi bersifat informatif.
  • Teks eksplanasi memiliki atau menggunakan sequence markers. Seperti pertama, kedua, ketiga, dan sebagainya. Bisa juga menggunakan: pertama, berikutnya, terakhir.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks ekspalanasi memiliki 3 bagian struktur yaitu pernyataan umum, Sebab akibat dan interpretasi.

  • Pernyataan Umum
    Pernyataan umum berkaitan dengan topik yang dijelaskan dengan menggunakan gambaran-gambaran permasalahan tersebut.
  • Sebab Akibat
    Isi sebab akibat berkaitan dengan pemaparan secara detail peristiwa dengan menjelaskan proses terjadinya secara tuntas.
  • Interpretasi
    Interpretasi berisi hal tentang hasil analisa dari peristiwa tersebut dengan menginterprestasikan fenomena tersebut. Interprestasi ini juga menegaskan kesimpulan mengenai topik yang telah disajikan.

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi dengan Strukturnya

Pernyataan Umum:
Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang langka dan menarik untuk diamati. Gerhana matahari terjadi dalam kurun waktu ratusan tahun sekali. Fenomena ini terjadi ketika posisi bulan berada tepat diantara matahari dan bumi dalam satu garis lurus sehingga cahaya matahari akan tertutup oleh bulan selama beberapa detik.

Bagian Penjelasan:
Untuk dapat melihat gerhana matahari diperlukan teropong khusus atau media yang melindungi mata. Jika fenomena ini dilihat dengan mata telanjang tentu akan membahayakan keselamatan mata bahkan bisa menimbulkan kebutaan. Hal ini disebabkan karena retina mata rusak oleh radiasi tinggi dari sinar matahari. Radiasi ini tak kasat mata dengan panjang gelombang tertentu. Mata manusia tidak dapat bertahan dengan radiasi tersebut.

Penutup:
Banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap dapat menikmati gerhana matahari. Selain menggunakan teropong khusus gerhana matahari, ada salah satu cara cara paling ekonomis adalah menggunakan film. Film ini akan membantu melindungi mata meskipun tidak maksimal.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Ekplanasi  yang bisa dijadikan sebagai sumber literatur untuk anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia pendidikan, khususnya Bahasa Indonesia.

Content Protection by DMCA.com