Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Struktur, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi Paling Lengkap

Posted on

Pengertian Teks Eksposisi – Secara harfiah, pengertian teks eksposisi adalah sebuah paragraf yang memuat sejumlah informasi penting. Paragraf tersebut ditulis secara jelas, singkat, padat, dan juga mudah dipahami oleh setiap orang yang membacanya. Sehingga dengan membaca teks tersebut, seseorang mampu memperoleh informasi terkait suatu persoalan.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah jenis karangan atau paragraf yang disampaikan secara jelas, singkat dan padat. Dengan begitu seseorang yang membaca paragraf tersebut akan cepat memahami isi atau inti dari topik yang ada dalam paragraf. Selain itu teks didalamnya juga menggunakan kalimat-kalimat yang bersifat mengajak atau menarik perhatian dari pembaca.

Teks eksposisi dapat membahas tentang pendidikan, ekonomi, dan banyak jenis informasi lainnya. Dalam penulisannya, teks eksposisi menggunakan menggunakan kalimat baku dengan ejaan Bahasa Indonesia yang Benar atau sesuai EYD. Dalam penulisannya teks ekposisi memiliki beberapa unsur yang membedakannya dengan jenis teks lainnya.

Tujuan Teks Eksposisi

Teks Eksposisi bertujuan untuk menjelaskan informasi tertentu agar dapat memberikan tambahan ilmu untuk pembaca. Dengan membaca teks eksposisi maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci mengenai suatu hal dan kejadian.

Struktur Teks Eksposisi

  • Tesis
    Tesis berisi pendapat penulis secara pribadi terkait topik yang akan dibahas pada paragraf, biasanya ada pada bagian pembukaan teks.
  • Argumentasi
    Argumentasi berisi pendapat untuk memperkuat pernyataan dari penulis sebelumnya dengan menggunakan berbagai sumber untuk memperkuat pernyataannya.
  • Penegasan Kembali (Reiteration)
    Reiteration berisi penegasa ulang mengenai pendapat sang penulis.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

  • Informasi yang diberikan tidak mengandung profokasi
  • Informasi bersifat objektif dan netral
  • Teks disertai data dan sumber yang akurat
  • Menggunakan fakta sebagai alat konkritasi dan kontribusi
  • Informasi menggunakan gaya bahasa mengajak
  • Teks disampaikan secara lugas menggunakan bahasa yang baku
  • Menjelaskan informasi pengetahuan

Jenis Teks Eksposisi

  1. Eksposisi defini adalah paragraf yang memapaskan definisi suatu topik tertentu.
  2. Eksposisi proses adalah langkah atau cara-cara untuk melakukan suatu hal dari awal hingga akhir.
  3. Eksposisi ilustrasi adalah teks yang berisi informasi atau penjelasan tertentu dnegan memberikan gambaran sederhana mengenai topik lainnya yang memiliki sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu.
  4. Eksposisi laporan adalah paragraf yang mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu.
  5. Eksposisi perbandingan adalah eksposisi gagasan utama yang disajikan dengan cara membandingkan dengan yang lainnya.
  6. Eksposisi pertentangan adalah jenis eksposisi yang berisi tentang pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Tesis:

Belakangan ini skema pendidikan di Indonesia alami satu pergantian yang demikian berarti. Pergantian itu berkaitan dengan kurikulum yang digerakkan dii dunia pendidikan di Indonesia. Di mana, kurikulum 2006 yang lama dipakai ditukar dengan kurikulum 2013. Walau tidak semua sekolah memakainya, akan tetapi kurikulum ini masih berjalan sebagimana harusnya.

Argumentasi:

Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan pada beberapa peluang menuturkan jika, kurikulum 2013 diprioritaskan pada sekolah berstandar Internasional atau sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A, yang biasa dimaksud dengan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Prasyarat ketercapainya distribusi buku juga jadi prasyarat pada sekolah yang melakukan kurikulum 2013.

Kemendikbud juga menuturkan jika kurikulum 2013 ini konsentrasi pada pembangunan sikap, ketrampilan, pengetahuan, ciri-ciri yang berdasar pada pendekatan ilmiah atau scientific approach. Selain itu, kurikulum 2013 juga mengutamakan pada jalinan pada evaluasi pada perasaan sukur atas pemberian Tuhan Yang Maha Esa pada manusia menjadi pengelola alam seputar.

Terutamanya menunjuk pada evaluasi yang di awalnya dengan memerhatikan, menalar, menanya serta coba atau mencipta. Menjadi wakil Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Musliar Kasim berasumsi, jika Kurikulum 2013 ini lebih menonjolkan praktik diabnding hafalan.

Sebab sampai kini, peserta didik banyak ditanggung hafalan, yang bahkan juga di rasa kurang tingkatkan kreatifitas. Terdapatnya kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin cetak anak bangsa Indonesia yang kreatif, produktif serta afektif. Pada kurikulum 2013 massing-masing dari peserta didik dibuat supaya memiliki pengetahuan, sikap, serta ketrampilan.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengutarakan jika kurikulum 2013 mempunyai tujuan untuk membuat ciri-ciri generasi berkualitas, cinta pada tanah air serta bangsanya. Selain itu kurikulum 2013 juga mengutamakan pada peranan aktif siswa dalam proses belajar mengajar, hingga generasi yang lahir masih mempunyai kualitas serta jati diri menjadi bangsa Indonesia.

Penegasan Ulang:

Namun, nyatanya banyak juga penduduk yang menampik berlakunya kurikulum 2013. Pergantian pada kurikulum ini dipandang begitu di paksakan serta mendadak. Justru ada yang memandang kurikulum ini kurang konsentrasi karena memadukan dua mata pelajaran yang memiliki intisari inti berlainan. Meskipun dibuat lebih simpel mata pelajaran yang akan di ajarkan, akan tetapi tingkat pandangan serta pengetahuan yang dipunyai oleh peserta didik akan makin menyusut sebab materi itu tidak dipelajari dengan utuh, tetapi dengan terpisah-pisah hingga membuat peserta didik jadi bingung.

Itulah penjelasan tentang Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi yang bisa dijadikan sebagai sumber literatur untuk anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia pendidikan, khususnya Bahasa Indonesia.

Content Protection by DMCA.com