Pengertian Manajemen Keuangan, Tujuan, Fungsi, Aktivitas dan Konsep Manajemen Keuangan Paling Lengkap

Posted on
Rate this post

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Aktivitas dan Konsep Manajemen Keuangan – Kalian pasti sering mendengar istilah manajemen yaitu seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap suatu hal yang dilakukan oleh sekelompok orang maupun organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Nah kali ini kita akan membahas tentang manajemen keuangan mulai dari pengertian manajemen keuangan, tujuan manajemen keuangan, fungsi manajemen keuangan, aktivitas manajemen keuangan, ruang lingkup manajemen keuangan, dan prinsip manajemen keuangan.

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.

Pengertian manajemen keuangan adalah semua aktivitas atau kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan cara mendapatkan, menggunakan dan mengelola keuangan perusahaan.

Manajemen keuangan atau financial management adalah kegiatan manajemen yang bertujuan untuk mengelola dana maupun aset yang dimiliki perusahaan untuk dimanfaatkan pada hal atau kegiatan yang membantu tercapainya tujuan utama perusahaan tersebut, yakni profit.

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Bambang Riyanto
Menurut Bambang Riyanto, Manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan pendanaan yang diperlukan dengan biaya minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan, serta usaha untuk menggunakan dana tersebut se-efisien mungkin.

J. L. Massie
Menurut J. L. Massie, Manajemen keuangan adalah aktivitas operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk mendapatkan dan menggunakan dana yang diperlukan untuk kegiatan operasional yang efektif dan efisien.

Agus Sartono
Menurut Agus Sartono, Manajemen keuangan adalah semua yang berhubungan dengan pengalokasian dana dalam bermacam bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau untuk pembelanjaan secara efisien.

Liehman
Menurut liehman, Manajemen Keuangan adalah upaya penyediaan uang dan mempergunakan dana tersebut untuk mendapatkan aset (aktiva).

J. F. Bradley
Menurut J. F. Bradley, Manajemen keuangan adalah bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk mengelola penggunaan modal secara bijaksana, selektif, dan seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.

Sonny S.
Menurut Sonny S, Manajemen keuangan adalah kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara mendapatkan dana, menggunakan dana, dan mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

Grestenberg
Menurut Grestenberg, Manajemen keuangan adalah bagaimana suatu bisnis diselenggarakan untuk mendapatkan dana, cara memperoleh dana, penggunaan dana tersebut, dan bagaimana bisnis didistribusikan.

Suad Husnan
Menurut Suad Husnan, Manajemen keuangan adalah manajemen terhadap semua fungsi keuangan.

BACA JUGA :  Pengertian Saham, Manfaat, Keuntungan dan Jenis-Jenis Saham Paling Lengkap

Sutrisno
Menurut Sutrisno, Manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan dengan usaha-usaha untuk memperoleh dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk memakai dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien.

James VanHorne
Menurut James VanHorne, Manajemen keuangan adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan perolehan dana dan pengelolaan pendanaan, serta untuk pengelolaan aktiva dengan tujuan semua aktivitas perusahaan.

Weston dan Copeland
Menurut Weston dan Copeland, Manajemen keuangan adalah suatu fungsi dan tanggung jawab para manajer keuangan. Fungsi pokok manajemen keuangan yaitu menyangkut keputusan tentang penanaman modal, pembiayaan kegiatan usaha, dan pembagian dividen pada suatu perusahaan.

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan manajemen keuangan (financial management) adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan, sehingga apabila suatu saat perusahaan tersebut dijual, maka harganya bisa ditetapkan dengan harga yang setinggi mungkin. Seorang manajer harus menekan bisa menekan arus peredaran uang agar terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan.

Fungsi Manajemen Keuangan

Adapun fungsi dan manfaat manajemen keuangan diantaranya yaitu:

  • Melakukan pengawasan atas biaya
  • Menetapkan kebijaksanaan harga
  • Meramalkan laba yang akan datang
  • Mengukur atau menjajaki biaya modal kerja
  • Perencanaan Keuangan, yaitu membuat rencana pemasukan dan pengeluaran serta kegiatan lainnya untuk periode tertentu.
  • Penganggaran Keuangan, yaitu tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.
  • Pengelolaan Keuangan, yaitu menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.
  • Pencarian Keuangan, yaitu mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.
  • Penyimpanan Keuangan, yaitu mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut.
  • Pengendalian Keuangan, yaitu melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan.
  • Pemeriksaan Keuangan, yaitu melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.
  • Pelaporan keuangan, yaitu penyediaan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan sekaligus sebagai bahan evaluasi.

Aktivitas Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan berhubungan dengan perolehan dana, aktivitas penggunaan dana dan pengelolaan aktiva. Hal tersebut berkaitan dengan sumber dana internal dan juga eksternal perusahaan.

  • Aktivitas penggunaan dana, yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
  • Aktivitas perolehan dana, yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.
  • Aktivitas pengelolaan aktiva, yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva, dana harus dikelola seefisien mungkin.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Adapun ruang lingkup manajemen keuangan diantaranya yaitu:

Keputusan Pendanaan
Hal ini mencakup kebijakan manajemen dalam melakukan pencarian dana perusahaan seperti kebijakan menerbitkan sejumlah obligasi dan kebijakan hutang jangka pendek dan panjang perusahaan yang bersumber dari internal maupun eksternal.

Keputusan Investasi
Kebijakan investasi atau penanaman modal perusahaan pada aktiva tetap (Fixed Assets) berupa tanah, gedung juga peralatan dan mesin maupun aktiva finansial berupa surat berharga seperti saham dan obligasi atau aktivitas investasi dana diberbagai aktiva.

BACA JUGA :  50 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Menurut Bahasa dan Secara Umum Terlengkap

Keputusan Pengelolaan Aset
Kebijakan pengelolaan aset yang dimiliki secara efisien untuk mencapai tujuan perusahaan.

Konsep Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan manajemen atas fungsi-fungsi keuangan, fungsi keuangan merupakan kegiatan utama dalam mempertanggung jawabkan bidang tertentu dalam menggunaaan dana dan menempatkan dana.

Konsep manajemen keuangan sebuah perusahaan dapat digambarkan dengan kalimat membuat keputusan, memberikan perintah, menetapkan kebijakan, menyediakan pekerjaan dan system reward atau imbalan dan mempekerjakan orang untuk melaksanakan kebijakan.

Prinsip Manajemen Keuangan

Adapun prinsip manajemen keuangan diantaranya yaitu:

Consistency (Konsistensi), yaitu prinsip dimana sistem dan kebijakan manajemen keuangan perusahaan sesuai dengan apa yang direncanakan, namun yang perlu ditekankan bahwa sistem keuangan bukan tidak bisa disesuaikan saat terjadi perubahan yang signifikan dalam perusahaan.

Accountability (Akuntabilitas), yaitu suatu kewajiban hukum dan juga moral yang melekat bagi setiap individu, kelompok ataupun perusahaan dalam memberi penjelasan bagaimana dana ataupun kewenangan yang telah diberikan oleh pihak ketiga dipergunakan.

Transparancy (Transparansi), yaitu prinsip dimana setiap kegiatan manajemen harus terbuka dalam memberikan informasi mengenai rencana dan segala aktivitas bagi yang berkepentingan.

Viability (Kelangsungan Hidup), yaitu prinsip dimana menekankan pada kesehatan keuangan perusahaan yang harus dijaga, semua pengeluaran operasional ataupun di tingkat yang strategi harus sesuai dengan dana yang ada.

Integrity (Integritas), yaitu setiap individu wajib memiliki tingkat integritas yang mumpuni dalam menjalankan kegiatan operasional. Selain itu, pencacatan dan laporan keuangan harus terjaga integritasnya dengan kelengkapan dan tingkat keakuratan suatu pencatatan keuangan.

Stewardship (Pengelolaan), yaitu prinsip dimana dapat mengelola dengan baik dana yang telah didapatkan dan memberikan jaminan akan dana yang diperoleh tersebut untuk direalisasikan tujuan yang telah ditetapkan, dalam praktiknya dilakukan dengan hati-hati dengan membuat perencanaan strategis, mengidentifikasi risiko keuangan yang ada serta menyusun dan membuat sistem pengendalian keuangan yang sesuai.

Accounting Standards (Standar Akuntansi), yaitu sistem akuntansi keuangan harus sesuai dengan prinsip dan standar aturan akuntansi yang telah berlaku dengan tujuan laporan keuangan yang dihasilkan mudah dipahami dan dimengerti dari semua pihak yang berkepentingan.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Manajemen Keuangan, Tujuan, Fungsi, Aktivitas dan Konsep Manajemen Keuangan Paling Lengkap  . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Content Protection by DMCA.com