Teks Tanggapan Kritis : Pengertian, Ciri, Tujuan, Kaidah Kebahasaan, Struktur dan Contoh Teks Tanggapan Kritis

Posted on

Pengertian Teks tanggapan Kritis – Apa yang dimaksud dimaksud dengan teks tanggapan kritis? Teks tanggapan kritis adalah suatu teks yang berisi berbagai tanggapan dari berbagai pihak. Lebih jelasnya, berikut pembahasan tentang pengertian teks tanggapan kritis, ciri, fungsi, tujuan, kaidah kebahasaan, struktur teks dan contoh teks tanggapan kritis secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Teks Cerita Fiksi

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Pengertian teks tanggapan kritis adalah suatu bacaan yang berisi tentang gagasan/ide/pendapat yang disampaikan secara individual mengenai suatu persoalan yang sedang dihadapi. Persoalan ini timbul karena adanya perbedaan antara harapan dan kenyataan. Kemudian individu akan berusaha mengkritik persoalan tersebut berdasarkan fakta, data juga alasan yang bisa meyakinkan orang lain mengenai pendapat yang disampaikan tersebut.

Teks tanggapan kritis meupakan suatu teks yang berkaitan dengan kritikan pedas terhadap suatu kesalahan. Teks tanggapan kritis juga dapat diartikan sebagai teks yang berisi kritik tajam dan pedas terhadap suatu hal mengenai kesalahan.

Jenis teks tanggapan kritis ini bisa digunakan dalam forum, dimana kita dituntut untuk menganalisis pendapat dan menerima semua kritikan dari orang yang berbeda pendapat. Tujuan teks tanggapan kritis adalah untuk memilih salah satu pernyataan karena teks ini berisi alasan yang mendukung dan yang menolak.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri atau karakteristik teks tanggapan kritis diantaranya yaitu:

  • Tanggapan yang disampaikan dalam sebuah bacaan berhubungan dengan kejadian atau fenomena yang sedang terjadi di lingkungan sekitar.
  • Tanggapan yang diberikan penulis berisi tentang fakta dan alasan.
  • Tujuannya untuk memberikan penguatan pada pendapat yang disampaikan.
  • Struktur terdiri dari evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang.
  • Kaidah kebahasaan dengan ciri terdapat kata rujukan.

Fungsi Teks Tanggapan Kritis

Dalam konteks sosial, teks tanggapan kritis berfungsi sebagai kepedulian terhadap lingkungan dan menanggapi kebiasaan secara kritis permasalahan di sekitar tempat tinggal.

Tujuan Teks Tanggapan Kritis

Tujuan teks tanggapan kritis adalah untuk memilih salah satu pernyataan, karena pada teks tanggapan kritis berisi alasan yang mendukung dan yang menolak.

Baca Juga : Pengertian Teks Ulasan

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Kaidah atau ciri kebahasaan dalam teks tanggapan kritis, diantaranya yaitu:

Menggunakan Kalimat Kompleks
Kalimat yang digunakan dalam teks tanggapan kritis adalah kalimat yang bersifat kompleks, artinya kalimat tersebut terdiri dari 2 verba dan 2 stuktur.

Menggunakan Konjungsi atau Penghubung
Konjungsi berfungsi untuk menghubungkan antar kalimat atau antar kata dalam teks tanggapan kritis.

Menggunakan Pilihan Kata
Tujuan pilihan kata yaitu untuk memilih kata yang yang tepat yang bisa digunakan dalam teks tanggapan kritis.

Menggunakan Rujukan
Rujukan berfungsi untuk memberikan penguatan pada pendapat atau argumen yang disampaikan penulis, mengingat teks tanggapan kritis membutuhkan bukti dalam penulisannya.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Struktur atau susunan teks tanggapan kritis terdiri dari:

Evaluasi

Evaluasi adalah bagian yang berisi tentang pernyataan-pernyataan umum berkaitan dengan permasalahan yang disampaikan penulis. Evaluasi merupakan bagian awal dari teks tanggapan kritis.

Deskripsi Teks

Deskripsi Teks adalah bagian yang berisi tentang informasi. Informasi tersebut berkaitan dengan alasan yang digunakan untuk mendukung pernyataan maupun menolak suatu pernyataan. Deskripsi teks merupakan bagian tengah dari teks tanggapan kritis.

Penegasan Ulang

Penegasan Ulang adalah bagian yang berisi tentang penegasan ulang terhadap sesuatu yang telah diputuskan atau sesuatu yang telah dilakukan oleh seorang individu dalam teks tanggapan kritis.

Baca Juga : Pengertian Teks Prosedur

Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya

Teks Tanggapan Kritis Tentang Kesehatan

[su_spoiler title=”Contoh Teks Tanggapan Kritis” open=”yes” style=”simple” icon=”chevron”]

Masyarakat dan Rokok

Evaluasi
Di era globalisasi dan dunia serba mudah banyak macam rokok tersedia dan banyak juga masyarakat yang gemar mengkonsumsinya,padahal pada bagian bungkus rokok jelas tertera bahwa rokok sangat berbahaya, menyebabkan banyak penyakit dan menyebabkan polusi udara namun masih ada saja yang mengkonsumsinya bahkan mereka tidak bisa satu hari saya tanpa merokok ditambah lagi dengan banyaknya rokok yang harganya murah sehingga masyarakat golongan rendah pun dapat membelinya.

Deskripsi Teks
Banyak macam rokok dengan berbagai macam merk dan harga membuat masyarakat semakin gemar mengkonsumsi rokok,namun apadaya sebenarnya rokok secara perlahan mengurangi hidup penggunanya.Rokok membuat penggunanya ketergantungan sehingga pengguna rokok harus terus menerus membeli rokok yang mengakibatkan borosnya pengeluaran uang terutama para remaja sehingga mereka tidak bisa menyisihkan uang saku mereka dan para orang tua,uang yang seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga malah digunakan untuk membeli rokok dan jika mereka tidak mempunyai uang maka mereka akan melakukan segala cara untuk mendapatkan rokok bahkan mencuri,oleh karena itu pada zaman sekarang banyak terjadi KDRT, selain itu rokok dapat menyebabkan banyak penyakit bahkan masyarakat yang tidak merokok itu terjadi karena asap rokok dan rokok yang sangat berbahaya.

Pendapat itu memang benar tetapi masyarakat perokok berpendapat bahwa yang pertama merokok membuat mereka terlihat lebih laki-laki,yang kedua menurut mereka tidak membuat boros karena mereka akan lebih bisa mengatur uang mereka seperti dengan tidak membeli hal yang tidak penting,yang ketiga meokok dapat mengurangi stres dan mereka pun yakin satu hari tanpa makan asalkan mereka mereka merokok akan kuat bekerja seharian.

Penegasan Ulang
Sebenarnya saya sebagai penanggap setuju dengan pernyataan bahwa rokok sangat berbahaya bagi tubuh,bikan hanya rokoknya saja tetapi asapnya juga berbahaya karena didalam rokok terdapat bahan yang sangat berbahaya yang mengakibatkan penyakit dan membuat ketagihan,selain itu rokok juga menyebabkan kita hidup boros.
[/su_spoiler]

Baca Juga : Pengertian Teks Deskripsi

Contoh Tesk Tanggapan Kritis Tentang Narkoba

[su_spoiler title=”Contoh Teks Tanggapan Kritis” open=”yes” style=”simple” icon=”chevron”]

Hukuman Mati Untuk pengedar Barang Haram

Evaluasi
Seperti yang sudah kita ketahui, jika sekarang ini kita telah memasuki zaman modern yang mana semuanya serba canggih. Keadaan seperti ini mau tidak mau menekan peredaran narkoba menjadi semakin menjamur di negara kita ini. Perkembangan buruk ini dapat menyerang masyarakat, pelajar, bahkan sampai pejabat negara sekalipun. Yang menjadi topik perdebatan panas di dalam permasalahan ini yakni hukuman mati untuk mereka yang menjadi pengedar sekaligus pemakai narkoba.

Contohnya saja di saat pemakai ketika mengendarai kendaraan mengalami halusinasi yang dapat menyebabkan kecelakaan beruntun yang berujung maut. Alasan yang kedua yakni narkoba bisa merusak generasi muda sebagai penerus bangsa. Pemakaian narkoba ini juga bisa merubah perilaku remaja semakin hari menjadi semakin buruk.

Deskripsi Teks
Padahal negara kita masih memerlukan generasi penerus yang berperilaku baik dan juga bertanggung jawab untuk memajukan bangsa dan negara. Sebab kalau tidak para remaja mau siapa lagi. Faktor yang ketiga yakni narkoba dapat membuat calon pemakainya penasaran dan alhasil sesudah mencoba maka pemakainya akan merasa ketagihan dan kecanduan. bahkan dapat menimbulkan sakau kalau telah berlebihan. Efek negatif ini juga dapat ditularkan untuk temannya. Kalau orang ini bergaul dengan teman-temannya.

Terdapatnya hukuman mati ini diharapkan dapat memberikan efek jera untuk pemakai dan pengedar narkoba. Sehingga tidak heran lagi kalau banyak masyarakat yang setuju dengan hukuman mati untuk pengedar narkoba.

Tetapi tidak sedikit juga orang yang menolak hukuman mati untuk pemakai dan pengedarnya. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi penolakan hukuman ini, diantaranya adalah hukuman mati ini dianggap kurang manusiawi. Juga melanggar hak asasi manusia yang telah tercantum dan sesuai apa yang sudah terdapat di UUD 1945.

Penegasan Ulang
Oleh karena itu, adanya hukuman mati untuk pengedar narkoba dan pemakainya memang harus ditinjau ulang dan ditegakkan kembali. Hal ini disebabkan narkoba memang dapat memberikan dampak yang negatif untuk perkembangan generasi muda penerus bangsa.
[/su_spoiler]

Baca Juga : Pengertian Teks Editorial

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Budaya K-Pop

[su_spoiler title=”Contoh Teks Tanggapan Kritis” open=”yes” style=”simple” icon=”chevron”]

Fenomena K-Pop di Indonesia

Evaluasi
Sekarang ini, anak-anak remaja di Indonesia kegandrungan musik K-pop, bahkan hal ini telah menjadi hal yang umum. Umumnya musik korea atau music K-Pop mengusung musik dance, yang beraliran hip-hop, juga koreografi dan kostum yang menarik. Sehingga terdapatnya K-pop ini membawa dampak yang cukup besar untuk para remaja khususnya Indonesia.

Deskripsi Teks
Fenomena K-pop yang masuk ke Indonesia mulai digandrungi oleh masyarakat terutama untuk kalangan remaja. Terlihat antusias remaja yang begitu membara kepada budaya K-Pop, media tidak mau melewatkan kesempatan emas tersebut, sehingga media memanfaatkan dengan cara menayangkan hal yang berkaitan dengan Korea film.

Perlu diperhatikan, ketertarikan ini membuat remaja lebih tertarik dengan musik Korea dari pada musik asli dari Indonesia. Seharusnya, kita harus bangga dengan musik asli Indonesia, bukan malah menggandrungi musik yang berasal dari negara lain.

Musik K-pop yang masuk ke Indonesia bukan hanya mempunyai sisi negatif saja. Sisi positifnya yakni bertambahnya pengetahuan mengenai budaya dan bahasa Korea. Dengan terdapatnya minat yang tinggi dari remaja yang mengagumi musik K=Pop, ini mendorong mereka untuk semakin semangat mempelajari segala hal yang berkaitan dengan Korea.

Pada saat menyukai sesuatu, ambil manfaatnya atau ambil sisi positifnya. Contohnya saja di saat menyukai K-Pop, buat kesempatan untuk memotivasi kita semakin semangat belajar budaya asing dan semangat untuk meraih cita-cita.

Penegasan Ulang
Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan kalau kehadiran K-Pop membawa dampak yang besat baik positif atau negative untuk remaja Indonesia. Jangan sampai kehadiran K-pop membuat kita lupa dengan musik asli dari Indonesia. Sebab, sebagai anak bangsa, telah sepantasnya menjaga dan melestarikan musik Indonesia supaya perkembangannya tidak kalah dari negara yang lain.
[/su_spoiler]

Baca Juga : Pengertian Teks Negosiasi

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Novel

[su_spoiler title=”Contoh Teks Tanggapan Kritis” open=”yes” style=”simple” icon=”chevron”]

Merebaknya Novel di Kalangan Remaja

Evaluasi
Novel merupakan sebuah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif , yang biasanya ditulis dalam bentuk cerita. Novel biasanya menceritakan tentang kelakuan para tokohnya dalam kehidupan sehari hari, bisa saja berisi tentang pengalaman dari penulis yang menarik apabila dibaca. Novel ini merupakan salah satu media bacaan yang digemari dari berbagai kalangan. Ini bisa dilihat dari pembelian di toko buku bahwa pembelian buku novel lebih banyak dibandingkan buku lain seperti buku kumpulan puisi atau buku pelajaran. Kebanyakan para remaja lebih menyukai novel sebagai media bacaan. Di waktu luang mereka mengisinya dengan membaca novel.

Dibandingkan dengan orang dewasa yang waktunya sibuk dan jarang mengisi waktu luangnya dengan membaca novel. Dalam hal ini saya akan membahas tentang pro kontra tentang membaca novel, karena banyak berbagai tanggapan yang mendukung maupun menentang dengan salah satu hobi ini.

Deskripsi Teks
Ketika seseorang membaca novel ia akan terbawa perasaan kedalam cerita tersebut. Misalnya ketika jalan cerita di dalam novel adalah sad ending maka pembaca ikut merasakan kesedihan yang dirasakan oleh tokoh. Dengan membaca novel yang mengharukan dapat membuat seseorang terlalu peka dengan lingkungan sekitar. Misalnya mudah marah ketika merasa terganggu atau memiliki perasaan sensitif terhadap orang lain. Jadi membaca novel dapat mempengaruhi mood seseorang.

Orang yang memiliki hobi membaca novel biasanya lebih suka mengungkapkan perasaanya lewat bacaan atau tulisan. Dibandingkan berbicara kepada orang yang ia percayai. Dan cenderung ia akan memendam apa yang ia rasakan daripada membicarakannya secara langsung .

Ketika seseorang sudah asyik membaca novel ia akan jarang berinteraksi dengan orang orang sehingga ia akan lebih menutup diri dari lingkungan sekitar. Jika ia kurang bisa menyesuaikan diri dengan siapa ia dan dimana ia berada. Maka bisa saja ia akan dijauhi teman.

Dampak negatif dari membaca novel diwaktu yang tidak tepat ini sudah dirasakan oleh para pengajar mereka sering memergoki muridnya yang membaca novel ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat menyebabkan konsentrasi buyar , karena terbagi untuk memahami membaca novel dan memahami materi pembelajaran. Mungkin sebagian guru mengeluhkan hal ini karena ketika mereka memberikan pertanyaan kepada siswanya tentang materi yang sedang diberikan justru siswanya tidak bisa menjawab.

Membaca novel juga berdampak tidak baik bagi kesehatan. Misalnya dengan membaca buku novel terlalu banyak dengan waktu istirahat yang minim dapat mengganggu kesehatan mata atau dengan posisi duduk yang salah menyebabkan tulang mengalami berbagai kelainan seperti lordosis, kifosis, skoliosis.

Di dalam novel romantis sering terdapat tokoh pria yang sempurna tampan romantis dan kebanyakan juga yang sempurna. Sementara tokoh wanita memiliki peran baik cantik dan memiliki tubuh yang ideal. Menurut survei di virginia tech USA, para wanita dengan kelebihan berat badan akan mengalami kecemasan setelah membaca sebuah novel romantis yang memiliki tokoh pria dan wanita yang memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang ideal.

Selain itu dengan membaca novel wawasan kita bertambah terutama dalam bidang kosakata. Kita juga bisa menambah ilmu kita mengenai bahasa asing salah satu contohnya di novel jepang atau korea sering terdapat glosarium yang berisi kosakata dalam bahasa jepang atau korea. Biasanya glosarium ini terdapat pada halaman terakhir dari novel tersebut.

Tidak hanya itu saja dengan membaca novel yang berisi kisah perjuangan. Misalnya kisah perjuangan meraih cita cita dapat memotivasi diri para pembaca untuk melakukan hal yang sama seperti dalam novel yang dibacanya.

Membaca novel juga dapat dijadikan hobi untuk mengisi waktu luang. Dengan hobi ini pembaca dapat menyegarkan otaknya dari segala kejenuhan yang ia rasakan selama melewati waktu senggangnya. Membaca novel juga dapat meningkatkan daya kerja otak. Ini dibuktikan oleh penelitian dalam jurnal 2014 yang dilakukan oleh brain connectivity yang mengemukakan bahwa kegiatan ini dapat menempatkan pembaca pada sifat tokoh protagonis yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan kemampuan berbelas kasih.

Membaca novel dapat pula meningkatkan daya ingat seseorang. Hal ini dibuktikan oleh seorang psikolog bernama dokter Anne Cuningham dalam makalahnya yang berjudul ” What Reading Does For The Mind”. Bahwa kegiatan membaca dapat menyimpan informasi dari waktu ke waktu.

Membaca sebuah novel dapat meningkatkan daya konsentrasi kita,karena saat kita membaca novel kita membutuhkan suasana yang tenang untuk memahami kata demi kata dalam novel bacaan tersebut. Tak hanya itu saja dengan membaca novel dapat meningkatkan kreativitas para pembacanya. Karena secara tidak langsung pembaca tersebut dapat memperoleh ide ide baru yang dapat dituangkan dalam sebuah karya sastra seperti cerpen ataupun puisi.

Penegasan Ulang
Membaca novel memang suatu kegiatan yang menyenangkan terutama dalam mengisi waktu luang. Tetapi kita harus tahu tentang apa saja dampak buruk dari membaca novel. Dan harus bisa menyesuaikan kapan dan dimana kita akan membacanya. Sehingga tidak mengganggu aktivitas lain yang lebih penting misalnya dalam kegiatan pembelajaran. Untuk dapat merasakan kenyamanan ketika membaca novel kita harus mengatur posisi duduk yang tepat, agar tidak merusak mata. Sehingga dapat menghindari segala pengaruh negatif dari membaca novel dan mendapatkan manfaatnya.
[/su_spoiler]

Baca Juga : Pengertian Teks Anekdot

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Sekolah

[su_spoiler title=”Contoh Teks Tanggapan Kritis” open=”yes” style=”simple” icon=”chevron”]

SMA atau SMK ?

Evaluasi
Mungkin ada sebagian atau bahkan kebanyakan orang tua dan juga siswa SMP seringkali dibingungkan dengan pilihan ini. Terutama bagi siswa kelas 9 yang sebentar lagi akan lulus dan harus segera menentukan pilihannya. Tentu untuk memilih akan masuk SMA ataupun SMK tidak boleh sembarangan. Kita harus mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing pilihan sebelum kita memilihnya. Apa saja alasan-alasan yang dapat memperkuat langkah kita?

Deskripsi Teks
Alasan yang pertama, kita pasti sudah mengetahui jika lulusan SMK lebih mudah dan lebih siap untuk bekerja jika dibandingkan dengan lulusan SMA. Karena di SMK siswa tidak hanya diajarkan teoretik yang mendalam sesuai jurusannya saja, melainkan disana para siswa juga dibekali dengan kemampuan praktek yang sangat menambah pengalaman dan memberikan gambaran nyata tentang dunia kerja. Seperti yang sering kita dengar atau lihat, para siswa SMK seringkali melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau yang biasa disebut dengan istilah “magang”. Saya sepakat dengan hal ini karena pada SMA, siswa hanya diajarkan teoretik saja secara mendalam. Sehingga lulusan SMA harus kuliah dulu jika ingin mendapatkan pekerjaan.

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa setelah lulus dari SMK nanti, kita tidak bisa lanjut ke perguruan tinggi. Hal ini tentu salah, karena siswa SMK tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Kelebihan masuk SMK, siswa mempunyai hardskill berupa kemampuan kejuruan yang spesifik sehingga ketika kuliah seorang siswa mengambil jurusan yang sama dengan ketika dia SMK, maka dia akan lebih mudah untuk mempelajari materi kejuruannya. Sedangkan di SMA, siswa lebih diajarkan kemampuan teoretik saja.

Namun, jika dibandingkan dengan SMA, materi – materi yang diajarkan di SMK tidak seluas materi-materi yang diajarkan di SMA. Hal ini karena di SMK kita lebih diajarkan secara detail pada jurusan yang kita ambil saja. Sedangkan di SMA kita diajarkan berbagai macam materi sesuai bidang yang kita ambil, misalakan bidang IPA. “Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA,” pendapat ini disampaikan oleh salah seorang blogger pada salah satu postingan di blognya. Dari sini kita dapat menilai bahwa kemampuan berfikir secara logika anak SMA jauh lebih bagus dibandingkan dengan anak SMK. Anak SMK cenderung memilih sebuah langkah secara instan atau cepat tanpa mempertimbangkannya secara lebih dalam.

Jika untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, lulusan SMK lebih dibatasi ruang lingkupnya jika dibandingkan dengan lulusan SMA. Sehingga rata-rata siswa SMK kesulitan untuk masuk ke perguruan tinggi. Ketika di perguruan tinggi, siswa SMK tidak bisa mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusannya dulu di SMK. Kalupun bisa, dia akan kesulitan karena di SMK dia hanya diajrkan materi-materi yang mendalam di jurusannya saja. Sedangkan lulusan SMA bisa lebih bebas untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Mengingat pada saat SMA, materi -materi yang diajarkan mencakup semuanya.

Penegasan Ulang
Dengan demikian, siswa lulusan SMK jauh lebih siap kerja dibandingkan dengan SMA. Sehingga biaya yang dikeluarkan lebih hemat. Namun, untuk menentukan pilihan itu semua tergantung dengan minat, kemampuan, serta bakat kita.
[/su_spoiler]

Baca Juga : Pengertian Teks Eksposisi

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian teks tanggapan kritis, ciri, fungsi, tujuan, kaidah kebahasaan, struktur teks dan contoh teks tanggapan kritis secara lengkap.