Teks Prosedur : Pengertian, Ciri, Tujuan, Ciri Kebahasaan, Macam dan Contohnya Lengkap

Posted on

Teks Prosedur : Pengertian, Ciri, Tujuan, Ciri Kebahasaan, Macam dan Contohnya Lengkap – Kalian mungkin sering membaca teks mengenai tutorial membuat sesuatu atau semacamnya dimana teks tersebut bertujuan untuk memudahkan pembaca melakukan sesuatu, apa kalian tahu jenis teks tersebut? Teks tersebut adalah teks prosedur, apa itu teks prosedur? Agar kalian lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi teks prosedur dan strukturnya secara rinci.

Pengertian Teks Prosedur Secara Umum

Pengertian teks prosedur adalah teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakukan sesuatu hal baik melakukan suatu kegiatan tertentu maupun membuat sesuatu yang disajikan secara berurutan.

Definisi teks prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

Baca Juga : Teks Deskripsi

Biasanya teks prosedur ada pada tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial melakukan langkah tertentu. Dalam teks prosedur ada kata perintah untuk melakukan apa yang dibahas pada teks agar pembaca melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut.

Pengertian Teks Prosedur Menurut Para Ahli

Kamaeuddin

Menurut Kamaeuddin, Prosedur adalah suatu susunan teratur sebuah kegiatan yang berhubungan satu dengan yang lainnya dan prosedur-prosedur yang berkaitan memudahkan dalam melaksanakan kegiatan utama dari suatu organisasi.

Gerald Cole

Menurut Gerald Cole, Prosedur adalah suatu urutan pekerjaan yang melibatkan beberapa orang dalam suatu bagian yang disusun untuk menjamin adanya perlakuan seragam terhadap transaksi perusahaan.

Mulyadi

Menurut Mulyadi, Prosedur adalah urutan kegiatan kleriekal yang biasanya melibatkan beberapa orang dalam penanganan secara seragam terhadap transaksi perusahaan yang sering terjadi dan berulang-ulang.

Fauzi

Menurut Fauzi, Prosedur adalah urutan pekerjaan administrasi yang melibatkan beberapa orang dalam satu bagian yang disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi perusahaan yang sering terjadi.

Ismail Masya (1994 : 74)

Menurut Ismail Masya, Prosedur adalah suatu rangkaian tugas-tugas yang saling berhubungan yang merupakan urutan-urutan menurut waktu dan tata cara tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilaksanakan berulang-ulang.

Amin Widjaja (1995 : 83)

Menurut Amin Widjaja, Prosedur adalah sekumpulan bagian yang saling berkaitan misalnya : orang, jaringan gudang yang harus dilayani dengan cara yang tertentu oleh sejumlah pabrik dan pada gilirannya akan mengirimkan pelanggan menurut proses tertentu.

Muhammad Ali (2000 : 325)

Menurut Muhammad Ali, Prosedur adalah tata cara kerja atau cara menjalankan suatu pekerjaan.

Baca Juga : Teks Editorial

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Ciri ciri atau karakteristik teks prosedur diantaranya yaitu:

Menggunakan pola kalimat imperatif

Kalimat imperatif atau kalimat perintah adalah kalimat yang mengandung perintah atau komando. Fungsi kalimat imperatif yaitu untuk meminta atau melarang seseorang melakukan sesuatu. Berikut beberapa contoh kalimat imperatif atau kalimat perintah:

  • Tolong ambilkan buku itu!
  • Diam semuanya!
  • Biarkan saja dia pergi jauh !
  • Jangan membuang sampah sembarangan !

Menggunakan kata kerja aktif

Kata kerja aktif adalah kata kerja yang subjeknya berperan sebagai pelaku. Kata kerja aktif ini umumnya bercirikan dengan adanya awalan me- dan ber-. Contoh kata kerja aktif diantaranya memukul, berlari.

Menggunakan konjungsi

Konjungsi atau kata sambung atau kata hubung adalah kata untuk menghubungkan kata, ungkapan atau kalimat dan sebagainya dan tidak untuk tujuan atau maksud lain. Tujuan penggunaan konjungsi pada teks prosedur yaitu untuk mengurutkan kegiatan atau cara. Contoh konjungsi yaitu selanjutnya, berikutnya, lalu, setelah itu, dan, dengan, serta, atau, kemudian, dan lain sebagainya.

Menggunakan kata keterangan

Kata keterangan atau adverbia adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain, seperti verba (kata kerja) dan adjektiva (kata sifat), yang bukan nomina (kata benda). Tujuan penggunaan kata keterangan pada teks prosedur yaitu untuk menyatakan cara, tempat dan waktu yang akurat. Contoh kata keterangan misalnya maka, sedikit, banyak, dengan, sangat, amat, tidak. Contoh kata keterangan dalam kalimat seperti  “Ayah memotong kayu dengan golok”.

Baca Juga : Teks Negosiasi

Selain itu, ciri teks prosedur yang lainnya diantaranya yaitu:

  • Terdapat tujuan, langkah-langkah dan penutup.
  • Berisi pemberian informasi.
  • Berisi langkah yang terperinci
  • Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung.
  • Menggunakan kalimat saran dan larangan.
  • Menggunakan kriteria atau batasan tertentu.
  • Menggunakan kata keterangan.
  • Menggunakan akhiran -i dan -kan, contohnya, jangan lupa selalu siram-i bunganya setiap hari, lempar-kan bola tersebut keatas.

Tujuan dan Fungsi Teks Prosedur

Tujuan teks prosedur adalah untuk membantu pembaca atau pendengar memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat atau dengan kata lain, tujuan penulisan teks prosedur yaitu untuk memperoleh hasil akhir.

Struktur Teks Prosedur

Dalam pembentukannya, teks prosedur memiliki 3 (tiga) struktur atau susunan yang terdiri dari:

Tujuan

Bagian tujuan teks prosedur dapat berupa judul dan juga berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan di capai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur tersebut.

Material

Bagian material teks prosedur berisi mengenai bahan, alat atau material yang dibutuhkan. Akan tetapi, tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini. Pada umumnya penggunaan bagian material terdapat pada teks prosedur tentang pembuatan suatu hal seperti makanan dan lain sebagainya.

Langkah-Langkah

Bagian ini berisi mengenai langkah-langkah yang harus dilewati untuk mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur. Pada bagian ini setiap langkah harus dilakukan dengan urut tidak boleh secara acak.

Baca Juga : Teks Anekdot

Ciri Kebahasaan Teks Prosedur

Ciri atau kaidah kebahasaan teks prosedur terdiri dari:

Konjungsi temporal
Pada teks prosedur akan banyak ditemukan kata konjungsi temporal atau kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan yang hadir dan berisifat kronologis seperti selanjutnya, berikutnya, kemudian, lalu, dan setelah itu.

Kata kerja imperatif
Dalam teks prosedur juga akan banyak ditemukan kaliamt imperatif atau kalimat perintah dan larangan yang harus ditaati dalam pelaksanaan teks prosedur.

Verba material dan tingkah laku
Verba material adalah sesuatu yang mengacu pada tindakan fisik seperti potong wortel, haluskan bumbu dan lain sebagainya. Sedangkan verba tingkah laku merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan ungkapan.

Partisipan manusia
Partisipan manusia adalah semua manusia yang ikut serta dalam teks prosedur tersebut.

Selain itu, ciri kebahasaan teks prosedur lainnya yaitu:

  • Ada bilangan sebagai penanda urutan.
  • Ada kalimat introgatif atau kalimat berisikan pertanyaan.
  • Ada kalimat deklaratif atau kalimat berisikan pernyataan.

Macam-Macam Kalimat Dalam Teks Prosedur

Ada 3 macam jenis kalimat yang digunakan dalam teks prosedur diantaranya yaitu:

Kalimat Interogatif
Kalimat Interogatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan dan berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu.

Kalimat Imperatif
Kalimat Imperatif adalah kalimat berisi perintah dan berfungsi untuk meminta dan melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.

Kalimat Deklaratif
Kalimat Deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan dan berfungsi untuk memberikan informasi atau berita mengenai sesuatu.

Baca Juga : Teks Eksplanasi

Macam-Macam Teks Prosedur

Secara umum, ada 3 (tiga) macam jenis teks prosedur yaitu teks prosedur sederhana teks prosedur protokol dan teks prosedur kompleks.

Teks Prosedur Sederhana

Pengertian teks prosedur sederhana adalah teks yang hanya menyajikan prosedur yang hanya ditempuh dengan dua atau tiga langkah saja. Contoh prosedur teks sederhana seperti cara mematikan televisi, cara mengirimkan pesan melalui handphone dan lain sebagainya. Langkah awal merupakan syarat untuk langkah selanjutnya, untuk itu 2-4 langkah sederhana tersebut tidak bisa berubah urutannya.

Teks Prosedur Protokol

Pengertian teks prosedur protokol adalah jenis teks prosedur yang langkah kerjanya tidak terlalu ketat atau dengan kata lain langkah kerja pada teks protokol dapat diubah. Langkah-langkah tersebut tidah harus dilakukan secara urut karena tidak saling berkaitan, meski urutan langkah diubah tujuan yang diharapkan tetap bisa terpenuhi.

Teks Prosedur Kompleks

Pengertian teks prosedur kompleks adalah jenis teks prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut bertahap dengan sub langkah pada setiap langkahnya.

Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Cara Mematikan Televisi Yang Benar

  1. Pertama, kecilkan volume televisi sampai nol.
  2. Kemudian, tekan tombol power pada remot control.
  3. Setelah itu, tekan saklar on/off pada bagian depan televisi.
  4. Terakhir, Cabut steker televisi dari stopcontact.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Cara Memasak Mie Instan

Pertama, didihkan air kemudian masukkan mie instan ke dalam air yang mendidih. Setelah itu, silahkan tentukan apakah bumbu racik mie instan akan dimasukkan bersama mie yang sedang dimasak atau pisahkan ke dalam wadah tersendiri yang sudah disediakan. Setelah mie matang, masukkan kedalam wadah. Terakhir mie siap dihidangkan.

Baca Juga : Teks Eksposisi

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Cara Mematikan Komputer Yang Benar

Setelah sebelumnya kita membahas cara untuk menghidupkan komputer yang benar sekarang kita akan membahas bagaimana cara untuk mematikan komputer yang benar. Di bawah ini akan dibagi menjadi dua bagian, pada bagian pertama akan dibahas tentang cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan Windows 7 setelah itu pada bagian kedua kita akan membahas bagai mana cara untuk mematikan komputer yang benar pada windows 8.

Untuk cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan windows 7 yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu “Start” yang berada pada pojok kiri bawah layar.
  2. Lalu klik “Shutdown”.
  3. Lalu Pilih “OK”.
  4. Tunggu hingga komputer mati.
  5. Setelah komputer mati, matikan stabilizer dengan cara menekan tombol power setelah itu cabut kabel listrik untuk memutuskan arus.

Untuk cara mematikan komputer pada windows 8 yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Arahkan pointer mouse ke pojok kanan bawah.
  2. Pilih, setelah itu klik setting.
  3. Klik power, setelah itu klik shutdown.
  4. Tunggu hingga komputer dalam keadaan benar-benar mati.
  5. Setelah itu matikan stabilier dan cabut kabel arus listrik.

Demikian pembahasan materi teks prosedur dan contohnya, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

Content Protection by DMCA.com