Teks Ulasan : Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Ulasan Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Ulasan – Kalian mungkin pernah mendengar istilah teks ulasan, apa itu teks ulasan? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian teks ulasan dan contohnya secara rinci.

Pengertian Teks Ulasan

Pengertian teks ulasan adalah teks yang berisi tentang ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya baik film, drama atau buku. Teks ulasan juga disebut dengan resensi atau teks review.

Pada umumnya, ulasan ditulis dalam bentuk artikel, sehingga teks artikel bisa disebut dengan artikel ulasan. Ulasan tidak harus dibuat terhadap buku, tapi juga bisa dibuat untuk karya lain seperti artikel, karya sastra (cerpen, novel, drama, dan puisi), serta karya seni (musik, tari, kriya, lukis, pertunjukan, dan film). Selain itu, ulasan juga bisa dibuat untuk suatu peristiwa seperti olah raga atau kegiatan sosial lainnya. Fungsi teks ulasan yaitu untuk menimbang, menilai, dan mengajukan kritik terhadap karya atau peristiwa yang diulas tersebut.

Baca Juga : Teks Debat

Menulis teks ulasan drama berarti memberikan komentar, penilaian, kritik, bahkan saran untuk mengetahui kualitas, kelebihan, atau kekurangan terhadap pementasan drama yang sudah disaksikan dalam bentuk sebuah tulisan sehingga bisa dipublikasikan kepada khalayak.

Cara yang paling tepat dalam menyampaikan ulasan berbentuk kritik yaitu dengan menggunakan bahasa yang santun, diksi yang baik dan pada waktu yang tepat. Sebagai penulis ulasan drama, sudah seharusnya menguasai permasalahan yang dikritik dan dapat memberikan solusi atas permasalahan yang diulas.

Saat mengulas suatu film atau drama, kita harus bersikap kritis agar berkontribusi demi kemajuan drama atau film tersebut.

Pengertian Teks Ulasan Menurut Para Ahli

Romli (2003: 78-81)

Menurut Romli, resensi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Pada bagian pendahuluan, resensi memberikan informasi mengenai identitas buku yang meliputi judul, penulis, penerbit, dan tahun terbitnya, jumlah halaman, dan harga buku jika diperlukan. Kemudian di bagian kedua berisikan ulasan tentang tema atau judul buku, paparan singkat isi buku (mengacu kepada daftar isi) atau gambaran tentang keseluruhan isi buku, dan informasi tentang latar belakang serta tujuan penulisan buku tersebut. Pada bagian ketiga berisikan tentang penilaian resensi terhadap buku yang telah dibacanya, meliputi kekurangan, kelebihan, serta saran-saran yang mendukung buku tersebut.

Baca Juga : Teks Prosedur

Depdiknas (2014:96)

Menurut Depdiknas, teks ulasan adalah suatu teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai hal. Dalam pembelajaran ini peserta didik diajak untuk bersikap kritis terhadap film atau drama. Teks ulasan juga bertujuan untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Tidak hanya mengandalkan pengetahuan teori saja, tetapi peserta didik dituntut untuk dapat kreatif agar dapat menghasilkan teks ulasan yang baik.

Kosasih (2014:203)

Menurut Kosasih, teks ulasan adalah teks yang di dalamnya terdapat sejumlah tafsiran, komentar, atau pun kupasan mengenai suatu objek tertentu, yang di dalam hal ini adalah pementasan drama atau pun teater. Ulasan bisa berbentuk lisan atau pun tulisan, ulasan tulisan berwujud resensi yang umumnya dimuat di media masa, seperti dalam surat kabar atau pun majalah. Ulasan drama diperlukan untuk memberikan sebuah penilaian terhadap drama yang telah disaksikan. Bagi sebagian orang, membaca terlebih dahulu ulasan drama dari narasumber lebih mempunyai nilai lebih daripada menyaksikan tanpa
membaca ulasannya terlebih dahulu.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Ciri ciri atau karakteristik struktur teks ulasan diantaranya yaitu:

  • Strukturnya terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
  • Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk.
  • Opininya berdasarkan fakta yang di interpretasikan
  • Memiliki nama lain yaitu resensi.

Baca Juga: Teks Deskripsi

Tujuan Teks Ulasan

Tujuan teks ulasan diantaranya yaitu:

  • Untuk menunjukan sudut pandang atau keberpihakan penulis terhadap suatu hal atau karya sementara.
  • Untuk memberikan informasi pada khalayak ramai tentang standar kelayakan dan kepatutan sebuah karya.
  • Untuk membantu pembaca mengetahui gambaran dan kritikan terhadap suatu karya
  • Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan karya yang diulas atau diresensi
  • Untuk memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya.
  • Untuk mengajak pembaca merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan masalah yang muncul dalam dalam suatu karya.
  • Untuk memberikan pertimbangan pada pembaca tentang nilai kepantasan suatu karya.
  • Untuk memudahkan pembaca mengidentifikasi hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa.
  • Untuk memberikan pertimbangan bagi pembaca sebelum memilih membeli dan menikmati suatu karya.

Struktur Teks Ulasan

Struktur teks adalah bagian yang membangun sebuah teks sehingga menjadi suatu teks yang utuh. Berikut ini struktur teks ulasan, terdiri dari:

Baca Juga : Teks Editorial

Orientasi

Dalam bagian ini berisi pengenalan tentang gambaran umum mengenai sebuah karya baik film, buku, drama dan lainnya yang akan diulas. Gambaran umum ini menyiapkan latar belakang bagi pembaca mengenai apa yang akan diulas.

Tafsiran

Bagian ini berisi gambaran detail mengenai sebuah karya baik film, buku, drama dan lainnya yang diulas, misalnya bagian-bagian dari hasil karya, keunikan, keunggulan, kualitas dan lain sebagainya.

Evaluasi

Bagian ini berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. Hal ini dilakukan setelah melakukan tafsiran yang cukup terhadap hasil karya tersebut. Pada bagian ini penulis akan menyebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan dari karya tersebut maupun bagian yang kurang bernilai atau kekurangan dari karya tersebut.

Rangkuman

Bagian berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya baik film maupun drama. Bagian ini juga memuat komentar penulis apakah hasil karya tersebut bernilai/berkualitas atau tidak untuk ditonton atau disaksikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Kaidah atau ciri kebahasaan teks ulasan terdiri dari:

  • Teks ulasan drama atau film berisi penonjolan terhadap unsur-unsur karya seni yang akan diulas.
  • Menggunakan kalimat opini atau persuasif.
  • Menggunakan konjungsi internal dan konjungsi eksternal.
  • Menggunakan ungkapan perbandingan baik persamaan atau perbedaan.
  • Menggunakan kata kerja material dan kata kerja relasional.

Langkah-Langkah Menulis Teks Ulasan

Menurut Kosasih (2014:204), ada beberapa langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menulis teks ulasan drama yang baik dan benar diantaranya yaitu:

  • Menentukan tema (topik) sesuai dengan isi drama dengan tepat;
  • Menuliskan identitas drama;
  • Menuliskan sinopsis drama;
  • Menuliskan argumen tentang unsur intrinsik drama;
  • Menuliskan penilaian/rekomendasi drama;
  • Menuliskan teks ulasan drama berdasarkan ciri kebahasaan;
  • Menuliskan teks ulasan drama berdasarkan kaidah penulisan teks ulasan drama.

Baca Juga : Teks Anekdot

Jenis Jenis Teks Ulasan

Berdasarkan isinya, teks ulasan atau resensi dibagi beberapa jenis, diantaranya yaitu:

Teks Ulasan Informatif

Resensi atau teks ulasan jenis ini berisi mengenai gambaran singkat, padat dan umum suatu karya. Resensi ini tidak menyampaikan seluruh isi karya namun hanya memaparkan bagian yang penting saja dan menekankan pada kelebihan dan kekurangan karya tersebut.

Teks Ulasan Deskriptif

Jenis teks ulasan atau resensi ini berisi gambaran detail pada tiap bagian suatu karya. Hal ini umumnya dilakukan pada karya fiksi untuk mendapatkan gambaran jelas tentang manfaat, pentingnya informasi dan kekuatan argumentatif yang dituangkan penulis dalam sebuah karya.

Teks Ulasan Kritis

Jenis Resensi ini berisi ulasan terperinci suatu karya sastra dengan mengacu pada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Teks ulasan ini dibuat secara objektif dan kritis bukan pandangan pembuat resensi tersebut. Contoh resensi melakukan resensi pada novel dan karya fiksi lain dengan menggunakan pendekatan feminis dan sosiologi.

Baca Juga : Teks Editorial

Contoh Teks Ulasan

Berikut ini contoh teks ulasan novel HUJAN karya Tere Liye

Orientasi

Hujan merupakan novel karya Tere Liye yang bercerita mengenai keinginan seorang tokoh utama yaitu Lail yang berniat menghapus memori mengenai seseorang. Lail kemudian meminta bantuan Elijah. Lail memikirkan alasan kenapa dirinya harus menghapus memori itu, dan dia pun menceritakan kepada Elijah.

Tafsiran

Laik (gadis 13 tahun) menjadi yatim piatu karena bencana alam gempa bumi dari gunung purba sehingga menyebabkan tsunami di belahan bumi lain. Disaat bencana tersebut, dia jadi bertemu dengan sosok lelaki bernama Esok yang menarik tas punggungnya sehingga dia tidak jadi tergelincir ke dalam lorong kereta bawah tanah.

Keduanya kemudian terjebak dalam kisah cinta selama pengungsian. Dimana keduanya selalu bersama, uniknya keduanya mempunyai cara yang “santun” dalam menjaga hati sehingga percintaan mereka terlihat tidak biasa.

Maryam, sahabat setia Lail, mereka bertemu setelah masa pengungsian dan mereka pindah ke panti. Hubungan kedua sahabat ini sangat akrab, Maryam mengetahui bahwa hubungan Esok dan Lail lebih dari sekedar cinta biasa. Karakter Lail yang introvert, membuatnya tidak marah ketika Maryam menggoda hubungan keduanya.

Baca Juga : Teks Eksposisi

Diceritakan bahwa bencana alam yang terjadi itu hanyalah permulaan. Kemudian setelah itu terjadi musim dingin yang berkepanjangan. Daerah sub-tropis pun bisa turun salju dan hal itu membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik dengan upaya mengembalikan iklim keadaan semula. Namun, ada efek jangka panjang yang harus diterima penduduk bumi.

Evaluasi

Novel hujan ini ditampilkan dengan bahasa yang bisa “menyihir” para pembaca sehingga memaksa pembaca merasakan rasa “tegar”ketika ditimpa beberapa masalah, melangkah maju ketika ada masalah berat, dan merasakan jatuh cinta.

Rindu bertemu pasangan dan berjumpa kembali setelah sekian lama tidak berjumpa serta cemburu. Seseorang yang sedang remaja atau sudah melewati masa itu mungkin akan tersenyum mengetahui tingkah Lail. Imajinasi akan dibuat terbang oleh novel ini.

Rangkuman

Novel hujan memang tidak biasa. Tema yang di ulas tidak seperti novel tema romantis kebanyakan. Bukan hanya membahas mengenai percintaan, tetapi juga terdapat beberapa hal ilmiah.

Novel yang menceritakan tentang kepastian yang tidak pasti dan kabar yang tidak pernah dikabarkan. Membuat sepasang insan yang sedang merasakan cinta menunggu untuk saling mengungkapkan cintanya.

Demikian pembahasan tentang pengertian teks ulasan, ciri, tujuan, struktur, kaidah kebahasaan, langkah menulis, jenis dan contoh teks ulasan, semoga bermanfaat.

Content Protection by DMCA.com