Fungsi Vakuola : Pengertian, Ciri, Struktur dan Jenis Vakuola Pada Tumbuhan dan Hewan

Posted on

Fungsi Vakuola Pada Tumbuhan dan Hewan – Ada berbagai organel penyusun sel tumbuhan dan hewan, salah satunya adalah vakuola. Apa itu vakuola tumbuhan? Bagaimana vakuola pada sel tumbuhan dapat terbentuk? Apa fungsi dari vakuola? Apa perbedaan vakuola pada sel hewan dan sel tumbuhan? Mengapa vakuola pada tumbuhan ukurannya lebih besar daripada vakuola pada hewan?

Baca Juga : Jaringan Meristem Pada Tumbuhan

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian vakuola, ciri, fungsi, struktur, jenis vakuola serta perbedaan vakuola sel tumbuhan dan sel hewan secara lengkap.

Pengertian Vakuola

Pengertian vakuola adalah organel sel berupa ruang yang berisi cairan seperti rongga yang dilapisi membran dimana cairan tersebut berupa air yang melarutkan berbagai zat seperti enzim, basa, asam, alkanoid, garam mineral dan lemak. Tidak hanya itu, dalam vakuola juga terdapat glukosa, gas, asam organik dan asam amino.

Vakuola merupakan organel sel tumbuhan yang memiliki ruang bermembran, dimana didalamnya ada berbagai zat makanan, sisa reaksi kimia, air dan lain sebagainya.

Vakuola bisa ditemukan pada sel tumbuhan, sedangkan pada sel hewan dan bakteri organel vakuola tidak ditemukan, tapi vakuola ini bisa ditemukan pada organisme uniselular tingkat rendah.

Ciri-Ciri Vakuola

Ciri-ciri atau karakteristik vakuola, antara lain:

  • Bentuknya seperti ruang berongga dengan dibungkus tonoplas atau membran.
  • Berisi cairan bening.
  • Ukuran vakuola sel tumbuhan lebih besar dan berisi air, sedangkan ukuran vakuola pada sel hewan lebih kecil dibandingkan dengan sel tumbuhan, pada hewan hanya ditemukan pada organisme uniseluler. Vakuola sel tumbuhan lebih besar sebab tumbuhan membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan zat makanan. Selain itu, pada tanaman tertentu yang menghasilkan minyak, tanin, alkanoid dan getah, akan menyimpannya dalam vakuola.

Fungsi Vakuola

Fungsi vakuola secara umum adalah meningkatkan jumlah air lewat membran untuk membuat tekanan turgor yaitu tekanan yang menggerakkan membran sel pada dinding sel tumbuhan akibat osmosis air berkonsentrasi rendah dari luar ke dalam vakuola yang memiliki kosentrasi lebih tinggi. Fungsi tugor sel yaitu untuk menjaga bentuk sel tumbuhan.

Selain itu, ada banyak fungsi vakuola, antara lain:

  • Sebagai tempat percadangan zat warna bunga, daun dan juga buah.
  • Sebagai tempat percadangan minyak atsiri.
  • Sebagai tempat percadangan hasil sintesis seperti glukosa, amilum, fenol dan juga glikogen.
  • Sebagai tempat penyimpanan bahan/zat tertentu.
  • Sebagai tempat pembuangan sisa zat/sampah.
  • Sebagai tempat degradasi organel sel lainnya.
  • Sebagai tempat keberlangsungan distribusi zat dalam sel.
  • Sebagai pengontrol turgiditas sel.
  • Sebagai tempat sisa metabolic juga metabolisme sekunder.
  • Sebagai pengatur tekanan osmotik yang terjadi dalam sel.
  • Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel.
  • Untuk melindungi sel.
  • Untuk membentuk tekanan turgor pada sel.

Baca Juga : Jaringan Dewasa Pada Tumbuhan

Struktur Vakuola

Umumnya, struktur vakuola tumbuhan berukuran besar bahkan pada tumbuhan dewasa semua bagian sitoplasma hampir terpenuhi dan vakuola ditutupi membran tunggal disebut tonoplas yang didalamnya terdapat cairan yang seringkali disebut getah sel yang tersusun dari air dan beragam zat terlarut lain.

Sedangkan sel muda memiliki vakuola dalam jumlah banyak dengan ukuran kecil lalu akan menyatu menjadi satu vakuola besar seiring perkembangan sel tumbuhan tersebut. Vakuola tersusun dari retikulum endoplasma (RE) yang memanjang membentuk saluran dengan ukuran kecil yang disebut dengan pravakuola, setelah itu pravakuola yang terbentuk akan menyatu membentuk organel serupa bola.

Perbedaan vakuola tumbuhan dan hewan yaitu dalam sel hewan terdapat satu atau lebih vakuola. Selain itu, sifat struktur vakuola sel hewan sementara dan pada tak sedikit kasus, struktur vakuola sel tumbuhan bersifat permanen juga ukurannyalebih besar dibandingkan vakuola hewan.

Mengapa ukuran vakuola pada tumbuhan lebih besar daripada hewan?
Hal tersebut terjadi karena hewan dan manusia mengunakan energi dari sel secara langsung, sedangkan tumbuhan tidak langsung memakainya. Sel tumbuhan memerlukan ruang yang banyak sebagai tempat penyimpanan zat makanan, selain itu terdapat beberapa tumbuhan memproduksi minyak, tanin, getah dan alkaloid yang nantinya akan dicadangkan dalam vakuola.

Kandungan vakuola antara lain berbagai senyawa organik & anorganik, minyak eteris, organic acid, pati, enzim, tanin, fruktosa, sukrosa, zat warna dan mineral.

Vakuola Pada Tumbuhan

Hampir semua jenis tumbuhan memiliki vakuola dan ukuran vakuola tumbuhan bisa diketahui dari umur tumbuhan tersebut dimana semakin besar ukuran vakuola maka semakin tua umur tumbuhan tersebut dan begitu sebaliknya.

Fungsi vakuola tumbuhan adalah sebagai tempat pencadangan sisa metabolisme, seperti getah untuk menyimpan garam mineral dan sukrosa yang menghubungkan dinding sel dan sitoplasma.

Vakuola Pada Hewan

Perlu diketahui jika tak semua hewan memiliki vakuola, hanya organisme bersel satu seperti protozoa yang memilikinya. Ada dua jenis vakuola pada hewan yaitu vakuola gerak atau vakuola denyut dan vakuola makanan.

Baca Juga : Jaringan Pada Tumbuhan

Fungsi vakuola denyut adalah untuk mengakumulasi dan mensekresi cairan sisa metabolisme dimana cairan tersebut digunakan untuk mengatur kadar air dan garam yang ada dalam tubuh. Sedangkan fungsi vakuola makanan adalah untuk menyimpan, mengolah dan mengedarkan makanan ke seluruh bagian sel hewan.

Jenis Jenis Vakuola

Inilah beberapa macam vakuola, antara lain

Vakuola Makanan

Fungsi vakuola makanan atau vakuola nonkontraktil adalah untuk mengolah dan mengedarkan hasil pencernaan makanan ke seluruh bagian tubuh. Makanan yang sudah dicerna dialihkan ke sitosol untuk digunakan dan zat yang tak bisa dicerna akan dikeluarkan dari sel.

Vakuola Denyut

Fungsi vakuola denyut atau vakuola kontraktil adakah sebagai osmoregulator yaitu pengatur nilai osmotik dalam sel.

Vakuola Pusat

Pada sel dewasa, vakuola pusat mengisi 90-95% volume keseluruhan sel. Membran vakuola pada sel tumbuhan disebut tonoplas yang sangat tak permeabel pada air dan materi larut dalam air.

Baca Juga : Fungsi Sitoplasma

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian vakuola, ciri, fungsi, struktur, jenis vakuola serta perbedaan vakuola sel tumbuhan dan sel hewan. Semoga bermanfaat

Content Protection by DMCA.com