Legenda : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Legenda Lengkap

Posted on
Legenda : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Legenda Lengkap
5 (100%) 1 vote

Pengertian Legenda – Pengertian legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang memiliki cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Legenda sering dianggap sebagai sejarah kolektif. Walaupun, karena tidak tertulis maka kisah tersebut mengalami distorsi sehingga sering jauh berbeda dengan kisah aslinya.

Legenda merupakan cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi yang ceritanya dihubungan dengan tokoh sejarah serta dibumbui dengan keajaiban, kesaktian dan keinstimewaan tokohnya.

Pengertian Legenda Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Legenda adalah cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi.

William R. Bascom

Menurut William R. Bascom, Legenda adalah cerita yang mempunyai ciri-ciri yang mirip dengan mitos, yaitu dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci.

Buku Sari Kata Bahasa Indonesia

Menurut Buku Sari Kata Bahasa Indonesia, Legenda adalah cerita rakyat zaman dahulu yang berkaitan dengan peristiwa dan asal-usul terjadinya suatu tempat.

Pudentia

Menurut Pudentia, Legenda adalah cerita yang dipercaya oleh beberapa penduduk setempat benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci atau sakral yang juga membedakannya dengan mite.

Hooykaas

Menurut Hooykaas, Legenda adalah dongeng tentang hal-hal yang berdasarkan sejarah yang mengandung sesuatu hal yang ajaib atau kejadian yang menandakan kesaktian.

BACA JUGA :  Puisi - Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Unsur dan Struktur Puisi Paling Lengkap

Emeis

Menurut Emeis, Legenda adalah cerita kuno yang setengah berdasarkan sejarah dan yang setengah lagi berdasarkan angan-angan.

Ciri-Ciri Legenda

Berikut ini ciri khas atau karakteristik legenda, diantaranya yaitu:

  • Dianggap sebagai kejadian yang benar-benar terjadi.
  • Bersifat sekuler atau keduniawian.
  • Tokoh legenda umumnya manusia.
  • Sejarah kolektif yaitu sejarah yang banyak mengalami distorsi karena berbeda dari cerita aslinya.
  • Bersifat migration atau berpindah-pindah.
  • Bersifat siklus, maksudnya menceritakan tokoh pada zaman tertentu.

Jenis-Jenis Legenda

Berikut ini macam-macam jenis legenda, diantaranya yaitu:

Legenda Keagamaan
Legenda keagamaan yaitu jenis legenda yang menceritakan tentang suatu kisah tentang agama tertentu. Contoh legenda keagamaan diantaranya Kisah Wali Sunan Kalijaga.

Legenda Kegaiban
Legenda kegaiban yaitu jenis legenda yang menceritakan tentang suatu kepercayaan pada alam gaib. Contoh legenda kegaiban diantaranya Kisah Nyi Roro Kidul, Sang Penguasa Pantai Selatan.

Legenda Perseorangan
Legenda perseorangan yaitu jenis legenda yang menceritakan sebuah kisah tentang tokoh tertentu. Contoh legenda perseorangan diantaranya Legenda Si Pitung.

Legenda Lokal
Legenda lokal yaitu jenis legenda yang menceritakan tentang sebuah kisah tentang terjadinya suatu tempat misalnya gunung, bukit, danau dan lain-lain. Contoh legenda lokal, diantaranya Legenda Gunung Tangkuban Perahu.

Itulah artikel tentang “Legenda : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Legenda Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Baca Artikel Lainnya:
BACA JUGA :  Pengertian Majas atau Gaya Bahasa , Macam-Macam dan Contohnya Paling Lengkap

Content Protection by DMCA.com