Cerita Rakyat : Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis dan Contoh Cerita Rakyat Lengkap

Posted on

Pengertian Cerita Rakyat – Cerita rakyat adalah cerita yang berasal dari masyarakat dan berkembang di dalam masyarakat. Cerita rakyat berkembang secara turun temurun dan disampaikan secara lisan sehingga cerita rakyat sering disebut dengan sastra lisan. Umumnya, cerita rakyat bersifat anoni atau pengarang tidak dikenal. Struktur cerita rakyat terdiri dari orientasi (pengenalan), komplikasi atau insiden (alur) dan resolusi/interpretasi.

Ciri-Ciri Cerita Rakyat

Adapun ciri-ciri atau karakteristik cerita rakyat diantaranya yaitu:

  • Disampaikan secara turun-temurun.
  • Tidak diketahui siapa yang pertama kali membuatnya.
  • Kaya dengan nilai-nilai luhur.
  • Bersifat tradisional.
  • Memiliki banyak versi dan variasi.
  • Mempunyai bentuk klise dalam susunan atau cara pengungkapannya.
  • Bersifat anoni, yaitu nama pengarang tidak dikenal.
  • Berkembang dari mulut ke mulut.
  • Cerita rakyat disampaikan secara lisan.

Jenis-Jenis Cerita Rakyat

Cerita Binatang (Fabel)

Cerita binatang atau biasa dikenal dengan fabel adalah cerita yang tokoh-tokohnya berupa binatang dengan peran seperti manusia, binatang tersebut bisa berbicara, makan, minum, berkeluarga dan lain sebagainya. Fabel tidak hanya sebagai cerita binatang, tapi juga sebagai metamorfosis kehidupan manusia. Tujuan penggambaran melalui binatang agar kisah atau cerita tersebut tidak sampai menyinggung orang yang mendengar atau membacanya. Contoh fabel diantaranya yaitu burung bangau dan seekor anjing, singa dan beruang dan lain sebagainya.

Cerita Asal-Usul (Legenda)

Ada 3 tiga jenis legenda atau asal-usul diantaranya yaitu:

Cerita Asal-Usul Dunia Tumbuh-Tumbuhan. Contohnya seperti padi bermula dari Dewi Sri; pandan jagung berlubang karena ditombak oleh pohon gandung dan lain sebagainya.

Cerita Asal-Usul Binatang. Contohnya seperti sapi bergelambir karena sewaktu ia mandi bajunya tertukar dengan baju kerbau yang besar; darah ikan mas memiliki warna darah seperti darah manusia karena asal mula ikan mas adalah manusia; dan lain sebagainya.

Cerita Asal-Usul Terjadinya Tempat. Contohnya seperti Anteng dan Joko Seger; Gunung Tangkuban Perahu di Bandung Utara konon berasal dari perahu milik sangkuriang. Karena ia murka perahu itu ditendang hingga tertelungkup dan berubah menjadi sebuah gunung yang kemudian dikenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu; dan lain sebagainya.

Cerita Pelibur Lara

Ini disebut dengan cerita pelibur lara karena cerita ini memiliki fungsi untuk menghibur hati. Dalam cerita ini dikisahkan hal-hal yang indah, penuh fantasi dan impian yang menawan. Misalnya mengenai kehidupan istana, keajaiban senjata keramat dan sakti, putri yang cantik ataupun lain sebagainya yang menggambarkan keindahan dan kebahagiaan.

Cerita Jenaka

Cerita jenaka merupakan arya sastra klasik yang cukup terkenal. Contoh cerita jenaka diantaranya seperti Pak Belalang, Lebai Malang. Lebai Malang menggambarkan orang yang karena keserakahannya justru selalu tidak memperoleh apa-apa.

Itulah artikel tentang “Cerita Rakyat : Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis dan Contoh Cerita Rakyat Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Content Protection by DMCA.com