Pencemaran Lingkungan : Pengertian, Penyebab, Dampak, Jenis dan Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Posted on

Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan – Dengan banyaknya penggunaan teknologi, tentu saja ada manfaat dan dampaknya. salah satu dampak penggunaan teknologi adalah terjadinya pencemaran lingkungan.

Apa yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan? Apa saja dampak pencemaran lingkungan? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian pencemaran lingkungan menurut para ahli, penyebab, dampak, macam dan cara mengatasi pencemaran lingkungan secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Polusi

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pengertian pencemaran lingkungan atau polusi adalah peristiwa masuknya zat, unsur, energi, dan komponen yang bersifat merugikan lingkungan dan makhluk hidup.

Pencemaran lingkungan merupakan masuknya partikel, organisme atau energi lain ke dalam air maupun udara.

Definisi pencemaran lingkungan yaitu suatu perubahan pada lingkungan yang tak diinginkan karena dapat berpengaruh pada aktivitas, kesehatan danjuga keselamatan makhluk hidup. Penyebab perubahan tersebut adalah zat pencemar yang disebut dengan polutan. Suatu zat dapat disebut polutan apabila bahan/zat asing ini melebihi jumlah normal, berada pada tempat yang tidak tak seharusnya dan tak berada di waktu yang tepat.

Lingkungan yang tercemar akan menyebabkan ekosistem tidak seimbang akibat masuknya polutan ke dalam lingkungan tersebut.

Pengertian Pencemaran Lingkungan Menurut Para Ahli

Undang-Undang No 4 tahun 1982

Berdasarkan UU No 4 tahun 1982, pengertian pencemaran lingkungan adalah dimasukkannya zat energi atau komponen yang merusak lingkungan, ataupun berubahnya terhadap segala bentuk tatanan lingkungan, baik hasil dari kegiatan manusia ataupun proses alam sehingga dapat mengancam kualitas lingkungan.

Surat Keputusan Menteri Kependudukan Lingkungan Hidup (1988)

Berdasarkan SK Menteri Kependudukan Lingkungan Hidup No. 02/MENKLH/1988, pengertian pencemaran lingkungan adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam air atau udara dan atau berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air atau udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009

Berdasarkan Pasal 1 butir (14) Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, pengertian pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan.

R.T.M Sutamihardja

Pencemaran lingkungan merupakan penambahan beragam bahan sebagai hasil kegiatan manusia ke lingkungan dan umumya memberikan pengaruh yang berbahaya pada lingkungan tersebut.

Sastra Wijaya

Pencemaran lingkungan terjadi jika terdapat penyimpangan lingkungan yang diakibatkan pencemaran dan berdampak buruk bagi lingkungan.

Otto Soemarwoto

Suatu lingkungan disebut sudah tercemar bila memiliki beberapa unsur, seperti:
(1) jika suatu zat, organisme atau unsur lainnya seperti gas, cahaya, energi sudah tercampur ke dalam sumber daya atau lingkungan tertentu;
(2) dan karenanya menghalangi atau mengganggu fungsi atau peruntukkan daripada sumber daya atau lingkungan tersebut.

Munadjad Danusaputro

Definisi pencemaran lingkungan adalah suatu keadaan dalam mana suatu materi, energi dan atau informasi masuk atau dimasukkan di dalam lingkungan oleh kegiatan manusia dan atau secara alami dalam batas-batas dasar atau kader tertentu, hingga mengakibatkan terjadinya gangguan kerusakan dan atau penurunan mutu lingkungan, sampai lingkungan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dilihat dari segi kesehatan, keserjahteraan dan keselamatan rakyat.

Baca Juga : Pengertian Limbah

Palar (1994)

Pencemaran lingkungan juga diartikan sebagai proses perubahan ekosistem baik secara fisik, kimia juga perilaku biologis yang bisa mengganggu kehidupan manusia karena dinilai dapat merusak sumber daya alam yang ada di bumi, bahkan kondisi ini bisa mengakibatkan bencana alam.

Kimia Lingkungan

Pencemaran lingkungan yaitu suatu bentuk penyebaran bahan kimia berukuran tertentu sehingga bisa merubah suatu kondisi atau keseimbangan ekosistem yang ada di alam, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Penyebab Pencemaran Lingkungan

Faktor yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan, diantaranya yaitu:

Pembuangan sampah disembarang tempat
Pembuangan sampah/limbah rumah tangga secara sembarangan misalnya saja ke sungai dapat mengakibatkan pencemaran air sehingga kehidupan yang ada disungau atau sekitar sungai akan terkena dampaknya.Selain itu, kebutuhan manusia juga akan terganggu karena air sungai sudah berubah menjadi keruh dan kotor. Terlebih, membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan banjir.

Penggunaan racun dan bahan peledak untuk menangkap ikan
Menangkap ikan dengan menggunakan racun atau bahan peledak dapat menyebabkan air tercemar bahan kimia yang bisa menyebabkan ekosistem air rusak, air tidak lagi sehat dan juga hancurnya terumbu karang dan habitat laut.

Illegal logging
Illegal logging atau pembalakan liar atau penebangan pohon secara ilegal yang menyebabkan hutan gundul bisa membuat permukaan tanah menjadi semakin tipis sebab saat hujan turun banyak tanah yang terbawa air. Selain itu, illegal logging bisa menyebabkan bencana alam seperti longsor karena ketika hujan maka airnya dengan mudah mengikis tanah dan tanah yang terkikis akan terbawa air sebab tak ada akar pohon yang menahan tanah itu.

Selain itu, penyebab pencemaran lingkungan lainnya, diantaranya:

  • Asap rokok.
  • Asap pembakaran sampah.
  • Asap kendaraan.
  • Pencemaran suara, yakni masuknya suara/bunyi yang tidak di inginkan ke pemukiman penduduk atau kebisingan yang bisa menggangu aktivitas manusia dan bisa merusak telinga.
  • Pencemaran bahan radioaktif.

Dampak Pencemaran Lingkungan

Adapun dampak yang ditimbulkan akibat pencemaran lingkungan, antara lain:

  • Terganggunya keseimbangan lingkungan atau ekosistem.
  • Punannya banyak spesies hewan dan tumbuhan.
  • Kurangnya kesuburan tanah.
  • Banyaknya predator yang ikut terdampak penggunaan bahan kimia menyebabkan hama tumbuh berlebihan dan tak terkendali.
  • Munculnya lubang pada lapisan ozon.
  • Timbul pemekatan hayati.
  • Menyebabkan keracunan dan penyakit.

Macam Macam Pencemaran Lingkungan

Berikut ini beberapa jenis pencemaran lingkungan, diantaranya yaitu:

Pencemaran Air

Pengertian pencemaran air atau polusi air adalah perubahan zat atau kandungan di dalam air baik air sungai, danau maupun lautan luas juga air tanah. Penyebab pencemaran air lebih banyak diakibatkan oleh ulah manusia. Salah satu contoh pencemaran air adalah pembuangan limbah pabrik atau rumah tangga ke sungai/parit.

Baca Juga : Pengertian Sanitasi

Ciri-ciri air yang bersih diantaranya tidak berbau, tidak berwama, dan jernih. Perubahan kualitas air terjadi karena ada penambahan bahan organik maupun bahan anorganik yang merugikan lingkungan.

Umumnya, penyebab penambahan bahan organik tau anorganik adalah limbah rumah tangga dan limbah pabrik. Untuk mengurangi dampak yang disebabkan limbah pabrik maka disarankan pembangunan pabrik dilakukan di daerah hilir sebab bila pembangunan pabrik dilakukan di daerah hulu, maka limbah akan mengalir kemana-mana dan daerah yang mengalami kerusakan akan semakin banyak dan sebelum dibuang, sebaiknya limbah pabrik diolah dulu sehingga akan mengurangi dan menghilangkan dampak pencemaran.

Bahan pencemar yang termasuk polutan yang bisa ditemukan dalam air yang tercemar diantaranya logam berat (B3 atau bahan beracun berbahaya), seperti arsenat, kadmium, tetraklorida, krom, timah, karbon, raksa (merkuri) dan benzena. Logam berat yang masuk dalam tubuh organisme akan merusak jaringan tubuh.

Pencemaran Udara

Pengertian pencemaran udara atau polusi udara adalah penambahan komponen udara, bahan kimia, atau terbentuknya bahan kimia baru di udara yang membahayakan makhluk hidup.

Polutan udara bisa berupa oksida karbon (CO, CO2), oksida nitrogen (NO, N02, N20), oksida sulfur (S02, S03), persenyawaan karbon (CH4, C4H10), bahan organik, tanah, asbes. timbal, karbon, partikel cair (asam sulfat, asam nitrat, minyak, pestisida), asap hasil pembakaran bahan bakar fosil (minyak dan batu bara). Yang dimana diantara polutan tersebut bisa menyebabkan hujan asam, efek rumah kaca, berbahaya bagi kesehatan manusia serta menyebabkan kerugian sebab merusak lingkungan.

Pencemaran Tanah

Pengertian pencemaran tanah atau polusi tanah adalah suatu keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Umumnya penyebab pencemaran tanah yaitu karena adanya kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri, penggunaan pestisida, masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub permukaan, kecelakaan kendaraan pengangkut minyak dan zat kimia, air limbah dari tempat penimbunan sampah juga limbah industri yang langsung di buang ke tanah secara tidak memenuhi syarat.

Pencemaran yang masuk ke dalam tanah akan mengendap sebagai zat kimia beracun di tanah yang berdampak langsung pada manusia saat bersentuhan juga mencemari air tanah dan udara yang berada diatasnya.

Intensifikasi pertanian merupakan penambahan materi dan energi dalam ekosistem pertanian untuk mengubah daur materi dan energi agar terjadi peningkatan hasil pertanian tapi hal itu juga bisa memberikan pengaruh pada kondisi tanah itu sendiri. Salah satu penyebab pencemaran tanah adalah bahan pembasmi serangga pertanian atau insektisida.

Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran lingkungan diantaranya:

  • Menyediakan tempat pembuangan sampah organik dan sampah anorganik di berbagai tempat.
  • Membuang sampah/limbah pada tempatnya. Pisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sampah organik ditimbun dalam tanah agar menjadi pupuk kompos. Sedangkan sampah anorganik seperti plastik dan kaleng bekas di daur ulang.
  • Melarang penggunaan bahan peledak atau racun untuk menangkap ikan tapi menyarankan penggunaan pancingan atau jaring untung menangkap ikan sehingga ekosistem air dapat terjaga.
  • Tak melakukan penebangan pohon secara liar dan berupaya melakukan penghijaun (reboisasi).
  • Melarang pembakaran di ruang terbuka.
  • Jauhkan diri pada perokok dan memberitahu mereka bahwa merokok dapat menyebabkan kanker dan paru-paru.

Baca Juga : Pengertian Energi Alternatif

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian pencemaran lingkungan menurut para ahli, penyebab, dampak, macam dan cara mengatasi pencemaran lingkungan secara lengkap. Semoga bermanfaat

Content Protection by DMCA.com